Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.936 views

Hukum Menghina Agama

Hukum mencela Allah Azza Wajalla, atau agama, atau Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, atau menghina para sahabat yang mulia semoga Allah meridhoi mereka.

Sesungguhnya kenikmatan Allah sangat agung, dan kenikmatan-Nya yang paling mulia adalah kedudukan islam yang dikaruniakan Allah kepada kita.

Perang media yang dikobarkan secara terang-terangan dan lemahnya agama dalam hati sebagian kaum mukminin menyebabkan munculnya perkara kemungkaran yang berbahaya pada lisan sebagian manusia yaitu: mencela Allah Azza Wajalla, atau agama, atau Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat beliau yang mulia.

Dalam kesempatan ini kami ingin menukil perkataan sebagian ulama yang menjelaskan bahayanya perkara ini sehingga kami bisa menasihati siapa yang melakukannya dan menunjukkan untuknya pintu taubat.

Akhi muslim, iman kepada Allah dibangun atas dasar pengagungan dan memuliakan Rabb Azza Wajalla, dan tidak ragu lagi bahwa mencela Allah Azza Wajalla dan menghinaNya bertentangan dengan pengagungan ini.

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata: Dan ruh dari ibadah adalah pengagungan dan kecintaan, maka apabila salah satunya tidak terpenuhi maka rusaklah ibadah, dan apabila kedua unsur ini digabungkan dengan pujian terhadap Zat yang dicintai dan diagungkan maka itulah hakikat Al-Hamdu (segala pujian) Wallahu A'lam.

Dan mencela sebagaimana didefinisikan oleh Ibnu Taimiyyah: adalah ucapan yang dimaksudkan mengurangi atau merendahkan yaitu yang dipahami oleh akal manusia dengan perbedaan keyakinan mereka seperti laknat, menjelekkan atau semacamnya.

Tidak ragu lagi bahwa mencela Allah Azza Wajalla termasuk kemungkaran ucapan yang paling keji dan buruk, dan apabila menghina Allah termasuk kekufuran baik dia menghalalkannya maupun tidak maka mencela Allah lebih utama termasuk kekufuran.

Ibnu Taimiyyah berkata: Sesungguhnya mencela Allah atau mencela Rasul-Nya termasuk kekufuran secara lahir maupun batin sama saja orang yang mencela tersebut berkeyakinan bahwa itu diharamkan atau karena berhilah atau tidak terlintas dalam keyakinannya.

Ibnu Rahuwaih berkata: "Kaum muslimin telah bersepakat bahwa siapa saja yang mencela Allah atau Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam menjadi kafir karena hal itu meskipun dia membenarkan apa yang diturunkan Allah "

Allah Ta'alaa berfirman:


قال تعالى: ﴿ إِنَّ الَّذِينَ يُؤْذُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَأَعَدَّ لَهُمْ عَذَاباً مُّهِيناً "57" وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَاناً وَإِثْماً مُّبِيناً ﴾ [الأحزاب:58،57]

Artinya: 

(57) "Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya, Allah akan melaknatinya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan".

(58) "Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, Maka Sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata".

Dalam ayat ini Allah Azza Wajalla membedakan antara mencela Allah dan RasulNya dengan mencela kaum mukminin dan mukminat dimana Allah Menjadikan hal itu berakibat bahwa dia telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata, dan Menjadikan hal itu berakibat laknat didunia dan akhirat dan Allah Menyiapkan untuknya siksaan yang menghinakan dan telah dimaklumi bahwa mencela kaum mukminin bisa termasuk dosa besar dan hukumannya cambuk dan tidak ada yang lebih dari itu kecuali kekafiran dan hukum dibunuh.

Qadhi Iyadh berkata: " Tidak ada khilaf bahwa orang yang mencela Allah Ta'alaa dari kaum muslimin termasuk kafir halal darahnya ".
Imam Ahmad berkata dalam riwayatnya Abdullah dalam masalah seseorang kepada yang lain: " Wahai anak fulan dan fulan, yakni engkau dan Yang Menciptakanmu : maka dia murtad dari islam dipenggal lehernya".


