Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
82.639 views

Doa Yesus Kristus dalam Injil Ternyata Ayat Palsu

Menanggapi Buku “Mantra Muhammad Yesus” (2):

Melalui buku “Mantra Sukses Muhammad dan Yesus Bagi Para Usahawan,” Dr Wang Xiang Jun berusaha mendamaikan umat Islam dan Kristen, agar stabilitas global bisa terjaga. Mulia sekali tujuan ini.

Untuk itu, dalam buku saku 74 halaman tersebut Xiang Jun mengajak umat Islam dan Kristen merenungkan dan mengamalkan petuah Nabi kedua agama yang tertuang dalam kitab suci. Kepada umat Islam, ia mengajak merenungkan nas-nas hadits Nabi. Sebaliknya, kepada umat Kristen ia mengajak untuk menyelami kedalaman makna ayat-ayat Injil dalam Bibel.

Pada halaman 14 dan 15 Xiang Jun menyejajarkan Al-Qur'an surat Al-Fatihah dengan Doa Bapa Kami dalam Injil Matius:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus,  (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat” (Qs Al-Fatihah 1-7).

“Bapa kami yang ada di Sorga, dikuduskanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di Sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya kerajaan, dan kuasa dan kemuliaan, selam-lamanya. Amin” (Matius 6:9-13).

Ia beranggapan bahwa surat Al-Fatihah adalah sabda Nabi Muhammad, sedangkan Doa Bapa Kami adalah Sabda Yesus. Kedua surat ini dikomentari sebagai berikut:

“Surat Al-Fatihah adalah doa yang diulang-ulang oleh umat Muslim yang taat setidaknya tujuh belas kali sehari selama lima kali doa wajib. Ini (Matius 6:9-13, pen.) adalah doa yang diajarkan Isa (Sang Mesias) kepada murid-muridnya. Doa ini kadang disebut Doa Bapak Kami (the Lord’s Prayer) atau Doa Keluarga (the Family Prayer).”

... Dr Wang Xiang Jun memamerkan kejahilannya terhadap agama, baik Islam maupun Kristen...

Lagi-lagi, Dr Wang Xiang Jun memamerkan kejahilannya terhadap agama, baik Islam maupun Kristen. Surat Al-Fatihah itu bukan sabda Nabi Muhammad, tapi Firman Allah Ta’ala. Jadi, salah alamat jika ia menyejajarkan Al-Fatihah dengan ayat Injil dengan tujuan menggali dan merenungi sabda Nabi Muhammad dan sabda Yesus.

Memang, setiap orang Kristen pasti mengenal Doa Bapa Kami dan menganggapnya sebagai pedoman doa yang diajarkan Yesus kepada murid-muridnya.

Padahal salah besar jika Doa Bapa Kami dalam Injil Matius 6:9-13 diklaim sebagai sabda Yesus. Karena hasil penelitian para sejarawan Bibel menyebutkan bahwa lima ayat Matius ini tidak pernah diucapkan oleh Yesus. A. Roy Eckardt, guru besar pada Pusat Pascasarjana Studi Ibrani Oxford, Inggris, meragukan otentisitas doa Bapa Kami sebagai ucapan Yesus:

“Waktu belakangan ini muncul keragu-raguan tentang keaslian dari Doa Bapa Kami ini. Mungkin cuma kata Bapa –kalau diterjemahkan sebagai Abba, sebagaimana di dalam Injil Lukas– yang dapat langsung dikaitkan dengan Yesus. Namun, sebetulnya kita telah mengetahui bahwa bentuk sapaan ‘Bapa Kami’ ditemukan dalam liturgi Farisi” (Reclaiming the Jesus of History: Christology Today, edisi Indonesia: Menggali Ulang Yesus Sejarah: Kristologi Masa Kini, hlm. 108).

