Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
23.918 views

Ingat! Kematian Tak Pernah Sungkan dan Takut kepada Siapapun

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada baginda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (QS. Ali Imran: 185)

Al-Imam Abu al-Fida Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya berkata, "Allah mengabarkan kepada seluruh makhluk-Nya, tiap-tiap yang berjiwa pasti merasakan mati. Sebagaimana firman Allah Ta'ala, " Semua yang ada di bumi itu akan binasa.Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan." (QS, al-Rahman: 26-27)

Hanya Allah Ta'ala semata yang Maha hidup, tak akan mati. Sedangkan jin, mereka akan mati. Begitu juga semua Malaikat. Tidak tertinggal mereka para pemikul 'Arsy. Hanya Dia Al-Wahid, Al-Ahad, al-Qahhar (Allah yang Maha Esa dan Perkasa) yang kekal. Allah lah yang akhir, sebagaimana Dia adalah yang awal."  

Kematian merupakan tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Menunjukkan akan kekuasaan-Nya dalam menetapkan semua urusan. Tak ada satu kekuatan di muka bumi ini yang mampu menghadapinya. Kematian tidak pernah sungkan kepada siapapun. Dan tak takut kepada siapapun. Pasti akan didatanginya. Direnggut nyawanya. Tak seorangpun yang bisa mengelaknya.

. . . Kematian tidak pernah sungkan kepada siapapun. Dan tak takut kepada siapapun. Pasti akan didatanginya. Direnggut nyawanya. Tak seorangpun yang bisa mengelaknya. . .

Beberapa pekan lalu tokoh-tokoh besar negeri ini tersungkur oleh kematian. Mantan Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkobkamtib) Sudomo yang meninggal di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Rabu (18/04/2012).  Sehari sesudahnya, kematian menjemput paksa mantan hakim agung Bismar Siregar, di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Selang beberapa hari sesudahnya, tepatnya pada Sabtu (21/4/2012), Wamen ESDM Widjadjono Partowidagdo menyusul saat melakukan perjalanan mendaki Gunung Tambora, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hari ini, Rabu (2/5/2012), pukul 11.41 WIB, Menkes yang baru beberapa hari mengundurkan diri, Endang Rahayu Sedyaningsih ikut mangkat. Dia meninggal dunia di RSCM, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat setelah mengidap kanker paru-paru stadium 4.

Keempat tokoh yang telah disebutkan memiliki spesialisasi dalam bidang yang berbeda-beda. Kemiliteran, hukum, ahli perminyakan, dan kesehatan. Semua tak mampu mengalahkan kematian. Sudomo dengan bedilnya tak bisa menewaskan kematian. Bismar dengan kekuatan palunya untuk menetapkan vonis juga tak bisa memenjarakan kematian. Widjadjono juga demikian. Seahli-ahlinya dia dalam menerka jumlah minyak di perut bumi tak juga memberikan manfaat untuknya dalam menerka datangnya kematian. Terlebih Endang, walau ahli kesehatan ternyata tubuhnya digerogoti penyakit lebih dari setahun sehingga menghantarkannya kepada kematian. Lalu kita. Ahli apakah kita? Pasti kematian juga datang. Mengambil paksa sesuatu yang kita anggap paling berharga.

. . . Ahli apakah kita? Pasti kematian juga datang. Mengambil paksa sesuatu yang kita anggap paling berharga. . .

Saudaraku, setiap kita tentu pernah berhadapan dengan kematian, baik yang menimpa diri kita, kerabat kita, kawan-kawan kita, atau manusia-manusia di sekitar kita. Seseorang yang cerdas, ia sadar kematian juga akan menjemputnya. Kekayaan akan ditinggalkannya. Istri dan anak-anak pasti akan berpisah dengannya. Rumah megah, mobil mewah, dan tempat usaha yang dimiliki pasti pula akan dipisahkan darinya oleh kematian. Hendaknya hal ini menyadarkan kita semua akan fananya dunia. Akhirat pasti akan dimasuki, suka atau tidak. Maka hendaknya setiap kita menyadari hakikat ini. lalu berbekal diri untuk perjalanan sesudah mati.

Allah Ta'ala berfirman,

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

"Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal." (QS. Al-Baqarah:

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلَاثَةٌ فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَيَبْقَى عَمَلُهُ

"Ada tiga hal yang mengikuti (menghantarkan ke kuburan) mayyit: keluarga, harta, dan amalnya. Lalu keluarga dan hartanya kembali ke rumah, sedangkan amalnya yang tetap membersamainya." (Muttafaq 'Alaih)

Ingat, hanya amal shalih yang setia menemani dalam kondisi sulit di alam kubur. Keluarga dan harta yang menghantarkan ke kuburan akan pulang. Maka jangan sampai salah dalam berbekal. Siapkan amal shalih agar menjadi sahabat baik di dalam kubur saat orang-orang yang mengantarkan sudah kembali pulang dan meninggalkannya sendirian.