Ibnu Qudamah berkata: " Barangsiapa mencela Allah Ta'alaa maka dia kafir, baik dengan bercanda maupun serius ".


Syaikh Abdul Aziz bin Bazz rahimahullah pernah ditanya:

Apa hukum mencela agama atau Rabb ? aku beristighfar kepada Rabb semesta alam:

Apakah orang yang mencela agama dianggap kafir atau murtad dan apa hukuman yang ditetapkan atasnya dalam agama islam ? supaya kami memiliki keterangan yang jelas dalam urusan syariat agama karena phenomena ini tersebar luas pada sebagian manusia dinegeri kami.

Beliau rahimahullah menjawab:

Mencela agama termasuk dosa dan kemungkaran yang paling besar, demikian juga mencela Rabb Azza Wajalla, dua perkara ini termasuk pembatal keislaman yang paling besar, dan termasuk salah satu yang memurtadkan dari islam, maka apabila orang yang mencela Rabb Azza Wajalla atau mencela agama adalah seorang yang mengaku muslim, maka dengan itu dia menjadi murtad dari islam menjadi kafir dan minta bertaubat, jika bertaubat maka diterima dan jika tidak maka dia dibunuh dengan perintah penguasa dengan perantara mahkamah syariat, sebagian ulama berkata: bahkan tidak diminta bertaubat tetapi dibunuh, karena kejahatannya besar, akan tetapi pendapat yang kuat bahwa dia diminta bertaubat mudah-mudahan Allah Memberinya hidayah sehingga dia mengikuti kebenaran, akan tetapi sebaiknya dihukum dengan cambuk dan penjara sampai dia kembali dan tidak mengulangi perbuatannya ini, demikian juga jika dia mencela Al-Quran atau Rasulullah shallallahu alaihi wasallam atau Nabi yang lain, maka diminta bertaubat kalau tidak mau maka dibunuh, karena mencela agama maupun Rasulullah shallallahu alaihi wasallam atau mencela Rabb Azza Wajalla termasuk pembatal keislaman, demikian juga menghina Allah atau RasulNya atau surga atau neraka atau salah satu perintah Allah seperti sholat, zakat, karena menghina salah satu perkara ini termasuk pembatal keislaman sebagaimana Allah Ta'alaa berfirman:


قال الله - سبحانه وتعالى -: ﴿ قُلْ أَبِاللّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ "65" لاَ تَعْتَذِرُواْ قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ﴾ [التوبة:66،65] نسأل الله العافية.

65. Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, "Sesungguhnya Kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja." Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?"

66. Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa.

Syaikh Muhammad bin Utsaimin rahimahullah pernah ditanya:

Apa hukum seseorang yang mencela agama dalam keadaan marah apakah ada denda untuknya dan apa syarat taubat dari perbuatan ini dimana saya mendengar dari para ulama mengatakan bahwa istrimu diharamkan bagimu ?

Maka beliau menjawab:


Hukum bagi orang yang mencela agama islam dikafirkan, karena mencela dan menghina agama termasuk kemurtadan dari islam dan kekufuran kepada Allah Azza Wajalla dan agamaNya, Allah telah mengkisahkan satu kaum yang menghina agama islam, Allah mengkisahkan tentang mereka bahwa mereka mengatakan:

sesungguhnya kami hanya bersendau gurau dan bermain-main, maka Allah Azza Wajalla Menjelaskan bahwa bercandanya dan bermainnya mereka kepada Allah dan ayat-ayatNya dan RasulNya menyebabkan mereka kafir kepadaNya. Allah Ta'alaa berfirman:


فقال تعالى: ﴿ وَلَئِن سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ "65" لاَ تَعْتَذِرُواْ قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ﴾ [التوبة:66،65]

Maka menghina agama Allah, atau mencela agama Allah atau mencela Allah dan RasulNya, atau menghina keduanya, termasuk kekafiran yang mengeluarkan dari ajaran islam. Wallahu A'lam [abu roidah/voa-islam.com]

Baca berita terkait:

Pemerintah Tolak Cabut UU Penistaan Agama, Bila tidak Maka ini Akibatnya...

