Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.042 views

Jaminan Fasilitas Pendidikan yang Dirindukan

Oleh: Titien Nusair, S.Pd (Guru SMA Swasta di Kabupaten Banjar) 

Setelah 3 tahun mengenyam bangku sekolah menengah, ujian akhir menjadi hal yang rutin dilakukan. Sebagai evaluasi belajar selama 3 tahun dan penentu nilai akhir siswa. Namun ada yang berbeda di tahun ini, seluruh SMA diwajibkan melaksanakan UNBK.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah sistem baru yang telah diuji coba lewat instruksi pemerintah sejak dua tahun belakangan. Tahun depan (2018) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Muhadjir Effendi menargetkan seluruh siswa SMA dan SMK di Indonesia akan memakai sistem tersebut.

"Untuk jenjang SMA, SMK dan sederajat seluruhnya harus sudah siap dengan penerapan UNBK. Sedangkan untuk jenjang SMP, MTs dan sederajat ditargetkan 80 persen sudah menerapkan UNBK," kata Muhadjir di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017) kepada media Antara.

Terbayang bagaimana persiapan dan fasilitas yang harus disediakan. Sekolah diberikan pilihan untuk melaksanakan sendiri atau ikut sekolah lain. Jika pelaksanaan secara mandiri, maka di sekolah minimal menyediakan 2 unit komputer utama untuk server dan 20 unit komputer atau laptop untuk siswa mengerjakan ujian.

Himbauan untuk pelaksanaan UNBK ini sudah sejak beberapa tahun sebelumnya. Namun masih banyak sekolah yang belum siap melaksanakan karena terkendala dana dan minimnya fasilitas.

Terjaminnya integritas ujian dan kejujuran siswa diharapkan lebih tinggi dengan pelaksanaan UNBK. UNBK sepatutnya dijadikan role model bagi sistem ujian dengan perkembangan teknologi yang pesat. Segala nilai positif berkenaan dengan biaya, efisiensi waktu, serta dugaan tingkat kejujuran yang tinggi, sepatutnya terbukti di bulan April mendatang. “Dengan adanya UNBK ini, daerah akan dapat mempertahankan integritas kejujuran yang memang diakui tinggi,” ujar Suhartati, Kepala Bagian Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Yogyakarta (wargajogja.net, 20/4/2017)

Namun nampaknya kesiapan setiap sekolah tidak benar-benar menjadi prioritas utama pemerintah. Berkaca pada tahun lalu, dikutip oleh media online koran-jakarta.com, terdapat 383 laporan yang berisi pengaduan mewarnai pelaksanaan UNBK SMK hari pertama. Sebagian besar mengeluhkan belum siapnya infrastruktur, mulai dari kendala listrik sampai jaringan. “Dominan masalah di infrastruktur sekolah. Ada mati lampu, tapi ada genset,’’ kata Kepala Badan Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ari Santoso.

Pendidikan merupakan kebutuhan utama yang seharusnya dirasakan oleh semua pihak. Kemajuan suatu bangsa dilihat dari pendidikan dan output sumber daya manusianya. Oleh karena itu, negara wajib menyediakan pendidikan yang dapat dijangkau oleh semua pihak dengan fasilitas yang berkualitas dan merata di seluruh wilayah.

Saat ini, untuk mendapat fasilitas pendidikan yang berkualitas, setiap orang tua harus membayar mahal dan berkompetisi dengan yang lain. Jika tidak ada biaya masuk sekolah swasta yang berkualitas atau kalah dalam kompetisi mendaftar di sekolah negeri, maka pupuslah harapan tersebut.

Setiap sekolah dibiarkan mencari dana dan solusi sendiri dalam pelaksanaan UNBK ini. Kalaupun ada bantuan dana, maka dana ini pun harus berbagi dengan kebutuhan sekolah lain. Sehingga tidak mencukupi untuk membeli sekian komputer dan perangkat UNBK lain sesuai jumlah siswa. Bahkan karena minimnya dana, salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kecamatan Astambul, kabupaten Banjar terpaksa memungut uang sumbangan dari orang tua siswa, untuk pembelian 10 unit laptop. Seperti yang dilansir oleh tribunnews.com (29/11/2017).

