Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.955 views

Jalan Terjal Menuju Rohingya

Hari Jumat (08/09/17) ini permasalahan Rohingya kian memprihatinkan. Bukan karena tekanan militer Myanmar. Kali ini justru dari pihak kepolisian Indonesia.

Perjalanan bantuan ke Rohingya memang tidak semudah yang dibayangkan.

Ribuan ummat Islam dari berbagai wilayah yang akan berkumpul di Masjid An-Nur Mungkid, Magelang dengan membawa bantuan dana, doa dan dukungan mendapati banyak rintangan.

Mulai dari tekanan sejak sebelum keberangkatan hingga di tengah perjalanan menjumpai berbagai hambatan.

Sejak Kamis (07/09/17) malam ummat Islam yang bergerak dari Lamongan dihadang oleh pihak kepolisian sebelum masuk perbatasan Jawa Tengah. Pagi harinya menyusul rombongan Dewan Syariah Kota Surakarta dan ratusan simpatisan lain yang dihadang di daerah Penggung Klaten.

Kabar terus berdatangan, di daerah Boyolali pun ratusan motor dicegah untuk menghadiri aksi damai di Magelang.

Dari arah Jogja, penjagaan diperketat di daerah Tempel Sleman. Ribuan ummat Islam tertahan disana. Termasuk yang mencari jalan alternatif melalui Kalibawang tidak bisa melintas menuju ke Magelang. 

Beberapa peserta aksi yang berhasil lolos mendekat ke Magelang ternyata masih mengalami berbagai kesulitan. Bahkan banyak peserta aksi mengatakan bahwa penjagaan polisi lebih ketat dibanding aksi 212 lalu.

Dari beberapa peserta yang saya jumpai, di antaranya bercerita kalau dirinya harus menyeberangi sungai menggunakan sepeda motor, melewati jalan setapak untuk menghindari polisi. Peserta dari Sragen pun kabarnya harus bersandiwara turun dari bus pariwisata yang disewa dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus angkutan penumpang untuk mengelabuhi polisi.

Di Magelang arah dari Jogja penjagaan telah diperketat dari jalur Muntilan ke arah jembatan Srowol, kemudian jalur Batikan ke arah Pondok Pabelan, Palbapang ke arah Mendut, termasuk Blabak ke arah Rambianak.

Begitupun dari arah Semarang penjagaan dimulai dari komplek Armada Mertoyudan, Japunan ke arah Sraten, dan pertigaan Blondo.

Beberapa celah masih bisa dilewati dari arah Purworejo terutama jalur Tanjung menuju Kalinegoro, namun ketika mendekat ke arah Sawitan jalur dialihkan ke masjid Hubbul Wathon (masjid kuning). Dari arah Palbapang yang berhasil lolos dari pemeriksaan polisi hanya diperbolehkan lewat sampai sekitar Taman Rekreasi dan Kolam Renang Mendut.

Titik parkir terdekat ke lokasi aksi berjarak sekitar 1 km dan ummat Islam yang berhasil lolos ke lokasi aksi hanya berjumlah ribuan, lebih banyak yang terkatung-katung di jalanan dengan membawa berbagai bekal bantuan dan doa.

Jumlah ini masih jauh dari target yang dicanangkan sekitar 1 juta ummat Islam.

Walau bagaimanapun aksi ini harus disyukuri karena berjalan dengan damai, dan dana yang terkumpul pun kabarnya lebih dari 200 juta rupiah.

Perjuangan ini tentu belumlah seberapa dibanding penderitaan yang dirasakan ummat Islam di Rohingya.

Semoga segala yang berpartisipasi dalam aksi mendapat ridha dan pahala besar dari Allah. Amiin. [PurWD/voa-islam.com]

Rafiq Jauhary

Peserta aksi dari Magelang

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X