Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.489 views

Nasehat Terakhir Samir Khan Tentang Pertarungan Media

Sekelumit Penjelasan atas Tulisan Terakhir Samir Khan tentang Pertarungan Media[1]

Oleh: Ustadz Fuad Al Hazimi

VOA-ISLAM.COM - Samir Khan, dalam inspire magazine Volume VII Spring 2011, kalau tidak salah ini adalah tulisan terakhir beliau sebelum syahid. Dan jika bukan karena berbahaya Samir Khan bagi Amerika tidak mungkin beliau dibunuh.

Mari kita lihat bagaimana nasehat yang diucapkan dan ditulis dengan darah penulisnya yang berjudul The Media Conflict (pertarungan media).

I remember his advice being spot-on as I stood there nearly two years ago in front of AQAP’s Amir, Shaykh Abu Bashir Al Wuhaisyi, may Allah preserve him. “Remember,” he said as other mujahidin were busy working on their computers in the background. “The media work is half of the jihad.

He was repeating the words of Shaykh Usama; words that reminded me of an unspoken of world that has shaped the lives of millions of people across the globe thanks to a few people on their computers and the men who fulfill their promises to Allah.  

“Aku teringat akan sebuah nasehat yang sangat berkesan hampir dua tahun yang lalu di saat aku berdiri di depan Amir AQAP, Syekh Abu Bashir Al Wuhaisyi, semoga Allah melindunginya. "Ingat," ujarnya sementara di latar belakang  nampak para mujahidin lainnya sedang sibuk bekerja di depan komputer mereka. "Pekerjaan Media Adalah Setengah Dari Jihad.“

Beliau mengulangi kata-kata Syaikh Usamah bin Laden, kata-kata yang mengingatkan saya akan sebuah dunia yang tak terkatakan yang telah membentuk kehidupan jutaan orang di seluruh dunia berkat beberapa orang di depan komputer mereka dan orang-orang yang memenuhi janji mereka kepada Allah.”

Kita belum pernah bertemu dengan orang-orang itu, tetapi siapa menyampaikannya? Hanya beberapa orang di depan komputer kemudian merubah pola pikir, pola gerak, pola hidup jutaan orang.

مَنْ دَلَّ عَلَى الخَيْرِ فَلَهُ مِثْلُ اَجْرُ فَاعِلِهِ

Barang siapa menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya. (H.R. Tirmizi).

Back in America, I knew the media jihad was important to the mujahidin; but I just wasn’t able to put my finger on how im¬portant it was to them. Just then a brother intervened and confirmed, “A powerful media production is as hard hitting as an operation in America.

“Kembali tentang Amerika, saya tahu bahwa media jihad sangat penting bagi mujahidin, hanya saja saya belum bisa memastikan seberapa penting ini bagi mereka. Sampai saat seorang ikhwan menjelaskan kepada saya dengan penuh keyakinan : “Sebuah produksi media yang penuh kekuatan, itu sama seperti sebuah operasi serangan kepada Amerika”

And although the mujahidin are considered to be the underdogs in the war, it goes without saying that we have thrown something at America and her allies which they will forever be stuck with; Tony Blair rightfully de¬scribed that in his interview with the BBC when discussing the war against the mujahidin. “We have learned how to fight it but we haven’t destroyed its ideology,” he said.

“Meski para mujahidin pun menyadari bahwa mereka dalam posisi underdog pada peperangan ini, namun semua terus berjalan tanpa perlu diucapkan lagi bahwa sebenarnya kita telah melemparkan sesuatu kepada Amerika dan sekutunya yang akan terus menempel pada mereka. Tony Blair dengan tepat mendeskripsikan hal ini dalam wawancara dengan BBC saat mendiskusikan tentang perang melawan mujahidin : “Kita telah mempelajari bagaimana memeranginya tetapi kita belum dapat menghancurkan ideologinya” katanya.”

