Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS

Doa Yesus Kristus dalam Injil Ternyata Ayat Palsu

Menanggapi Buku “Mantra Muhammad Yesus” (2):

Melalui buku “Mantra Sukses Muhammad dan Yesus Bagi Para Usahawan,” Dr Wang Xiang Jun berusaha mendamaikan umat Islam dan Kristen, agar stabilitas global bisa terjaga. Mulia sekali tujuan ini.

Untuk itu, dalam buku saku 74 halaman tersebut Xiang Jun mengajak umat Islam dan Kristen merenungkan dan mengamalkan petuah Nabi kedua agama yang tertuang dalam kitab suci. Kepada umat Islam, ia mengajak merenungkan nas-nas hadits Nabi. Sebaliknya, kepada umat Kristen ia mengajak untuk menyelami kedalaman makna ayat-ayat Injil dalam Bibel.

Pada halaman 14 dan 15 Xiang Jun menyejajarkan Al-Qur'an surat Al-Fatihah dengan Doa Bapa Kami dalam Injil Matius:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus,  (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat” (Qs Al-Fatihah 1-7).

“Bapa kami yang ada di Sorga, dikuduskanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di Sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya kerajaan, dan kuasa dan kemuliaan, selam-lamanya. Amin” (Matius 6:9-13).

Ia beranggapan bahwa surat Al-Fatihah adalah sabda Nabi Muhammad, sedangkan Doa Bapa Kami adalah Sabda Yesus. Kedua surat ini dikomentari sebagai berikut:

“Surat Al-Fatihah adalah doa yang diulang-ulang oleh umat Muslim yang taat setidaknya tujuh belas kali sehari selama lima kali doa wajib. Ini (Matius 6:9-13, pen.) adalah doa yang diajarkan Isa (Sang Mesias) kepada murid-muridnya. Doa ini kadang disebut Doa Bapak Kami (the Lord’s Prayer) atau Doa Keluarga (the Family Prayer).”

... Dr Wang Xiang Jun memamerkan kejahilannya terhadap agama, baik Islam maupun Kristen...

Lagi-lagi, Dr Wang Xiang Jun memamerkan kejahilannya terhadap agama, baik Islam maupun Kristen. Surat Al-Fatihah itu bukan sabda Nabi Muhammad, tapi Firman Allah Ta’ala. Jadi, salah alamat jika ia menyejajarkan Al-Fatihah dengan ayat Injil dengan tujuan menggali dan merenungi sabda Nabi Muhammad dan sabda Yesus.

Memang, setiap orang Kristen pasti mengenal Doa Bapa Kami dan menganggapnya sebagai pedoman doa yang diajarkan Yesus kepada murid-muridnya.

Padahal salah besar jika Doa Bapa Kami dalam Injil Matius 6:9-13 diklaim sebagai sabda Yesus. Karena hasil penelitian para sejarawan Bibel menyebutkan bahwa lima ayat Matius ini tidak pernah diucapkan oleh Yesus. A. Roy Eckardt, guru besar pada Pusat Pascasarjana Studi Ibrani Oxford, Inggris, meragukan otentisitas doa Bapa Kami sebagai ucapan Yesus:

“Waktu belakangan ini muncul keragu-raguan tentang keaslian dari Doa Bapa Kami ini. Mungkin cuma kata Bapa –kalau diterjemahkan sebagai Abba, sebagaimana di dalam Injil Lukas– yang dapat langsung dikaitkan dengan Yesus. Namun, sebetulnya kita telah mengetahui bahwa bentuk sapaan ‘Bapa Kami’ ditemukan dalam liturgi Farisi” (Reclaiming the Jesus of History: Christology Today, edisi Indonesia: Menggali Ulang Yesus Sejarah: Kristologi Masa Kini, hlm. 108).

Dalam catatan kakinya ditegaskan bahwa Doa Bapa Kami bukan berasal dari Yesus, tapi sebuah sisipan yang dimasukkan oleh para penulis Injil:

“Pada bulan Oktober 1988 sekelompok pakar Alkitab yang dikenal sebagai Jesus Seminar telah melihat bahwa doa ini tidak berasal dari Yesus, tetapi hasil usaha orang-orang Kristen perdana yang menggubah dan menyusunnya bertahun-tahun setelah penyaliban Yesus. Kelompok ini sepakat bahwa doa Bapa Kami ini berasal dari penulis Injil yang pada awal abad ke-20 yang diberi sebutan ”Q” (Gustav Niebuhr, The Jesus Seminar Courts Notoriety,  hlm. 1060-1061).”