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Infaq Dakwah Center

Tragedi Ampli Berdarah, Muhammad Zahra Tewas Dibakar Massa. Ayo Bantu Keluarga Yatim..!!

Tragedi Ampli Berdarah, Muhammad Zahra Tewas Dibakar Massa. Ayo Bantu Keluarga Yatim..!!

Usai shalat asar dalam perjalanan pulang, pria ini dituduh mencuri ampli mushalla. Tanpa pembuktian dan pengadilan, ia dianiaya, dikepruk, ditelanjangi dan dibakar hingga tewas....

Ustadz dan Puluhan Muallaf Bombanon Hidup Menumpang di Rumah Kristen. Ayo Bantu..!!

Ustadz dan Puluhan Muallaf Bombanon Hidup Menumpang di Rumah Kristen. Ayo Bantu..!!

Puluhan muallaf Desa Bombanon hidup menumpang di rumah-rumah Kristen yang kental dengan suasana Salib. Makanan tidak terjamin dari babi dan makanan haram lainnya. ...

Yatim Berprestasi ini Akan Lanjut Kuliah ke Al-Azhar Kairo, Butuh Biaya 13 Juta. Ayo Bantu..!!!

Yatim Berprestasi ini Akan Lanjut Kuliah ke Al-Azhar Kairo, Butuh Biaya 13 Juta. Ayo Bantu..!!!

Yatim putra Makassar ini mendapatkan beasiswa program S1 di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, tapi terkendala biaya transport. Ayahnya sudah wafat, ibunya seorang guru ngaji....

Mutsana Anak Mujahid Dirawat Intensif di Rumah Sakit Karena Kelainan Imunitas. Ayo Bantu..!!

Mutsana Anak Mujahid Dirawat Intensif di Rumah Sakit Karena Kelainan Imunitas. Ayo Bantu..!!

Anak mujahid ini tergolek di rumah sakit, sementara sang ayah sedang menjalani ujian penjara akibat amaliah jihad bersama Kafilah Mujahidin Aceh beberapa tahun silam. ...

Balita Ahmad Alvaro Komplikasi Jantung, Otak, Pernafasan dan Paru-paru. Ayo Bantu..!!!

Balita Ahmad Alvaro Komplikasi Jantung, Otak, Pernafasan dan Paru-paru. Ayo Bantu..!!!

Dalam usia dua tahun sudah menderita komplikasi lahir batin. Lahir tanpa belaian sang ayah, ia mengidap penyakit jantung, pengecilan otak, gangguan pernafasan dan paru-paru. Ia sudah dioperasi...

Latest News
Tentara Libanon Lancarkan Serangan terhadap Pejuang Islamic State di Perbatasan Suriah

Tentara Libanon Lancarkan Serangan terhadap Pejuang Islamic State di Perbatasan Suriah

Sabtu, 19 Aug 2017 22:08

8 Orang Terluka dalam Serangan Penusukan di Kota Surgut Rusia

8 Orang Terluka dalam Serangan Penusukan di Kota Surgut Rusia

Sabtu, 19 Aug 2017 20:52

Inilah Kemuliaan Muslim jika Memimpin Negeri dengan Al-Qur'an: Umat Lain Dijaga dan Dilindungi

Inilah Kemuliaan Muslim jika Memimpin Negeri dengan Al-Qur'an: Umat Lain Dijaga dan Dilindungi

Sabtu, 19 Aug 2017 20:25

Tokoh dan Mayoritas Muslim yang Perjuangkan Indonesia Merdeka, Tidak Benar Ingkari UUD-Pancasila

Tokoh dan Mayoritas Muslim yang Perjuangkan Indonesia Merdeka, Tidak Benar Ingkari UUD-Pancasila