Dalam catatan kakinya ditegaskan bahwa Doa Bapa Kami bukan berasal dari Yesus, tapi sebuah sisipan yang dimasukkan oleh para penulis Injil:

“Pada bulan Oktober 1988 sekelompok pakar Alkitab yang dikenal sebagai Jesus Seminar telah melihat bahwa doa ini tidak berasal dari Yesus, tetapi hasil usaha orang-orang Kristen perdana yang menggubah dan menyusunnya bertahun-tahun setelah penyaliban Yesus. Kelompok ini sepakat bahwa doa Bapa Kami ini berasal dari penulis Injil yang pada awal abad ke-20 yang diberi sebutan ”Q” (Gustav Niebuhr, The Jesus Seminar Courts Notoriety,  hlm. 1060-1061).”

Senada itu, Lynn Picknett & Clive Prince, peneliti dan pengajar bidang okultisme dan sejarah agama dari London, lebih tegas lagi menyatakan bahwa Doa Bapa Kami dalam Injil bukan ciptaan Yesus, tapi tiruan terhadap doa dari para penganut agama Mesir Kuno kepada Osiris-Amon, dewa Mesir Kuno:

"Sejak abad ke-19, pakar tentang Mesir yang amat kondang, Sir E.A. Wallis-Budge mencatat mengenai asal-usul bagian pembuka doa Bapa Kami, doa yang didaraskan oleh para penganut agama Mesir kuno kepada Osiris-Amon yang diawali dengan ungkapan "Amon, Amon yang ada di surga..." Jadi, tampak sangat jelas bahwa doa ini lebih tua berabad-abad daripada Yohanes Pembaptis dan Yesus; Nama "Tuhan" yang diseru dalam doa ini tidak mengacu kepada Yahwe atau yang kelak diyakini sebagai Putranya, Yesus. Kesimpulannya, doa Bapa Kami bukanlah ciptaan Yesus" (The Templar Relevation: Secret Guardians of the True Identity of Christ, edisi Indonesia: Para Pelindung Identitas Sejati Kristus, hl. 553).

...Doa Bapa Kami dalam Injil yang diklaim sebagai sabda Yesus, ternyata ayat sisipan (insersi) yang dilakukan oleh para penulis Injil, meniru tradisi agama Mesir kuno...

Dengan demikian, Xiang Jun untuk mengajak umat merenungkan petuah-petuah Yesus agak gagal total bila sumbernya adalah Injil dalam Bibel. Terbukti doa Bapa Kami yang diklaim sebagai sabda Yesus, ternyata ayat sisipan (insersi) yang dilakukan oleh para penulis Injil, meniru tradisi agama Mesir kuno kepada dewa Osiris-Amon.

PENGINJIL XIANG JUN BOHONG BESAR!!

Kesalahan serupa ini banyak dilakukan Xiang Jun, karena Alumnus Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethany Surabaya ini berpijak pada asumsi dasar yang salah kaprah. Ia berasumsi bahwa semua ayat Bibel adalah sabda Yesus Kristus. Ini jelas pandangan yang salah besar, dengan dua alasan.

Klaim Xiang Jun terhadap ayat-ayat Injil dalam Bibel sebagai sabda Yesus, adalah kebohongan besar. Karena para para pakar Bibel dari kalangan Kristen sendiri mengakui bahwa sebagian besar ayat-ayat Injil dalam Bibel itu bukan sabda Yesus.

...para profesor dan ilmuwan Kristen mengalkulasi bahwa ucapan dalam Injil yang diduga sebagai sabda Yesus hanya 18 persen...

Berdasarkan riset mendalam selama bertahun-tahun, para profesor dan ilmuwan Kristen yang tergabung dalam The Jesus Seminar berhasil mengalkulasi bahwa ucapan dalam Injil yang diduga sebagai sabda Yesus hanya 18 persen. Mereka menyimpulkan:

“Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken by him” (Robert W. Funk, Roy W Hoover, and The Jesus Seminar, The Five Gospels, What did Jesus Really Say?, hlm. 5). [Delapan puluh dua persen kalimat yang disebut-sebut sebagai ucapan Yesus dalam kitab-kitab Injil sebenarnya tidak pernah diucapkan oleh Yesus].

Data keempat Injil dalam Bibel adalah sebagai berikut: Injil Matius terdiri dari 1.071 ayat; Injil Markus terdiri dari 678 ayat; Injil Lukas terdiri dari 1.151 ayat; dan Injil Yohanes terdiri dari 879 ayat. Total seluruh ayat Injil adalah 3.779 ayat.

