Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.700 views

Muslim Nigeria Marah Karena Masjid Dihancurkan

Kekecewaan dan kemarahan umat Islam terjadi di kota terbesar Nigeria, Lagos, selama pembongkaran enam masjid sebagai bagian dari upaya untuk menghalangi gerakan Boko Haram, disebut umat Islam sebagai penghinaan pada agama mereka.

"Bahkan di Utara dimana kelompok ini mendatangkan malapetaka, gubernur tidak menghancurkan gereja," kata Salman Ibnu Semiu, seorang Muslim 25 tahun di Lagos, pada OnIslam.net, 28 Maret.

"Dengan menandatangani sebuah perintah eksekutif melarang semua kegiatan keagamaan di sekitar Alausa, saya pikir gubernur bertindak berlebihan dan tindakannya membuka bab buruk dalam sejarah kami."

Pihak berwenang telah menghancurkan enam masjid di sekitar wilayah Alausa di Lagos. Pemerintah setempat mengatakan penghancuran dilakukan karena adanya laporan tentang serangan yang direncanakan di negara wilayah itu.

Hakeem Kosoko, seorang pembantu Gubernur Babatunde Raji Fashola dalam bidang Agama, mengatakan kepada OnIslam.net bahwa penghancuran dikarenakan laporan keamanan tentang kemungkinan serangan sekitar Lagos. Dia membantah bahwa umat Islam sedang ditargetkan untuk diskriminasi dan penghinaan.

Tapi argumen pemerintah ditolak oleh para pemimpin Muslim, yang menggambarkan pembongkaran itu sebagai "penghinaan" pada iman mereka dan komunitas mereka.

"Pembongkaran masjid atas nama ancaman Boko Haram oleh pemerintah Negara Bagian Lagos sama saja dengan mengatakan dan mengakui bahwa kelompok itu adalah bagian dari Komunitas Muslim dan mengobarkan perang atas nama Islam bahkan setelah semua bukti nyata dan tak terbantahkan telah menunjukkan bahwa non-Muslim adalah anggota kelompok membuat malapetaka di negeri ini," kata Konferensi Organisasi Islam (Conference of Islamic Organizations/CIO), gabungan dari kelompok-kelompok Muslim di Lagos, dalam komunike yang dikeluarkan setelah pertemuan darurat pekan lalu.

"Masalah keamanan negara yang menginformasikan pembongkaran di antara langkah-langkah lain yang diambil pemerintah adalah serius seperti masalah agama.

"Akibatnya, itu dianggap bahwa gubernur tidak menggunakan semua peluang dan cara dengan melakukan konsultasi dengan para pemimpin, khususnya masyarakat Muslim di negara sebelum melakukan pembongkaran masjid," kata komunike tersebut.

"Karena itu, tindakan itu dipandang sebagai penghinaan serius dan kurangnya menghormati pimpinan berbagai organisasi Islam dan masyarakat Muslim di seluruh Negara Bagian Lagos."

Nigeria, salah satu negara Afrika yang padat penduduknya, terbagi antara Muslim di utara dan Kristen di selatan.

Muslim dan Kristen, yang merupakan 55 dan 40 persen dari 140 juta penduduk Nigeria masing-masing, telah hidup dalam damai untuk sebagian wilayah.

Tapi ketegangan etnis dan agama telah menggelembung selama bertahun-tahun, didorong dekade kebencian antara kelompok-kelompok pribumi, kebanyakan Kristen atau animis, yang bersaing untuk menguasai lahan pertanian yang subur dengan migran dan pendatang dari Hausa di utara yang merupakan kelompok Islam.

[muslimdaily.net/OI]

*Keterangan gambar: pemimpin muslim di Lagos sedang memberikan keterangan

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X