Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.663 views

Effendi Simbolon : Menteri BUMN Dahlan Iskan Kampungan

Jakarta (voa-islam.com) Walaupun Dahlan Iskan yang  namanya terus "moncer", karena dianggap manusia "ajaib", karena gayanya yang sok merakyat itu, dan kini tiba-tiba seperti roket namanya, sejak diangkat menjadi Menteri BUMN, dan selebihnya tindakan Dahlan Iskan, dianggap "berani",  bahkan sempat konflik dengan Dipo Alam dan Sudi Silalahi terkait pengangkatan sejumlah Dirut di BUMN yang dinilai tidak prosuderal.

Sebelumnya,  Dahlan Iskan  berkoar-koar di luar Gedung DPR mau menelanjangi anggota DPR, yang suka memeras BUMN. Tetapi, ketika berada BK (Badan Kehormatan) DPR, ternyata Dahlan Iskan hanyalah seperti "kerupuk keguyur air hujan",  tak berani secara jantan menyebutkan sejumlah anggota DPR yang menjadi tukang peras BUMN, secara terbuka.

Bahkan, sebelum datang ke BK, Dahlan sudah sesumbar akan blak-blakan, tetapi ternyata itu semua tak terjadi, bahkan Dahlan balik mengatakan BUMN yang dipimpinnya sebagai sarang korupsi.

Lalu, siapa Dahlan Iskan yang sebelumnya menjadi Dirut PLN, dan terjadi in effesiensi yang menyebabkan negara mempunyai potensi kerugian Rp 37,6 triliun?

Dibagian lain, politisi PDIP, Effendi Simbolon yang sangat geram melihat kelakuan Dahlan Iskan, lalu menilai Dahlan kampungan, mengalihkan dugaan pemborosan anggaran Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan isu anggota Dewan memeras BUMN.

"Ini kampungan sekali, lempar batu sembunyi tangan. Kampungan karena caranya yang diambil kampungan," ujarnya, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Dugaan pemborosan anggaran ketika PLN dipimpin Dahlan, sebesar Rp37 triliun berdasarkan laporan hasil penyelidikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dewan Perwakilan Rakyat, dalam hal ini Komisi VII, mempertanyakan dugaan tersebut.

Dua kali dipanggil, Dahlan selaku mantan Direktur Utama PLN, mangkir. Ia lebih memilih menghadir acara lain dan melempar isu adanya anggota DPR meminta jatah kepada BUMN.

"Ada mekanisme kalau ada temuan seperti itu, kita punya kepolisian, KPK, hargailah penegak hukum kita, bukannya melemparnya ke media yang sangat bebas sekali, sehingga larinya kemana-mana," ucap Effendi.

Isu yang dilempar Dahlan telah membuat citra DPR makin buruk. Padahal, ucapannya terkait oknum anggota Dewan pemeras BUMN perlu dibuktikan. Jangan dibiarkan begitu saja menjadi polemik.

Dahlan telah memenuhi panggilan Badan Kehormatan (BK) DPR pada Senin (5/11/2012) siang. Ia tidak berani menyebutkan nama karena sadar kementerian yang dipimpinnya sarang koruptor. Namun, ia menyetorkan nama oknum tersebut ke BK, tinggal bagaimana tindak lanjut DPR.

"Kita ini seperti tidak punya moral, dituding sana sini sehingga kita (DPR) menjadi public enemy (musuh publik), apa yang kita lakukan selalu salah di mata rakyat. Dan bagi kami ungkapan Dahlan itu seperti mengumpat lembaga negara, bayangkan anak buahnya presiden berani mengumpat lembaga negara, ini kok dibiarin sih, apa sih motivasinya," kata Effendi.