Itulah ciri dienul Islam sebagaimana yang dikatakan para ulama. Islam tidak bergantung pada Nabi Muhammad, Islam tidak bergantung pada Abu Bakar, Umar, bahkan Islam tidak bergantung pada seluruh mahluk ini. Karena Allah akan tetap memenangkan Islam, baik kita berkontribusi atau kita tidak peduli sekalipun. Kalau kita tidak membela dien kita, maka akan diganti oleh generasi baru yang mau membela dien kita.

The cred¬ible ideas that we bring is what in¬timidates them the most. People may be susceptible to an end, but ideas are bulletproof and have an outstanding lifespan.

The events of September left America in a bottomless predica¬ment, forcing it to shoot at some-thing that doesn’t die.

“Ide-ide terpercaya yang kita bawa itulah yang paling  mengintimidasi mereka. Orang tentu akan mengalami suatu akhir (kematian), tapi ide dan pemikiran itu tahan peluru dan mampu bertahan hidup dalam waktu yang amat lama. Peristiwa 11 September meninggalkan Amerika dalam keadaan tanpa dasar, memaksanya untuk menembak sesuatu yang tidak akan mati.”

Allah yang telah memerintahkan kita untuk membela Islam, Allah pula yang menjamin bahwa Islam akan tetap hidup, sementara musuh Allah ingin menjadikan Islam itu mati.

There were namely three things that the brothers focused on in their media efforts: quality and content of productions, Internet security and a media dissemination strategy.

While America was focused on battling our mujahidin in the mountains of Afghanistan and the streets of Iraq, the jihadi media and its supporters were in fifth gear. Thousands of productions were produced and dispersed to both the net and real world. Something that was produced thousands of feet above in the mountains of Afghanistan was found distributed in the streets of London and California. Ideas that disseminated from the lips of the mujahidin’s leaders were carried out in Madrid and Times Square.

“Ada tiga hal yang menjadi fokus para mujahidi pada media mereka yaitu : Kualitas dan isi produksi, keamanan Internet dan strategi penyebaran media

Di saat  Amerika fokus memerangi mujahidin kita di pegunungan Afghanistan dan jalan-jalan di Irak, media jihad dan pendukungnya berada pada  gigi lima (kecepatan tinggi). Ribuan produk media Jihad diproduksi dan tersebar baik melalui internet maupun dunia nyata. Sesuatu yang dihasilkan ribuan meter di atas pegunungan Afghanistan akan didapati telah didistribusikan di jalan-jalan London dan California. Ide-ide yang disebarluaskan dari bibir pemimpin mujahidin, ternyata telah tersebar di Madrid dan Times Square.”

Maka, muncullah apa yang disebut the lone wolf[2]. Bahkan dalam majalah Inspire ke 11 dikatakan, selama produk bangunan dan bahan-bahan dapur masih legal, selama itu tidak akan bisa dibendung the lone wolf.

Jadi apa yang diinginkan dari sebuah berita? Bukan dampak fisik, tetapi dampak psikologis. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

وَنُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ عَلَى عَدُوِّي

Aku ditolong dengan ditimpakannya rasa takut dalam hati musuh-musuhku selama perjalanan satu bulan. (H.R. Bukhari).

Former CIA agent Michael Scheuer said regarding al Qaeda on al- Jazeera’s “The Image War”: “Their propaganda beats us to hell every time, every time. We’re not even in the same league with them.”

“Michael Scheuer mantan agen CIA mengomentari  film “The Image War”, sebuah film dokumenter  tentang Al Qaeda yang ditayangkan di stasiun TV Al Jazeera, ia mengatakan : “Propaganda mereka membuat kita terjungkal ke dalam neraka, setiap waktu setiap saat. Kita bahkan tidak sedang bermain di liga yang sama.” [Ahmed Widad]



[1] Tulisan ini merupakan resume dari ceramah ustadz Fuad Al Hazimi dengan tema Urgensi Media dalam Jihad Global

[2] Sebutan bagi mujahid yang melakukan aksi jihad fardhiy (secara sendirian)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X