Mengapa hal ini bisa terjadi? Negara kita kaya akan sumber daya alam, namun untuk meraih pendidikan yang murah dan berkualitas, seperti jauh panggang dari api. Hal tersebut karena diterapkannya sistem sekulerisme dan neoliberalisme, yang menyebabkan negara tidak campur tangan langsung dalam memberikan fasilitas pendidikan secara layak dan merata. Negara hanya menjadi fasilitator, sementara sekolah dibiarkan mencari dana sendiri, baik dengan membuka usaha, dibiayai yayasan sampai memungut sumbangan dari siswa.

Penyelenggaraan fasilitas pendidikan dalam sistem saat ini sangat berbeda dengan Islam. Di dalam Islam, negara wajib menyediakan pendidikan yang murah bahkan gratis. Ditambah fasilitas pendidikan yang tiada banding. Islam mendorong dengan tegas setiap warga untuk menuntut ilmu sebagai aktivitas ibadah yang akan meninggikan derajat manusia dalam kehidupan dunia dan akhirat. Sebagaimana firman Allah : “Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang telah diberi ilmu.”(QS.Al-Mujadillah:11).

Dalam Hadits Riwayat Qais bin Katsir dikatakan, “Dan keutamaan orang yang berilmu atas orang yang beriman adalah seperti keunggulan bulan atas seluruh benda langit. Sungguh, para ulama adalah pewaris para Nabi, dan para Nabi tidak meninggalkan dinar atau dirham. Satu-satunya warisan para ulama adalah pengetahuan, sehingga siapapun yang mengambil hal itu, maka sungguh dia telah mengambil bagian yang paling cerdas.” Demikianlah kedudukan ilmu dan pendidikan di dalam Islam.

Selain itu, fasilitas pendidikan sangat diutamakan oleh negara. Seperti yang terjadi di masa Rasulullah saw., ditetapkan suatu kebijakan berupa penebusan bagi tahanan di Perang Badar untuk mengajar sepuluh orang Muslim membaca dan menulis. Rasulullah saw. sebagai kepala negara pernah mengirimkan tenaga pendidik untuk mengajarkan Islam kepada masyarakat. Pada saat yang sama, Nabi juga mengizinkan kaum muslim satu dengan yang lain saling belajar dan mengajar.

Dalam sirah Nabi saw. dan tarikh Daulah Khilafah Islam (Al Baghdadi, 1996) disebutkan bahwa negara memberikan jaminan pendidikan secara gratis dan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh warga negara untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan fasilitas yang disediakan negara. Kesejahteraan dan gaji para pendidik sangat diperhatikan dan merupakan beban negara yang diambil dari kas baitul maal (kas negara). Sistem pendidikan bebas biaya tersebut berdasarkan ijma’ shahabat yang memberi gaji kepada para pendidik dari baitul maal dengan jumlah tertentu.

Contoh praktisnya adalah Madrasah Al-Muntashiriah yang didirikan Khalifah Al-Muntahsir di kota Baghdad. Pada Sekolah ini setiap siswa menerima beasiswa berupa emas seharga satu dinar. Kehidupan keseharian mereka dijamin sepenuhnya oleh negara. Fasilitas sekolah disediakan, seperti perpustakaan beserta isinya, rumah sakit, dan pemandian.

Begitu pula dengan Madrasah An-Nuriah di Damaskus yang didirikan pada abad keenam hijriyah oleh Khalifah Sultan Nuruddin Muhammad Zanky. Di sekolah ini terdapat fasilitas lain seperti asrama siswa, perumahan staf pengajar, tempat peristirahatan, para pelayan serta ruangan besar untuk ceramah dan diskusi.

Jika dalam islam, siswa mendapat fasilitas sedemikian banyak dan berkualitas, maka apa lagi hanya sekedar seperangkat komputer untuk menunjang pembelajaran dan ujian akhir, tentu itu bukanlah hal yang sulit bagi negara.

Begitu besar perhatian negara dalam sistem islam terhadap fasilitas pendidikan. Kita merindukan zaman yang begitu memuliakan dan memprioritaskan pendidikan, yaitu kembalinya masa kejayaan islam.

Saatnya kita kembali kepada islam sebagai satu-satunya solusi dalam setiap permasalahan kehidupan, khususnya dalam bidang pendidikan. Wallahu a'lam bish shawwab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?