Sesungguhnya amal shalih saat masih hidup itulah yang akan benar-benar memberikan manfaat kepada mayit. Maka hendaknya, saat masih sehat dan punya banyak harta ia menyedekahkan hartanya. Jika tidak, maka ia akan menyesal. Sebab harta tersebut tidak memberikan manfaat untuknya saat semua orang berlepas diri darinya. Sebaliknya, harta tersebut menjadi rebutan ahli warisnya.

Demikian pula keluarga. Kesedihan dan duka mereka tidak menambah kebaikan untuknya. Kecuali mereka yang shalih yang mau memintakan ampun dan mendoakan untuk si mayit. Oleh karenanya, para orang tua serius mendidik dan membina keluarganya dengan baik sesuai ajaran Islam.

. . . Ingat, hanya amal shalih yang setia menemani dalam kondisi sulit di alam kubur. Keluarga dan harta yang menghantarkan ke kuburan akan pulang. . .

Semoga kita menjadi manusia cerdas. Selalu ingat sebuah kepastian. Yakni kematian. Tidak bisa tidak, kita pasti menemuinya. Sehingga terus menyiapkan bekal dengan iman dan amal shalih. Janganlah gemerlapnya dunia melalaikan kita dari kepastian ini. Jangan pula setan sang penipu memperdaya kita dari kehidupan akhirat. "Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (menaati) Allah." (QS. Luqman: 33)

Mewahnya kuburan tidaklah memberikan jaminan keselamatan. Tidak pula mendatangkan kebahagiaan. Jangan buang-buang harta dan menyia-nyiakannya dengan habiskan miliaran untuk sebuah kuburan. Keselamatan dan kebahagiaan di sana ditentukan oleh iman dan amal shalihnya. Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Infaq Dakwah Center

Solidaritas Peduli Muslim Rohingya: Derita Mereka adalah Derita Kita Juga, Ayo Bantu!!

Solidaritas Peduli Muslim Rohingya: Derita Mereka adalah Derita Kita Juga, Ayo Bantu!!

Ribuan Muslim Rohingya mengungsi ke Aceh untuk menyelamatkan akidah dan nyawa dari intimidasi rezim dan militer Myanmar yang didukung oleh para teroris biksu radikal Budha....

Rika Suranti: Anak Yatim Berprestasi Menderita Tumor Tulang Ganas, Ayo Bantu!!

Rika Suranti: Anak Yatim Berprestasi Menderita Tumor Tulang Ganas, Ayo Bantu!!

Sejak usia 8 tahun sudah menjadi yatim. Saat tumbuh menjadi remaja muslimah berprestasi dan rajin beribadah, ia diuji dengan musibah tumor ganas di lututnya. ...

Bayi ini Lahir Caesar, Ayahnya Sedang Dipenjara Karena Jihad untuk Muslim Rohingnya. Ayo Bantu..!!

Bayi ini Lahir Caesar, Ayahnya Sedang Dipenjara Karena Jihad untuk Muslim Rohingnya. Ayo Bantu..!!

Bayi ini lahir Caesar dengan biaya sekitar 7 juta rupiah. Sang ayah uzur syar'i sedang menjalani vonis penjara 7,5 tahun karena Jihad Rohingnya....

Bantuan Muallaf Enny Hutajulu Sudah Diserahkan Rp 24 Juta untuk Pengobatan dan Modal Usaha

Bantuan Muallaf Enny Hutajulu Sudah Diserahkan Rp 24 Juta untuk Pengobatan dan Modal Usaha

Bantuan untuk muallaf Enny Hutajulu telah diserahkan untuk keluar dari keterpurukan, dimanfaatkan untuk: modal usaha, biaya pengobatan anaknya, biaya sekolah dan biaya kontrak rumah....

Pembengkakan Jantung, Ummu Gaza Istri Mujahid Opname di Rumah Sakit, Ayo Bantu!!!

Pembengkakan Jantung, Ummu Gaza Istri Mujahid Opname di Rumah Sakit, Ayo Bantu!!!

Sudah dua hari Ummu Ghaza opname di rumah sakit karena pembengkakan jantung hingga anfal. Sang suami tidak cukup dana karena baru keluar penjara akibat amaliah jihadnya di Cirebon beberapa tahun...