Senada itu, Lynn Picknett & Clive Prince, peneliti dan pengajar bidang okultisme dan sejarah agama dari London, lebih tegas lagi menyatakan bahwa Doa Bapa Kami dalam Injil bukan ciptaan Yesus, tapi tiruan terhadap doa dari para penganut agama Mesir Kuno kepada Osiris-Amon, dewa Mesir Kuno:

"Sejak abad ke-19, pakar tentang Mesir yang amat kondang, Sir E.A. Wallis-Budge mencatat mengenai asal-usul bagian pembuka doa Bapa Kami, doa yang didaraskan oleh para penganut agama Mesir kuno kepada Osiris-Amon yang diawali dengan ungkapan "Amon, Amon yang ada di surga..." Jadi, tampak sangat jelas bahwa doa ini lebih tua berabad-abad daripada Yohanes Pembaptis dan Yesus; Nama "Tuhan" yang diseru dalam doa ini tidak mengacu kepada Yahwe atau yang kelak diyakini sebagai Putranya, Yesus. Kesimpulannya, doa Bapa Kami bukanlah ciptaan Yesus" (The Templar Relevation: Secret Guardians of the True Identity of Christ, edisi Indonesia: Para Pelindung Identitas Sejati Kristus, hl. 553).

...Doa Bapa Kami dalam Injil yang diklaim sebagai sabda Yesus, ternyata ayat sisipan (insersi) yang dilakukan oleh para penulis Injil, meniru tradisi agama Mesir kuno...

Dengan demikian, Xiang Jun untuk mengajak umat merenungkan petuah-petuah Yesus agak gagal total bila sumbernya adalah Injil dalam Bibel. Terbukti doa Bapa Kami yang diklaim sebagai sabda Yesus, ternyata ayat sisipan (insersi) yang dilakukan oleh para penulis Injil, meniru tradisi agama Mesir kuno kepada dewa Osiris-Amon.

PENGINJIL XIANG JUN BOHONG BESAR!!

Kesalahan serupa ini banyak dilakukan Xiang Jun, karena Alumnus Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethany Surabaya ini berpijak pada asumsi dasar yang salah kaprah. Ia berasumsi bahwa semua ayat Bibel adalah sabda Yesus Kristus. Ini jelas pandangan yang salah besar, dengan dua alasan.

Klaim Xiang Jun terhadap ayat-ayat Injil dalam Bibel sebagai sabda Yesus, adalah kebohongan besar. Karena para para pakar Bibel dari kalangan Kristen sendiri mengakui bahwa sebagian besar ayat-ayat Injil dalam Bibel itu bukan sabda Yesus.

...para profesor dan ilmuwan Kristen mengalkulasi bahwa ucapan dalam Injil yang diduga sebagai sabda Yesus hanya 18 persen...

Berdasarkan riset mendalam selama bertahun-tahun, para profesor dan ilmuwan Kristen yang tergabung dalam The Jesus Seminar berhasil mengalkulasi bahwa ucapan dalam Injil yang diduga sebagai sabda Yesus hanya 18 persen. Mereka menyimpulkan:

“Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken by him” (Robert W. Funk, Roy W Hoover, and The Jesus Seminar, The Five Gospels, What did Jesus Really Say?, hlm. 5). [Delapan puluh dua persen kalimat yang disebut-sebut sebagai ucapan Yesus dalam kitab-kitab Injil sebenarnya tidak pernah diucapkan oleh Yesus].

Data keempat Injil dalam Bibel adalah sebagai berikut: Injil Matius terdiri dari 1.071 ayat; Injil Markus terdiri dari 678 ayat; Injil Lukas terdiri dari 1.151 ayat; dan Injil Yohanes terdiri dari 879 ayat. Total seluruh ayat Injil adalah 3.779 ayat.