Dengan demikian, kalau mau menyandingkan sabda Yesus dalam Injil dengan sabda Nabi Muhammad, Xiang Jun terlebih dahulu harus bisa membuang 3.099 ayat (82%) yang sudah dipastikan bukan sabda Yesus. Ini adalah pekerjaan yang terlalu sulit untuk dilakukan oleh Xiang Jun. Bersambung [A. Ahmad Hizbullah MAG/Suara Islam]

ARTIKEL TERKAIT:

  1. Doa Yesus Kristus dalam Injil Ternyata Ayat Palsu
  2. Alkitab (Bibel) Tak Level dengan Hadits Dhaif

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA Distributor & Supplier Herbal

Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60% Pembelian bisa campur produk >1.600 jenis produk dari ratusan Produsen yang kami distribusikan
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Masya Allah!!! Fatir Terlahir tanpa Tempurung Kepala, Hidung dan Otak. Ayo Bantu!!

Masya Allah!!! Fatir Terlahir tanpa Tempurung Kepala, Hidung dan Otak. Ayo Bantu!!

Dalam usia dua tahun, bayi ini harus berjuang hidup dengan kesulitan yang mahaberat. Ia terlahir tanpa tempurung kepala, otak sempurnya, hidung dan tangan...

Sakit Demam Berdarah, Zulqarnain Anak Mujahid Dirawat Inap. Ayo Bantu..!!

Sakit Demam Berdarah, Zulqarnain Anak Mujahid Dirawat Inap. Ayo Bantu..!!

Bukan kepalang repotnya Ummu Abdullah saat putra sulungnya dirawat inap karena sakit demam berdarah. Tanpa didampingi sang suami, ia juga harus merawat dua balita lainnya....

Ditangani Relawan IDC, Preman Pelabuhan Bertaubat Sebelum Ajalnya. Ayo Bantu Anak Yatimnya!!

Ditangani Relawan IDC, Preman Pelabuhan Bertaubat Sebelum Ajalnya. Ayo Bantu Anak Yatimnya!!

Preman Leo menghabiskan hidupnya dalam kerasnya kehidupan dan gelapnya kehidupan malam. Dengan dakwah Relawan IDC, ia bertaubat dan banyak beristigfar menjelang ajal, meninggalkan dua anak yatim....

Anak-anak Mujahid Butuh Biaya 56 Juta Rupiah untuk Masuk Sekolah dan Pesantren. Ayo Bantu!!

Anak-anak Mujahid Butuh Biaya 56 Juta Rupiah untuk Masuk Sekolah dan Pesantren. Ayo Bantu!!

Menjelang tahun ajaran baru 2016-2017, IDC menerima order 56 juta rupiah untuk masuk sekolah dan pesantren, jadi tanggungjawab kaum muslimin....

Infaq Cerdas (Beasiswa Yatim & Dhuafa): Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Infaq Cerdas (Beasiswa Yatim & Dhuafa): Mari Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Dalam harta kita ada hak orang lain. Salurkan zakat, infaq dan sedekah dalam program Infaq Cerdas untuk beasiswa Yatim & Dhuafa. Senyum mereka adalah masa depan kita di akhirat....

Latest News
Berdakwah di Pelosok, 68 Mahasiswa STID Kekurangan Dana

Berdakwah di Pelosok, 68 Mahasiswa STID Kekurangan Dana

Sabtu, 28 May 2016 02:06

Struktur Mati, tapi Ideologi Hidup adalah Keyakinan PKI untuk Bangkit di Indonesia

Struktur Mati, tapi Ideologi Hidup adalah Keyakinan PKI untuk Bangkit di Indonesia