Sabtu, 19 Aug 2017 19:25

Kemerdekaan hingga Kasus Ahok: Allah sedang Lakukan Tarbiyah ke Umat Islam Indonesia

Kemerdekaan hingga Kasus Ahok: Allah sedang Lakukan Tarbiyah ke Umat Islam Indonesia

Sabtu, 19 Aug 2017 18:25

Disambut Positif: Tuduh FPI Tidak Bhineka segera Periksa ke Ahli Kejiwaan

Disambut Positif: Tuduh FPI Tidak Bhineka segera Periksa ke Ahli Kejiwaan

Sabtu, 19 Aug 2017 17:25

Benarkah Tahun 2015 Indonesia 'Pecah' Dikeroyok Gerakan Iluminati?

Benarkah Tahun 2015 Indonesia 'Pecah' Dikeroyok Gerakan Iluminati?

Sabtu, 19 Aug 2017 16:29

Ka'ban: Musuh dalam Selimut, Waspada dan Lawan Komunis

Ka'ban: Musuh dalam Selimut, Waspada dan Lawan Komunis

Sabtu, 19 Aug 2017 16:25

Djarot Ancam Cabut BPJS Pedagang Hewan Kurban di Trotoar, Tokoh: Segitunya Arogansi Pejabat

Djarot Ancam Cabut BPJS Pedagang Hewan Kurban di Trotoar, Tokoh: Segitunya Arogansi Pejabat

Sabtu, 19 Aug 2017 15:25

Alfian Tanjung Diperlakukan Beda dengan Ahok & Nazaruddin, Ustad Tengku: Kayak Kecap

Alfian Tanjung Diperlakukan Beda dengan Ahok & Nazaruddin, Ustad Tengku: Kayak Kecap

Sabtu, 19 Aug 2017 14:25

Polisi Spanyol Sebut Pelaku Serangan di Barcelona Kemungkinan Masih Dalam Pelarian

Polisi Spanyol Sebut Pelaku Serangan di Barcelona Kemungkinan Masih Dalam Pelarian

Sabtu, 19 Aug 2017 12:17

Agar Hewan Kurban Tetap Halal Setelah Disembelih

Agar Hewan Kurban Tetap Halal Setelah Disembelih

Sabtu, 19 Aug 2017 12:08

Kerjasama dengan McAfee, Keamanan Transaksi dan Privasi Mitra Paytren Semakin Terjamin

Kerjasama dengan McAfee, Keamanan Transaksi dan Privasi Mitra Paytren Semakin Terjamin

Sabtu, 19 Aug 2017 12:04

Komnas HAM Kecam Kekerasan pada Panitia Simposium Nasional Kebangsaan

Komnas HAM Kecam Kekerasan pada Panitia Simposium Nasional Kebangsaan

Sabtu, 19 Aug 2017 12:00

Erdogan Desak Komunitas Turki di Jerman Tidak Pilih Angela Merkel dalam Pemilu Mendatang

Erdogan Desak Komunitas Turki di Jerman Tidak Pilih Angela Merkel dalam Pemilu Mendatang

Sabtu, 19 Aug 2017 10:50

Islam dan Teologi Pembebasan

Islam dan Teologi Pembebasan

Sabtu, 19 Aug 2017 10:44

Indonesia Belum Merdeka

Indonesia Belum Merdeka

Sabtu, 19 Aug 2017 10:33

Sombong, Penghalang Masuk Surga

Sombong, Penghalang Masuk Surga

Sabtu, 19 Aug 2017 08:51

Sekjen Liga Muslim Dunia Resmikan Mahad Pengkaderan Al-Quran di Pondok Pesantren Daarul Quran

Sekjen Liga Muslim Dunia Resmikan Mahad Pengkaderan Al-Quran di Pondok Pesantren Daarul Quran

Sabtu, 19 Aug 2017 08:46

Larangan Aturan Jilbab di Sekolah, Anti Bineka atau Anti Agama?

Larangan Aturan Jilbab di Sekolah, Anti Bineka atau Anti Agama?

Sabtu, 19 Aug 2017 08:14


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X