Dengan demikian, kalau mau menyandingkan sabda Yesus dalam Injil dengan sabda Nabi Muhammad, Xiang Jun terlebih dahulu harus bisa membuang 3.099 ayat (82%) yang sudah dipastikan bukan sabda Yesus. Ini adalah pekerjaan yang terlalu sulit untuk dilakukan oleh Xiang Jun. Bersambung [A. Ahmad Hizbullah MAG/Suara Islam]

ARTIKEL TERKAIT:

  1. Doa Yesus Kristus dalam Injil Ternyata Ayat Palsu
  2. Alkitab (Bibel) Tak Level dengan Hadits Dhaif

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Ma'had Aly Baitul Qur'an Wonogiri

Menerima Pendaftaran Mahasantri Baru (Putra-Putri) Tahun Ajaran 2014/2015. Mencetak kader penerus ulama berstandar Hafidzul Quran yang berjiwa dai dan mujahid serta berakhlaq mulia.
http://www.voa-islam.com/ads/baitulquranwonogiri/

NABAWI HERBA Distributor & Supplier Herbal

Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk dari ratusan Produsen yang kami distribusikan
http://www.anekaobatherbal.com

19 Video Debat Islam-kristen

Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab ulama, serta nasyid walimah dan jihad. Kunjungi sekarang !
http://www.digitalhuda.com

Paket Umroh Ramadhan bersama Rabbani Tour

Mulai dari $1.650 paket umroh reguler. Paket Umroh Ramadhan (awal, Nuzululul Quran, dan Idul Fitri). Tersedia juga Umroh Plus Eropa, Cairo Mesir, Turki, Al-Aqsa, dan Dubai.
http://www.rabbanitour.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Anak Mujahid Mantan Penginjil Harus Operasi Usus Buntu, Butuh Dana 11 Juta. Ayo Bantu!!

Anak Mujahid Mantan Penginjil Harus Operasi Usus Buntu, Butuh Dana 11 Juta. Ayo Bantu!!

Perjalanan rohani Hidayatullah Ong Liong Ju dari penginjil Kristen menjadi aktivis Islam sungguh terjal. Kini ia mendapat ujian dengan musibah penyakit anaknya yang harus dioperasi...

IDC Akan Gelar Pelatihan Nasional Kedokteran Islami untuk Para Istri Mujahidin. Ayo Bantu!!

IDC Akan Gelar Pelatihan Nasional Kedokteran Islami untuk Para Istri Mujahidin. Ayo Bantu!!

Kerasnya ujian hidup tak melemahkan mental para istri mujahidin untuk mandiri dan berdakwah. IDC akan membekali mereka dengan skill Thibbun Nabawi, perlu dana Rp 35 Juta....

Balita Zulfa si Anak Mujahid Sudah Mulai Membaik, Tagihan Mencapai Rp 22 Juta

Balita Zulfa si Anak Mujahid Sudah Mulai Membaik, Tagihan Mencapai Rp 22 Juta

Setelah dirawat inap selama sepuluh hari, kondisi Zulfa sudah membaik. Tagihan yang sudah mencapai Rp 22 juta akan terus meroket, karena belum bisa dipastikan kapan diizinkan pulang....

Pengumuman: Perubahan PIN BBM IDC (Infaq Dakwah Center) yang Baru adalah 2AF8061E

Pengumuman: Perubahan PIN BBM IDC (Infaq Dakwah Center) yang Baru adalah 2AF8061E

Sehubungan dengan upgrade HP Blackberry admin Infaq Dakwah Center, maka dengan ini kami umumkan bahwa PIN BBM IDC yang baru adalah: 2AF8061E...

Ayahnya Diuji Penjara Thaghut, Balita Zulfa Kritis Akibat Infeksi Paru-paru. Ayo Bantu!!!

Ayahnya Diuji Penjara Thaghut, Balita Zulfa Kritis Akibat Infeksi Paru-paru. Ayo Bantu!!!

Saat sang abi menghadapi ujian penjara thaghut karena jihad fisabilillah, balita Zulfa Khanza Sabitah menghadapi ujian tak kalah hebatnya. Ia berjuang melawan masa kritis di rumah sakit....

Latest News




Must Read!
X