Latest News
Setelah Perancis, Belgia Mengusir Siswi yang Memakai Rok Panjang

Setelah Perancis, Belgia Mengusir Siswi yang Memakai Rok Panjang

Rabu, 03 Jun 2015 22:58

Tinggalkan Pesan Manis, MUI Himbau Panglima TNI Terbitkan Penggunaan Jilbab

Tinggalkan Pesan Manis, MUI Himbau Panglima TNI Terbitkan Penggunaan Jilbab

Rabu, 03 Jun 2015 21:50

Dukung! Gubernur Ini Siapkan Wisata Syariah di Daerahnya

Dukung! Gubernur Ini Siapkan Wisata Syariah di Daerahnya

Rabu, 03 Jun 2015 21:30

Pembenci Islam Bertobat Setelah Tahu Masjid adalah Keindahan

Pembenci Islam Bertobat Setelah Tahu Masjid adalah Keindahan

Rabu, 03 Jun 2015 21:10

Jutawan Yahudi Ini Terkesima dengan Sosiolog Muslim, Ibnu Khaldun

Jutawan Yahudi Ini Terkesima dengan Sosiolog Muslim, Ibnu Khaldun

Rabu, 03 Jun 2015 20:45

Asing Kuasai Migas, Ekonom: Pemerintah Acuh Ideologi & Konstitusi

Asing Kuasai Migas, Ekonom: Pemerintah Acuh Ideologi & Konstitusi

Rabu, 03 Jun 2015 20:15

Jenderal AS: Butuh Satu Generasi atau Lebih untuk Mengalahkan Daulah Islam (IS)

Jenderal AS: Butuh Satu Generasi atau Lebih untuk Mengalahkan Daulah Islam (IS)

Rabu, 03 Jun 2015 20:05

Witir Sebelum Tidur, Bolehkah Shalat Tahajjud di Akhir Malam?

Witir Sebelum Tidur, Bolehkah Shalat Tahajjud di Akhir Malam?

Rabu, 03 Jun 2015 19:59

Tangkap dan Adili Dalang Pembantai Etnis Rohingya

Tangkap dan Adili Dalang Pembantai Etnis Rohingya

Rabu, 03 Jun 2015 19:00

110 Warga Prancis Gugur di Irak dan Suriah Saat Berjuang Bersama Daulah Islam (IS)

110 Warga Prancis Gugur di Irak dan Suriah Saat Berjuang Bersama Daulah Islam (IS)

Rabu, 03 Jun 2015 18:15

Menghindari Kezaliman Rezim Cina, Kakek 80 Tahun Hijrah ke Daulah Islam (IS)

Menghindari Kezaliman Rezim Cina, Kakek 80 Tahun Hijrah ke Daulah Islam (IS)

Rabu, 03 Jun 2015 17:16

Penulis Sekuler Bangladesh Kabur ke AS Setelah Ancaman Pembunuhan dari Kelompok Islamis

Penulis Sekuler Bangladesh Kabur ke AS Setelah Ancaman Pembunuhan dari Kelompok Islamis

Rabu, 03 Jun 2015 17:05

AS Klaim 10.000 Anggota Daulah Islam (IS) Gugur dalam 9 Bulan Pemboman Koalisi

AS Klaim 10.000 Anggota Daulah Islam (IS) Gugur dalam 9 Bulan Pemboman Koalisi

Rabu, 03 Jun 2015 16:45

Video: Menteri Agama Minta Maaf Terkait Qira'ah Al-Qur'an dengan Langgam Jawa

Video: Menteri Agama Minta Maaf Terkait Qira'ah Al-Qur'an dengan Langgam Jawa

Rabu, 03 Jun 2015 16:23

Peneliti Pertanyakan Rekomendasi Migas, untuk Rakyat atau Asing?

Peneliti Pertanyakan Rekomendasi Migas, untuk Rakyat atau Asing?

Rabu, 03 Jun 2015 15:40

Pengadilan Pidana Mesir Jatuhkan Vonis 5 Tahun Penjara atas Anak SMP yang menentang Rezim Militer

Pengadilan Pidana Mesir Jatuhkan Vonis 5 Tahun Penjara atas Anak SMP yang menentang Rezim Militer

Rabu, 03 Jun 2015 15:37

Mengejutkan, Fakta Pembantaian Rohingya Dianggap Bohong

Mengejutkan, Fakta Pembantaian Rohingya Dianggap Bohong

Rabu, 03 Jun 2015 14:19

Koalisi Internasional Adakan Pertemuan Bahas Langkah-langkah Hadapi Islamic State (ISIS)

Koalisi Internasional Adakan Pertemuan Bahas Langkah-langkah Hadapi Islamic State (ISIS)

Rabu, 03 Jun 2015 14:11

Karena Jujur, Sopir Taksi Safdirzon Berangkat Umroh Gratis

Karena Jujur, Sopir Taksi Safdirzon Berangkat Umroh Gratis

Rabu, 03 Jun 2015 14:04

Hartono Ahmad Jaiz: Takmir Masjid Perlu Hati-hati dan Waspada

Hartono Ahmad Jaiz: Takmir Masjid Perlu Hati-hati dan Waspada

Rabu, 03 Jun 2015 13:38



Must Read!
X