Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.332 views

Gedung Baru DPR Rp.1,6 Triliun, Mau Kerja Atau Rekreasi?

Jakarta (voa-islam.com) -Astagfirullah, berulangkali kinerja DPR di sorot tapi fasilitas mewah terus digelontorkan saja. Sebut saja rencana pembangunan gedung baru DPR senilai Rp 1,6 triliun yang nantinya dilengkapi fasilitas rekreatif termasuk spa dan kolam renang. Tak urung  protespun berdatangan, kali ini Sebastian Salang dari Formappi yang geleng-geleng kepala.

"Mereka (anggota DPR) ini sebenarnya mau pergi berenang atau kerja?" tanya Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi), Selasa (31/8/2010).

..."Mereka (anggota DPR) ini sebenarnya mau pergi berenang atau kerja?" tanya Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi)...

Sebastian berpendapat, jika rencana tersebut berjalan, maka akan mempermalukan Dewan sendiri. "Makin hari mereka semakin menelanjangi dirinya bahwa inilah mental Dewan kita. Jarak mereka akan semakin jauh dengan masyarakat. Apa yang mereka lakukan akan permalukan diri mereka sendiri," katanya.

Di mata Sebastian, fasilitas itu cukup mewah. Dia membandingkan dengan gedung parlemen di luar negeri yang bisa dibilang sangat sederhana. "Mereka tega membuat gedung yang mewah seperti itu sementara banyak orang gantung diri karena ekonomi," sesalnya.

Sebastian berpandangan, bila pembangunan gedung didasarkan pada prestasi anggota Dewan selama bekerja, hal tersebut menunjukkan niat buruk anggota Dewan. "Kalau menjadi pemimpin dan meminta pamrih itu menunjukan niat busuk dan punya motivasi pribadi," urainya.

Ia mencontohkan pahlawan perebut kemerdekaan yang tidak meminta pamrih dalam perjuangannya. Berbanding terbalik dengan anggota Dewan yang segala kegiatan dibiayai negara.

"Bayangkan dengan pejuang yang cuma modal bambu runcing dan itu pun dibuat sendiri, tidak pakai uang negara, apa pernah pahlawan merebut kemerdekaan minta pamrih," kata Sebastian.

Ia meminta DPR mengkaji ulang rencana pembangunan gedung 'wah' tersebut. "DPR harus berempati dengan masyarakat," sarannya.

Tak mau kalah, protes juga muncul dari peneliti bidang hukum dan politik ICW, Abdullah Dahlan yang menilai fasilitas itu justru terlalu menghambur-hamburkan uang. Padahal masih banyak rakyat yang memikirkan untuk makan sehari-hari saja sulit.

"Itu tidak pantas. Mau buat hotel mewah atau ruang kerja? Terlalu mewah itu orientasinya, bukan untuk kerja malah lebih rileks," kata peneliti bidang hukum dan politik ICW, Abdullah Dahlan, Selasa (31/8/2010).

Abdullah menjelaskan, gedung DPR tentunya dibangun guna memudahkan seorang anggota DPR menjalankan fungsi seorang wakil rakyat. "Jadi kurang tepat kalau ada kolam renang, karena di sana mereka bukan untuk mendapatkan hiburan dan kemewahan," imbuhnya.

Namun yang patut dicermati, imbuh Abdullah, yakni akses kepatutan anggaran atau standar biaya. Temuan ICW biaya pembangunan gedung di atas rata-rata. "Kita mensinyalir alokasi anggaran permeter persegi Rp 10 juta. Sementara berdasarkan informasi pengembang, permeter Rp 4 juta saja sudah dalam rate hotel mewah," imbuhnya.

Atas alasan itu, satuan anggaran pembangunan gedung ini harus dibuka ke publik. "Mesti ada audit BPK dan diawasi KPK," terangnya.

Bagaimana dengan gedung yang akan tertutup untuk umum? "Itu menyalahi semangat sebagai lembaga politik. DPR itu harus membangun citra yang positif, bukan menjauhkan diri dari publik karena tugasnya sebagai penyaring," tutupnya.

Anggota Dewan Girang Bisa Istirahat

Sementara itu, Anggota DPR menyambut gembira rancangan gedung baru gerbang aspirasi yang akan menyediakan ruang khusus rekreasi. Tempat rekreasi ini diharapkan dapat membuat anggota DPR rileks dan makin semangat bekerja.

..."Saya malah baru denger, tapi Kalau itu benar dibangun, bagus. Relaksasi itu penting biar anggota DPR semakin sehat dan semangat bekerja," ujar anggota BURT DPR M Toha...

"Saya malah baru denger, tapi Kalau itu benar dibangun, bagus. Relaksasi itu penting biar anggota DPR semakin sehat dan semangat bekerja," ujar anggota BURT DPR M Toha, Selasa (31/8/2010).

Namun Toha berharap ruang rekreasi yang akan dibangun di puncak gedung baru DPR tersebut tidak untuk fasilitas macam-macam. Toha berharap akan dibangun fasilitas yang menunjang kesehatan anggota DPR. "Kalau itu fitness atau potong rambut, ruang santai juga boleh. Tapi kalau panti pijet ya saya tidak sependapat," harap Toha.

Sebelumnya dalam sosialisasi pembangunan gedung baru DPR, Tim Leader pembangunan fisik gedung baru, Budi Asdar Sukada, menyampaikan bahwa gedung baru DPR akan dilengkapi dengan ruang rekreasi. "Gedung baru dibangun sebanyak 36 lantai, dilengkapi ruang rekreasi di lantai paling atas," ujar Budi.

Budi menyampaikan, sarana ruang rekreasi diharapkan dapat menjadi hiburan santai anggota DPR di tengah melaksanakan tugas legislasi. "Agar anggota DPR bisa rileks," jelasnya.

Wakil Ketua DPR Tolak Pembangunan Spa

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menolak keras pembangunan fasilitas Spa di Gedung Baru DPR. Ide tersebut dinilai sangat menodai amanat rakyat. "Kalau benar ada spa segala, itu sudah kelewatan," ujar Priyo kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/8/2010).

..."Tidak boleh gedung baru diberi fasilitas spa, yang satu ini harus dibatalkan," tegas Priyo...

Priyo mengaku belum mendapat laporan lengkap terkait pembangunan gedung baru DPR. Priyo berharap penanggungjawab pembangunan gedung membuang rencana fasilitas spa di lantai paling atas gedung baru. "Tidak boleh gedung baru diberi fasilitas spa, yang satu ini harus dibatalkan," tegas Priyo.

Sebelumnya diberitakan, dalam gambaran umum sosialisasi pembangunan gedung baru DPR terdapat fasilitas ruang rekreasi di lantai paling atas. Di ruang rekreasi disediakan kolam renang hingga fasilitas spa untuk anggota DPR.

Dalam waktu dekat, DPR siap menenderkan proyek pengerjaan gedung baru tersebut. Oktober 2010, pengerjaan akan mulai dilaksanakan. Gedung tersebut diperkirakan mencapai 157.000 meter persegi.

Masing-masing anggota dewan memiliki ruang kerja seluas 120 meter persegi. Ruang kerja tersebut terdiri dari ruang kerja anggota, ruang staf ahli dan asisten pribadi, ruang rapat kecil, kamar istirahat yang berisi spring bed, kamar mandi, WC, dan ruang tamu.

Di salah satu lantai ada pula kolam renang dan spa dan fasilitas rekreatif lainnya. Awas kalo Skandal Dewan Mesum merebak lagi y!!(Ibnudzar/dbs)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X