Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS

Jangan Takut Memasukkan Anak ke Pesantren!

BEKASI (voa-islam.com) - Pelaku peledakan bom bunuh diri di sejumlah lokasi di Tanah Air yang sebagian merupakan lulusan pesantren diharapkan tidak membuat orang tua takut untuk menyekolahkan anak-anaknya ke pendidikan Islam.

"Saya kira itu tidak akan berdampak pada keinginan orang tua memasukkan anaknya ke pesantren. Masyarakat kita sudah semakin dewasa dan tahu bahwa pesantren tidak mengajarkan dan membenarkan tindakan seperti itu," kata anggota komisi II DPR-RI, Lena Maryana Mukti, di Bekasi.

Pesantren yang terus tumbuh pesat dan berkembang di seluruh Indonesia menjadi pilihan orang tua muslim karena kurikulumnya menawarkan keseimbangan pendidikan umum dan agama, penguasaan bahasa asing serta menjadikan seorang anak taat menjalankan agama secara kaffah.

Pesantren ke depan tetap akan menjadi pilihan sebagian orang tua yang menyadari pentingnya penguasaan dan pemahaman agama di tengah arus globalisasi, dan paham-paham melemahkan ajaran Islam seperti liberalisme, pluralisme dan sekularisme.

Pesantren ke depan tetap akan menjadi pilihan sebagian orang tua yang menyadari pentingnya penguasaan dan pemahaman agama di tengah arus globalisasi, dan paham-paham melemahkan ajaran Islam seperti liberalisme, pluralisme dan sekularisme.

Menurut Lena, adanya peledakan bom tidak benar bila dikaitkan apalagi dituduhkan dengan agama tertentu.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan luar negeri itu menegaskan, sebagai penduduk Islam terbesar di dunia, kemungkinan besar pelaku peledakan beragama Islam.

"Pelakunya adalah oknum, siapa saja bisa melakukan. Islam sendiri tidak mengajarkan perbuatan seperti itu dan sebagai agama rahmat bagi seluruh alam, Islam menawarkan kesejukan," ujarnya.

Peledakan bom menurut Lena bukan bermotifkan agama dan bisa saja terkait dengan gerakan politis maupun upaya melemahkan kekuatan negara dan masyarakat diminta untuk tidak membuat kesimpulan sendiri.

"Berilah kepercayaan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap pelaku pemboman dan siapa dalang di balik perbuatan tersebut, begitu juga motivasi apa yang mendasari mereka," ujarnya.

Ia menyatakan akan sulit menghapus terorisme selama akar pemicunya terus saja berkembang, apalagi ada paham di kalangan pelaku bahwa cara tersebut dipandang sebagai perbuatan jihad.

Terorisme sendiri muncul akibat ketimpangan kesejahteraan, iming-iming materi dan doktrinasi ajaran agama yang menyimpang untuk memuluskan keinginan aktor utamanya.

Ia berharap pemerintah ke depan bisa lebih merangkul MUI dan organisasi keagamaan di Indonesia untuk memberikan ajaran Islam yang kaffah dan benar. "Selama ini sudah berjalan hanya perlu lebih ditingkatkan dan diintensifkan," ujarnya.

Hal senada dikemukakan mantan Sekjen Dewan Masjid Indonesia, Drs Lukman Hakiem Hasibuan. Menurut Lukman selama ini banyak orang yang salah faham terhadap pesantren, karena memang tidak pernah berhubungan dengan pesantren. Di pesantren tidak ada pelajaran untuk membuat bom, ataupun melakukan tindakan teroris. Justru di pesantren yang dibangun adalah semangat kebersamaan, semangat persaudaraan, dan merasakan senasib sepenanggungan.

"Sebab, dalam situasi jauh dari orang tua maka yang harus dibangun adalah perasaan bersaudara," katanya.