Sebelumnya, Dahlan Iskan berkoar-koar menjanjikan membeberkan 10 nama anggota Dewan yang dituduh memeras BUMN. Ternyata, janji-janji Dahlan Iskan hanyalah JJP (janji-janji palsu). "Jadi yang satu peristiwa satu orang dan yang dua peristiwa dua orang tapi namanya ternyata sama," kata Dahlan kepada wartawan usai dipanggil BK DPR, Senin (5/11/2012) di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Menurut dia, nama yang ia sampaikan ke BK DPR tidak sama dengan 18 inisial yang tersebar melalui pesan pendek. "Jadi yang nama saya serahkan tadi tidak ada di antara nama di 18 yang beredar itu," tambah Dahlan.

Dahlan menyebutkan dua nama yang ia sampaikan ke BK DPR terjadi pada 2012 ini. Kasus tersebut terkait dengan penanaman modal negara (PMN). Menurut Dahlan, pihaknya akan melengkapi data terkait nama anggota DPR pada Rabu (7/11/2012) mendatang.

Terkait bukti yang diserahkan ke BK DPR, Dahlan mengatakan pihaknya tak perlu menyerahkan bukti terkait upaya pemerasan tersebut. Menurut dia BK bukanlah lembaga penegak hukum. "BK itu kan badan kehormatan bukan badan penegak hukum yang konsekuensinya hukum," cetus Dahlan.

Anggota BK DPR dari Fraksi PPP Usman Jafar mengatakan dua nama yang diserahkan Dahlan Iskan ke BK DPR. "Dua inisial yaitu IL dan S," kata Usman saat dikonfirmasi wartawan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Anggota BK DPR dari Fraksi PKB Ali Maschan Moesa mengaku tidak puas dengan penjelasan Dahlan Iskan di BK DPR. Menurut dia yang disampaikan Dahlan tidak sesuai ekpektasi saat disampaikan ke media.

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengatakan hal yang sama. Menurut dia, apa yang disampaikan Dahlan Iskan tidak seheboh apa yang disampaikan di media. "Kalau yang disampaikan hanya segitu, sebagai pejabat negara untuk lebih berhati-hati, karena pernyataan beliau akan menimbulkan resonansi besar, malah menimbulkan hubungan tidak baik antara DPR dan Istana," kata Priyo.

Rencananya, Panitia Kerja Hulu Listrik DPR memanggil Dahlan pekan depan untuk dimintai klarifikasi soal pemborosan anggaran PLN.

"Karena dianggap spesial, maka kami undang supaya clear. Pak Dahlan juga bilang lebih dari situ (Rp37,6 triliun). Makanya, mempercepat pemanggilan tanggal 13 November jam 10," juar Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana kepada wartawan, di Jakarta, Senin (5/11/2012).

Dahlan Iskan yang merasa mendapatkan angin dari SBY, sekarang sering berulah, dan mendapatkan dukungan media massa sekuler, yang sudah kebelelt ingin memplot dia menjadi salah satu kandidat calonn presiden di 2014, maka gayanya Dahlan lagak "norak". Berani melakukan tuduhan terhadap sejumlah anggota Dewan memeras, tapi tak berani membuktikan. Jadi apa artinya statement dia?

Bahkan, sebelum Dahlan memasuki ruangan BK, sempat ada aksi demo di depan DPR, yang mendudkung Dahlan Iskan. Orang-orang yang mengatasnamakan dari BUMN itu, tak  lai hanyalah kacung-nya Dahlan yang sengaja diutus membuat aksi di depan DPR. af/ilh.

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News
Israel Tahan 900 Warga Palestina di Yerusalem Sejak Awal 2019, Sepertiganya Anak-anak

Israel Tahan 900 Warga Palestina di Yerusalem Sejak Awal 2019, Sepertiganya Anak-anak

Sabtu, 20 Jul 2019 22:00

HCS Sebut Mesir, UEA dan Prancis Dukung Serangan Baru Haftar ke Ibukota Libya Tripoli

HCS Sebut Mesir, UEA dan Prancis Dukung Serangan Baru Haftar ke Ibukota Libya Tripoli

Sabtu, 20 Jul 2019 21:15

India dan Filipina Minta Iran Bebaskan Awak Kapal Warga Negara Mereka yang Ditangkap IRGC

