Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.580 views

Gereja dan Pemukiman Liar Warga Kristen Serobot Areal TPU Muslim Ambon

AMBON (voa-islam.com) - Sungguh tragis nasib kaum muslimin di Air salobar Ambon, ketika konflik rumah mereka dibakar oleh salibis, anggota keluarganya dibunuh dan harta bendanyapun dijarah oleh kaum salibis. Dan ketika kondisi Ambon mulai kondusif, areal pemakaman (Taman Pemakaman Umum) milik mereka diserobot oleh kaum salibis dijadikan permukiman, bahkan didepan pintu masuk pemakaman tengah dibangun sebuah gereja.

Menurut Mohammad Borut tokoh masyarakat Air salobar yang juga dosen di Universitas Pattimura Ambon, areal pemakaman seluas 5 hektar tersebut sudah ada sejak zaman Belanda tahun 1932. Selama kurun waktu sampai tahun 2000 tidak pernah ada masalah dengan areal pemakaman muslim tersebut. Tidak pernah ada pihak yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut sebab semua orang sudah tahu bahwa area tersebut memang Tempat Pemakaman Umum kaum Muslimin.

Masalah timbul ketika kondisi Ambon sudah mulai reda dari konflik pada tahun 2002 pada saat pengungsi Nasrani dari Ambon mulai berdatangan menempati area pemakaman tersebut.

Perlu diketahui bahwa Air Salobar ini terletak di Kelurahan Nusaniwe Kecamatan Nusaniwe yang dikelilingi oleh kampung-kampung Kristen. Permukiman muslim yang terdekat dari Air Salobar berjarak sekitar 5 KM.

Menurut Bulis Rettob Ketua Tim Penyelesaian TPUI (Tempat Pemakaman Umum Islam) Air Salobar kepada voa-islam.com mengatakan, kedatangan para pengungsi di wilayahnya tersebut tidak pernah ada permintaan izin kepada masyarakat muslim di Air Salobar. Para pengunsi ini kemudian membangun rumah di areal pemakaman dari bangunan semi permanen sampai bangunan permanen.

 

Bahkan di depan pintu masuk area pemakaman mereka sempat membangun gereja sampai akhirnya dihentikan pembangunannya oleh Pemerintah Kota Ambon.

Sekretaris Tim Penyelesaian TPU Islam Air Salobar Mohammad Borut mengungkapkan, sebelumnya ada dari  penghuni pemukiman liar yang seluruhnya Nasrani tersebut membuat kandang babi di areal pemakaman.

Hal tersebut membuat warga muslim Air Salobar marah dan meminta agar kandang tersebut dibongkar. Akibat kejadian ini hampir saja terjadi bentrokkan fisik antara warga muslim air salobar dengan pemukim liar yang Nasrani.

Di  areal pemakaman kini sudah berdiri sekitar 62 bangunan rumah permanen dan semi permanen dan sisanya dijadikan kebun oleh para penghuni liar tersebut.

Berbagai upaya sudah ditempuh oleh warga Muslim Air Salobar untuk menuntut haknya. Sudah lebih dari sepuluh tahun mereka meminta agar pemerintah Kota Ambon menyelesaikan masalah ini. Namun sudah tiga kali pergantian Wali Kota Ambon permasalah Tempat Pemakaman Muslim Air Salobar tidak kunjung selesai dan pemukiman liar milik warga Nasrani pun terus berkembang.

Janji dari Pemerintah Kota Ambon dan instansi terkait yang katanya akan menyelesaikan masalah tersebut hanya menjadi janji kosong tanpa bukti. Areal Pemakaman seluas Lima Hektar kini hanya tersisa tiga hektar. [AF]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!