Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
1.443 views

Setelah Enam Tahun, Abu Musab As Suri dibebaskan dari Penjara

Rezim Suriah dibawah Presiden Bashar Assad dilaporkan membebaskan tokoh ideolog Al Qaidah yang dituding terlibat dalam pemboman 7 Juli, lapor The Telegraph.

Abu Musab as-Suri, yang telah ditahan selama enam tahun setelah ditangkap CIA pada tahun 2005 dan dikembalikan ke negaranya dibawah program rendisi.

As Suri yang menulis banyak artikel dan dianggap sebagai salah satu ideolog penting Al Qaidah sekarang sudah dibebaskan. As Suri dikenal juga sebagai Mustafa Setmariam Nasar. Ia dikenal sebagai tokoh Al Qaidah di Eropa dan telah dituduh terlibat pemboman London yang menewaskan 52 orang dan melukai lebih dari 700 orang pada tahun 2005.

Ia adalah seorang ulama namun telah menamatkan pendidikan insinyur mekanik. Selain pemboman London, ia juga dituding terlibat dalam serangan bom kereta bawah tanah di Spanyol pada tahun 2004 yang menewaskan 191 orang. Selain kedua serangan tadi, As Suri juga dikaitkan dengan serangan kereta Metro Paris pada tahun 1995.

As Suri menikah dengan seorang wanita Spanyol, dan pernah tinggal di London pada tahun 1990-an sebelum berpindah ke Afghanistan. Disana ia menjalankan dua kamp pelatihan Mujahidin.

Pada November 2005, ia ditangkap CIA di Pakistan. Kepalanya saat itu dihargai 3 juta pounds. Beberapa informasi menyebutkan, intelijen Amerika telah menyadap telefon saat ia berkomunikasi dengan istrinya.

Setelah ditahan selama empat tahun di penjara rahasia CIA di Aleppo, di perbatasan Turki. Abu Musab As Suri kemudian diserahkan kembali ke negara asalnya yaitu Suriah.

Pembebasan As Suri ini disebutkan akibat tekanan besar internasional terhadap rezim Presiden Bashar Al Assad setelah militer Suriah melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap demonstran damai anti-pemerintah yang sudah dimulai sejak Maret tahun lalu. Akibat tindakap represiv militer ini, ribuan warga sipil Suriah tewas dan lebih banyak lainnya yang terluka.

Sementara itu, istri As Suri, Helena yang saat ini tinggal di Qatar bersama empat anaknya mengatakan: "Saya belum mendengar pernyataan resmi ataupun tidak resmi mengenai pembebasan ini, sejak suami saya menghilang pada tahun 2004."

"Saya berharap suatu hari kami akan bersama lagi," harapnya. [muslimdaily.net]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Infaq Dakwah Center

Setelah Dua Tahun Bertarung Melawan Kanker Ganas, Ummu Fatimah Tutup Usia

Setelah Dua Tahun Bertarung Melawan Kanker Ganas, Ummu Fatimah Tutup Usia

Setelah dua tahun lebih berjuang melawan penyakit kanker ganas, Ummu Fatimah meninggal dengan baik. Ia menghadap Rabbnya usai sedekah, memohon maaf dan ditalqin dua kalimat syahadat....

Kondisi Makin Kritis, Mutia Az-Zahra Istri Mujahid Dilarikan ke RS Muhammadiyah Gombong. Ayo Bantu!!

Kondisi Makin Kritis, Mutia Az-Zahra Istri Mujahid Dilarikan ke RS Muhammadiyah Gombong. Ayo Bantu!!

Sudah tiga hari dirawat di rumah sakit swasta di Banyumas, tapi kondisi Mutia Az-Zahra makin memburuk. IDC memindahkan ke rumah sakit yang lebih bagus di Gombong....

Mutia Az-Zahra, Istri Mujahid Kritis di Rumah Sakit Banyumas. Ayo Bantu!!

Mutia Az-Zahra, Istri Mujahid Kritis di Rumah Sakit Banyumas. Ayo Bantu!!

Karena terlambat penanganan, kondisi istri mujahid ini sangat memprihatinkan: sudah sepekan tidak bisa buang air besar, sesak nafas, HB turun drastis....

Donasi Tahap Pertama Diserahkan, Kondisi Ummu Fatimah Makin Memprihatinkan. Ayo Bantu!!

Donasi Tahap Pertama Diserahkan, Kondisi Ummu Fatimah Makin Memprihatinkan. Ayo Bantu!!

Bantuan tahap pertama pengobatan kanker mulut Ummu Fatimah diserahkan oleh Tim Ruqyah IDC yang ditugaskan menerapi ruqyah sepekan dua kali. Perhatikan foto kondisi terbarunya!!...

Bantuan Modal Usaha Muallaf Siska Masyitoh Rp 30 Juta Diserahkan, Semoga Berkah dan Mandiri

Bantuan Modal Usaha Muallaf Siska Masyitoh Rp 30 Juta Diserahkan, Semoga Berkah dan Mandiri

Bantuan modal usaha warung makan untuk muallaf Siska Masyitoh telah diserahkan. Mudah-mudahan bisa hidup mandiri dan menatap masa depan dengan mulia tanpa jadi peminta-minta...

Latest News


Must Read!
X