India dan Filipina Minta Iran Bebaskan Awak Kapal Warga Negara Mereka yang Ditangkap IRGC

Sabtu, 20 Jul 2019 20:45

Pejuang AQAP Tewaskan 5 Tentara Pemerintah Yaman di Wilayah Mudiya Abyan

Pejuang AQAP Tewaskan 5 Tentara Pemerintah Yaman di Wilayah Mudiya Abyan

Sabtu, 20 Jul 2019 20:30

AS akan Kerahkan Pasukan ke Arab Saudi

AS akan Kerahkan Pasukan ke Arab Saudi

Sabtu, 20 Jul 2019 19:46

Inggris Peringatkan Kapal-kapal Tidak Masuki Selat Hormuz

Inggris Peringatkan Kapal-kapal Tidak Masuki Selat Hormuz

Sabtu, 20 Jul 2019 19:15

Iran Sita Kapal Tanker Minyak Inggris di Selat Hormuz

Iran Sita Kapal Tanker Minyak Inggris di Selat Hormuz

Sabtu, 20 Jul 2019 18:57

Pemilu Bersejarah Sedang Berlangsung di Bekas Distrik Suku Pakistan

Pemilu Bersejarah Sedang Berlangsung di Bekas Distrik Suku Pakistan

Sabtu, 20 Jul 2019 18:45

Drone Tak Dikenal Serang Markas MIlisi Syiah Irak Hashd al-Sha'abi

Drone Tak Dikenal Serang Markas MIlisi Syiah Irak Hashd al-Sha'abi

Sabtu, 20 Jul 2019 17:35

AILA: Berkebaya Itu Pilihan, Bagi Muslimah yang Paling Penting Ikut Perintah Allah Menutup Aurat

AILA: Berkebaya Itu Pilihan, Bagi Muslimah yang Paling Penting Ikut Perintah Allah Menutup Aurat

Sabtu, 20 Jul 2019 17:19

Pelecahan Hukum

Pelecahan Hukum

Sabtu, 20 Jul 2019 14:25

Bau Otoriter

Bau Otoriter

Sabtu, 20 Jul 2019 13:21

Bahaya UU ITE di Depan Mata, Pegiat: Lagi Pada Sadar?

Bahaya UU ITE di Depan Mata, Pegiat: Lagi Pada Sadar?

Sabtu, 20 Jul 2019 13:07

Sah, Inilah 3 Bentuk Kurban Untuk yang Sudah Wafat

Sah, Inilah 3 Bentuk Kurban Untuk yang Sudah Wafat

Sabtu, 20 Jul 2019 13:00

Anies, Icon Kerakyatan dan Ke-Indonesiaan

Anies, Icon Kerakyatan dan Ke-Indonesiaan

Sabtu, 20 Jul 2019 12:54

TransJakarta Buatan Cina, Kemanakah Kini?

TransJakarta Buatan Cina, Kemanakah Kini?

Sabtu, 20 Jul 2019 12:07

Waspadai Pelangi Buatan Manusia dalam Simbol Sexual Menyimpang

Waspadai Pelangi Buatan Manusia dalam Simbol Sexual Menyimpang

Sabtu, 20 Jul 2019 11:20

Fahri Hamzah: Bahayanya Kekuasaan di Tangan Orang Dungu

Fahri Hamzah: Bahayanya Kekuasaan di Tangan Orang Dungu

Sabtu, 20 Jul 2019 11:07

Suap Menyuap dan Korupsi sebagai Akarnya

Suap Menyuap dan Korupsi sebagai Akarnya

Sabtu, 20 Jul 2019 10:07

Film Dua Garis Biru, Potret Buram Tontonan Zaman Now

Film Dua Garis Biru, Potret Buram Tontonan Zaman Now

Sabtu, 20 Jul 2019 05:44


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Jum'at, 19/07/2019 06:40

Jaminan terhadap Kehormatan Perempuan