"Sebab, dalam situasi jauh dari orang tua maka yang harus dibangun adalah perasaan bersaudara,"

Karena itulah begitu keluar dari pesantren, banyak para alumni pesantren yang jauh lebih mandiri, ketimbang orang-orang yang hidup dan belajar di luar pesantren.
"Salah besar kalau ada yang menganggap pesantren mengajarkan terorisme," ujarnya. (PurWD/voa-islam/HT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Ma'had Aly Baitul Qur'an Wonogiri

Menerima Pendaftaran Mahasantri Baru (Putra-Putri) Tahun Ajaran 2014/2015. Mencetak kader penerus ulama berstandar Hafidzul Quran yang berjiwa dai dan mujahid serta berakhlaq mulia.
http://www.voa-islam.com/ads/baitulquranwonogiri/

NABAWI HERBA Distributor & Supplier Herbal

Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk dari ratusan Produsen yang kami distribusikan
http://www.anekaobatherbal.com

19 Video Debat Islam-kristen

Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab ulama, serta nasyid walimah dan jihad. Kunjungi sekarang !
http://www.digitalhuda.com

Paket Umroh Ramadhan bersama Rabbani Tour

Mulai dari $1.650 paket umroh reguler. Paket Umroh Ramadhan (awal, Nuzululul Quran, dan Idul Fitri). Tersedia juga Umroh Plus Eropa, Cairo Mesir, Turki, Al-Aqsa, dan Dubai.
http://www.rabbanitour.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Anak Mujahid Mantan Penginjil Harus Operasi Usus Buntu, Butuh Dana 11 Juta. Ayo Bantu!!

Anak Mujahid Mantan Penginjil Harus Operasi Usus Buntu, Butuh Dana 11 Juta. Ayo Bantu!!

Perjalanan rohani Hidayatullah Ong Liong Ju dari penginjil Kristen menjadi aktivis Islam sungguh terjal. Kini ia mendapat ujian dengan musibah penyakit anaknya yang harus dioperasi...

IDC Akan Gelar Pelatihan Nasional Kedokteran Islami untuk Para Istri Mujahidin. Ayo Bantu!!

IDC Akan Gelar Pelatihan Nasional Kedokteran Islami untuk Para Istri Mujahidin. Ayo Bantu!!

Kerasnya ujian hidup tak melemahkan mental para istri mujahidin untuk mandiri dan berdakwah. IDC akan membekali mereka dengan skill Thibbun Nabawi, perlu dana Rp 35 Juta....

Balita Zulfa si Anak Mujahid Sudah Mulai Membaik, Tagihan Mencapai Rp 22 Juta

Balita Zulfa si Anak Mujahid Sudah Mulai Membaik, Tagihan Mencapai Rp 22 Juta

Setelah dirawat inap selama sepuluh hari, kondisi Zulfa sudah membaik. Tagihan yang sudah mencapai Rp 22 juta akan terus meroket, karena belum bisa dipastikan kapan diizinkan pulang....

Pengumuman: Perubahan PIN BBM IDC (Infaq Dakwah Center) yang Baru adalah 2AF8061E

Pengumuman: Perubahan PIN BBM IDC (Infaq Dakwah Center) yang Baru adalah 2AF8061E

Sehubungan dengan upgrade HP Blackberry admin Infaq Dakwah Center, maka dengan ini kami umumkan bahwa PIN BBM IDC yang baru adalah: 2AF8061E...

Ayahnya Diuji Penjara Thaghut, Balita Zulfa Kritis Akibat Infeksi Paru-paru. Ayo Bantu!!!

Ayahnya Diuji Penjara Thaghut, Balita Zulfa Kritis Akibat Infeksi Paru-paru. Ayo Bantu!!!

Saat sang abi menghadapi ujian penjara thaghut karena jihad fisabilillah, balita Zulfa Khanza Sabitah menghadapi ujian tak kalah hebatnya. Ia berjuang melawan masa kritis di rumah sakit....

Latest News




Must Read!
X