Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
25.500 views

Muslimah Story: Ganjen dan Centil, khas cewek?

Sahabat Muslimah,

Ngomongin dunia cewek emang gak ada habisnya. Nggak cowok aja yang suka ngomongin tentang kaum hawa, pihak cewek sendiri pun demen banget ngobrolin hal-hal tentang cewek. Karena katanya sih, keindahan cewek emang merupakan pesona tersendiri yang tak tertandingi apa pun juga di bumi ini, deuuu...sampe segitunya. Karena keindahan ini pula, seakan istilah ganjen dan centil sudah satu paket istilah dengannya. Ah...apa iya sih?

Istilah ganjen dan centil seakan-akan sudah menjadi hak mutlak milik kaum hawa. Coba, mana ada cowok yang ganjen dan centil kecuali para wadam or waria yang emang suka bertingkah kecewek-cewekkan? Padahal istilah ganjen dan centil ini bermakna negatif loh, nggak ada bagusnya sama sekali. Trus, kalo emang maknanya aja udah negatif, kenapa yah cewek-cewek sekarang banyak yang bertingkah ganjen bin centil?

Penyebab ganjen dan centil

Ada beberapa faktor penyebab munculnya fenomena cewek ganjen dan centil. Salah satunya adalah karena tuntutan jaman. Walah...rumus siapa pula ini? Masa iya sih menjadi cewek yang ganjen dan centil karena tuntutan jaman? Coba aja kamu lihat teman-teman cewek di sekitar kamu. Kelakuan mereka, gaya ngomong mereka, cara tertawa hingga ke gaya berjalan, semua kentara banget kalo ganjen dan centil.

Sikap seperti ini lebih karena terpengaruh oleh orang lain ato ada pihak yang sengaja ditiru. Nggak ada ceritanya ganjen dan centil itu bakat, keturunan atau faktor nasab. Karena pada dasarnya semua manusia punya potensi yang sama untuk berbuat baik, bukan menjadi ganjen dan centil. Bila pun ternyata ada yang salah kaprah jadi kecentilan dan keganjenan, maka perlu ditelusuri neh darimana sikap seperti ini berasal.

Dulu, ada salah satu teman saya dari daerah yang terkenal pendiam dan pintar. Ketika hijrah ke Surabaya, eh...ternyata ada yang berubah pada dirinya. Setiap berpapasan dengan cowok, selalu saja tuh cowok kecantol kayak sangkutan jemuran. Gimana enggak, kalo teman saya ini selalu melirik dan memberi senyum menggoda ke cowok-cowok itu. Walhasil, mereka pada antri di depan kost untuk ngapel akibat terpikat kecentilan si teman ini.

Lalu ada juga cewek yang kecentilan karena peran keluarga. Maksudnya, sejak kecil ketika si cewek berlaku centil tak ada peran keluarga untuk menegur, menasehati dan mengingatkan. Dibiarkan aja seperti itu adanya dengan anggapan ‘lumrah, kan cewek.’ Padahal meskipun cewek nggak harus kok tampil centil di depan umum apalagi di depan non mahrom. Nggak boleh itu, non.

Bisa juga, sikap ganjen dan centil ikut-ikutan teman yang bersikap demikian. Karena latah dan memang pengaruh buruk cepat menular, terpengaruh deh untuk bertingkah kecentilan. Apalagi kalo semacam ada peraturan tak tertulis bahwa menjadi ganjen dan centil adalah syarat mutlak masuk geng cewek tersebut. Watau...geng nggak bener nih.

See, ternyata pengaruh lingkungan sangat berperan dalam membentuk seseorang untuk menjadi ganjen dan centil. Belum lagi dorongan dari media massa semacam televisi yang menyajikan sinetron penuh berisi remaja-remaja centil dan ganjen. Jadilah, sikap negatif ini menjadi trend di kalangan remaja dengan istilah tuntutan jaman. Seakan-akan ada peraturan tak tertulis kalo pergaulan kurang afdhol bila belum bertingkah ganjen dan centil. Gawat juga urusannya kalo begini.

 

Ada nggak akhwat ganjen dan centil?

Kalo menurutmu, ada nggak akhwat ganjen dan centil? Mungkin kamu heran dan bertanya-tanya, akhwat kan biasanya seorang cewek yang kalem, berjilbab dan berkerudung, trus sangat menjaga sikap dan pergaulan. Masa iya sih, ada yang ganjen dan centil? Bisa ada, bisa tidak sebagai jawabannya. Tergantung pengalaman kamu pernah nggak menjumpai akhwat tipe ini.

Mungkin secara sikap dan kasat mata hampir sulit kita mendapati ada akhwat yang ganjen dan centil. Tapi jangan salah, sikap dan karakter negatif ini bisa muncul seiring dengan perkembangan teknologi, bisa via email, telpon atau sms. Apalagi akhir-akhir ini banyak banget provider seluler yang menyediakan sms gratis atau murah ke sesama provider. Jadilah yang awalnya menyimpan benih-benih ganjen ketika di masa jahiliyah, bisa tumbuh subur di moment ini. Apalagi dengan pemahaman Islam yang pas-pasan dan tak ada keinginan untuk belajar lebih jauh lagi tentang hukum syara’, sifat negatif ini bisa muncul kapan saja. Sms demi sms tak berguna berhamburan ke banyak ikhwan/cowok di list address book Hpnya.

Mulai dia bangun tidur, menyapu halaman, mencuci baju, pohon jambu berbuah, pergi ke pasar, sampe main hujan-hujanan diberitakan via sms ke banyak orang. Iya kalo sesama akhwat mungkin tak begitu masalah. Lha ini ke beberapa ikhwan juga. Serasa selebritis bin artis, gitu. Lalu saling kirim sms lucu yang nggak lucu, atau bahkan sms jorok. Trus, maksudnya apa tuh kalo bukan emang ganjen dan centil?

Bukan itu saja. Telpon-telponan yang nggak perlu juga rajin ia lakukan. Hahahihi sekedar untuk bisa ngobrol ngalor ngidul dengan ikhwan juga dilakonin. Apalagi kalo ia punya tipe suara yang mendayu merayu bikin cowok atau ikhwan tambah gemes. Duh..duh...cepet insyaf, non. Belum lagi interaksi via chatting juga membuka peluang para akhwat yang punya potensi ganjen dan centil untuk menyalurkan hobinya. Kirim email yang nggak jelas juntrungannya plus kirim-kirim foto digital. Dan banyak aktivitas yang lainnya yang sangat tidak berguna bahkan nyerempet-nyerempet ‘bahaya’ tuh.

Gimana sikapmu kalo kamu pernah menemui tipe akhwat seperti ini? Tunggu sambungannya di part 2 esok hari ya ^_^ [riafariana/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X