Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.098 views

Dewan Fatwa Nasional Malaysia Setujui ESQ Asal Kesalahannya Diperbaiki

Putrajaya, Malaysia (Voa-Islam.com) - Dewan Fatwa Nasional Malaysia menyetujui pelatihan kepemimpinan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dengan syarat tertentu: unsur keraguan dalam kursus leadership ESQ masih bisa diperbaiki dan pelatihan ESQ diadakan dengan pengawasan yang ketat. Fatwa Dewan Nasional Malaysia ini agak bertentangan dengan fatwa Mufti Wilayah Federal 10 Juni lalu yang mengharamkan kursus ESQ Ary Ginanjar tersebut.

Ketua Dewan Fatwa Nasional Tan Sri Dr Abdul Shukor Husin mengatakan, keputusan mereka dibuat dalam sebuah muzakarah 16 Juni lalu, setelah penelitian dari sebuah panel yang dibentuk oleh Departemen Pembangunan Islam Malaysia (JAKIM) dan penjelasan dari perusahaan yang didirikan oleh motivator Indonesia Ary Ginanjar Agustian.

"Pelatihan kepemimpinan ESQ dapat dilakukan di Malaysia dengan pengawasan penuh oleh Desan Syariah yang ditunjuk oleh ESQ," kata Abdul Shukor kepada para wartawan hari ini.

..Pelatihan kepemimpinan ESQ dapat dilakukan di Malaysia dengan pengawasan penuh oleh Dewan Syariah, karena sebagian besar unsur keraguan dalam kursus pelatihan kepemimpinan ESQ bisa diperbaiki..

"Hal ini karena muzakarah yakin bahwa sebagian besar unsur keraguan dalam kursus pelatihan kepemimpinan ESQ bisa diperbaiki," tambahnya.

Abdul Shukor menekankan bahwa panel syariah perusahaan tersebut bertanggung jawab untuk memonitor isi dari pelatihan ESQ dan untuk melaporkan setiap hal yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Panel syariah ESQ dipimpin oleh Datuk Mustafa Abd. Rahman (mantan direktur jenderal JAKIM) bersama Datuk As-Sheikh Nooh Gadut (Dewan penasihat Agama Johor), Datuk Paduka Syeikh Abdul Halim Hasbullah (mantan Mufti Kedah), Tan Sri Kadir Thalib (mantan Mufti Wilayah Persekutuan) dan Dr Adnan Yusof ( Dekan fakultas al-Quran dan Sunnah di Universitas Sains Islam Malaysia).

"Sebagian besar dari mereka tidak memiliki kepentingan dalam dewan keagamaan atau hal-hal yang menyangkut ESQ," Ketua Dewan Fatwa Nasional menambahkan.

Pelatihan kepemimpinan ESQ telah memicu perselisihan antara mufti atau kepala ulama terhadap kepatuhan kepada ajaran Islam.

Mufti Wilayah Federal Datuk Zahidi Wan mengeluarkan fatwa "ESQ dilarang dengan alasan bahwa pelatihan itu melanggar ajaran Islam dan "mendukung liberalisme dengan membuat penafsiran bebas dari Quran dan [mendukung konsep] pluralisme dalam agama, yang mengatakan bahwa semua agama adalah "sama dan benar."

..ESQ dilarang dengan alasan bahwa pelatihan itu melanggar ajaran Islam dan "mendukung liberalisme dengan membuat penafsiran bebas dari Quran dan [mendukung konsep] pluralisme dalam agama, yang mengatakan bahwa semua agama adalah "sama dan benar."

Meski fatwanya agak berbeda dengan fatwa Mufti Wilayah Federal Datuk Zahidi Wan, Abdul Shukor tetap menghormati fatwa yang mengharamkan ESQ tersebut.

"Di Wilayah (Persekutuan), ESQ tidak diharamkan karena Lembaran negara menentangnya," kata Abdul Shukor. "Itu adalah hak mufti Wilayah Persekutuan dan kami menghormati keputusannya," tambahnya.

Abdul Shukor juga mengatakan bahwa fatwa Dewan Mufti Nasional Malaysia yang  menyetujui program ESQ tidak mengikat secara hukum dan itu terserah kepada negara-negara bagian untuk menerima atau menolaknya.

Namun, dia mengimbau agar mufti negara bagian berkonsultasi satu sama lain sebelum mengeluarkan fatwa agama jika masalah tersebut bersangkutan dengan kepentingan nasional.

"Jika masalah masalah kepentingan nasional, pendapat dari muzakarah perlu untuk dikonsultasikan sebelum negara mengeluarkan sebuah 'fatwa'," kata Abdul Shukor.

"Dan ini (kursus kepemimpinan ESQ) adalah masalah nasional," tambahnya. [ab ajah/tmi]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X