Jum'at, 27 May 2016 23:39

Sambut Muktamar III, Pekan Ini Wahdah Islamiyah Gelar Tabligh Akbar di 18 Kota

Sambut Muktamar III, Pekan Ini Wahdah Islamiyah Gelar Tabligh Akbar di 18 Kota

Jum'at, 27 May 2016 22:17

Identik dengan Nama Hindu,  Aktor Teuku Wisnu Ganti Nama

Identik dengan Nama Hindu, Aktor Teuku Wisnu Ganti Nama

Jum'at, 27 May 2016 21:59

Rencana Pemerintah Minta Maaf kepada PKI Bermula dari Simposium

Rencana Pemerintah Minta Maaf kepada PKI Bermula dari Simposium

Jum'at, 27 May 2016 21:39

Turki Kecam Kemunafikan AS Karena Mendukung Kelompok Teror YPG Kurdi

Turki Kecam Kemunafikan AS Karena Mendukung Kelompok Teror YPG Kurdi

Jum'at, 27 May 2016 21:15

Selama Ramadhan, 68 Mahasiswa STID Mohammad Natsir Akan Berdakwah di Pelosok

Selama Ramadhan, 68 Mahasiswa STID Mohammad Natsir Akan Berdakwah di Pelosok

Jum'at, 27 May 2016 20:18

Salah Satu Kelicikan PKI: Menyelinap Atas Nama Rakyat di Desa-desa

Salah Satu Kelicikan PKI: Menyelinap Atas Nama Rakyat di Desa-desa

Jum'at, 27 May 2016 19:39

Mahasiswa Medan Ikuti Diskusi Jurnalistik Kemanusiaan dan Dakwah

Mahasiswa Medan Ikuti Diskusi Jurnalistik Kemanusiaan dan Dakwah

Jum'at, 27 May 2016 19:17

Benarkah Ada Belasan Juta Kader PKI di Indonesia yang Siap Kudeta?

Benarkah Ada Belasan Juta Kader PKI di Indonesia yang Siap Kudeta?

Jum'at, 27 May 2016 17:39

GARDAH: Yang Kosongkan KTP Bukan Hanya Penganut Sunda Wiwitan Saja

GARDAH: Yang Kosongkan KTP Bukan Hanya Penganut Sunda Wiwitan Saja

Jum'at, 27 May 2016 15:36

Senator AS Sebut Pakistan Mitra Terpercaya Teroris, Bukan Amerika Serikat

Senator AS Sebut Pakistan Mitra Terpercaya Teroris, Bukan Amerika Serikat

Jum'at, 27 May 2016 15:30

Setara Institute: 58 Persen Siswa SMA Inginkan Hukum Agama di Setiap Aspek Kehidupan

Setara Institute: 58 Persen Siswa SMA Inginkan Hukum Agama di Setiap Aspek Kehidupan

Jum'at, 27 May 2016 14:27

Senator Partai Republik AS Usulkan UU Pemindahan Tahanan Islamic State (IS) ke Guantanamo

Senator Partai Republik AS Usulkan UU Pemindahan Tahanan Islamic State (IS) ke Guantanamo

Jum'at, 27 May 2016 12:30

Gagas Nobar Film MARS, KOPFI Bali Himpun Dana untuk Aleppo

Gagas Nobar Film MARS, KOPFI Bali Himpun Dana untuk Aleppo

Jum'at, 27 May 2016 12:22

Syariat Islam Solusi Tuntas Membasmi Kejahatan Seksual

Syariat Islam Solusi Tuntas Membasmi Kejahatan Seksual

Jum'at, 27 May 2016 12:17

Bangun Kebanggaan Terhadap Islam, MHTI Ciomas Gelar Dialog Interaktif Remaja

Bangun Kebanggaan Terhadap Islam, MHTI Ciomas Gelar Dialog Interaktif Remaja

Jum'at, 27 May 2016 11:00

Masya Allah!!! Fatir Terlahir tanpa Tempurung Kepala, Hidung dan Otak. Ayo Bantu!!

Masya Allah!!! Fatir Terlahir tanpa Tempurung Kepala, Hidung dan Otak. Ayo Bantu!!

Jum'at, 27 May 2016 10:59

Janganlah Engkau Berputus Asa Mendapatkan Cinta yang Saleh

Janganlah Engkau Berputus Asa Mendapatkan Cinta yang Saleh

Jum'at, 27 May 2016 10:20

Ormas Islam Dukung Rd. Djaka Melawan Sunda Wiwitan

Ormas Islam Dukung Rd. Djaka Melawan Sunda Wiwitan

Jum'at, 27 May 2016 10:15


Must Read!
X