Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.187 views

Kata Siapa Khilafah Tak Cocok Diterapkan?

Oleh: Winda Sari (Mahasiswi)

Bagai matahari terbit yang tak bisa dihalangi kedatangannya, mungkin itu salah satu kiasan yang sering diucapkan oleh para pejuang syariah dan khilafah akan kebangkitan Islam yang kedua dan tegaknya khilafah ala mihanj an nubuwwah di muka bumi ini.

Khilafah adalah ajaran Islam. Memperjuangkan tegaknya khilafah merupakan sebagian dari iman. Memang, kata khilafah tidak tercantum dalam rukun iman, tetapi jika kita pahami betul rukun iman itu, untuk bisa menggapai kesempurnaan iman yang ada pada rukun iman maka tidak bisa dilakukan secara individu atau kelompok tertentu.

Benteng keimanan kuncinya ada dalam pembinaan. Pembinaan yang dilakukan oleh Negara. Bukan Negara biasa, tetapi Negara dengan kesempurnaan hukum dan aturan karena hukum dan aturan yang diterapkan langsung bersumber dari Allah dan Rasul Nya. Dan Negara itu tidak lain dan tidak bukan ialah Khilafah Islamiyah, Khilafah ala minhaj an nubuwwah.

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Begitulah arti dari QS. Al Anbiya’ ayat 107. Islam datang untuk membawa rahmat bagi seluruh alam. Dengan demikian, rahmat Islam bagi seluruh alam akan tercapai dengan kesempurnaan iman apabila Syariah Islam diterapkan dalam kehidupan, yakni di bawah naungan Khilafah Islamiyah.

Dulu, Islam pernah berada dalam puncak kejayaan, kurang lebihnya selama 14 abad lamanya. Waktu yang tidak singkat. Akan tetapi setelah itu Islam runtuh karena perpecahan dan mulai masuknya pemikiran sekular di kalangan kaum muslim.

Dulu, sewaktu Islam berada dalam puncak kejayaan dengan wilayah kekuasaan Khilafah yaitu 2/3 dunia. Bukan hanya kaum muslim yang tinggal dalam naungan Khilafah, ada non muslim juga. Mereka, kaum muslim dan non muslim, hidup berdampingan. Tidak ada adu domba atau saling menjatuhkan antar umat beragama. Justru di bawah naungan Khilafah, umat bersatu dan tunduk pada Negara.

Sewaktu Khilafah dahulu masih berjaya, tidak pernah terdengar kabar istilah Khilafah anti keberagaman atau Khilafah tak cocok untuk keberagaman karena Islam memuliakan kaum muslim dan menghormati non muslim. Jika dulu ada wilayah yang belum terjamah oleh Islam, penduduk di wilayah tersebut justru ingin wilayahnya itu ditaklukan oleh Islam sehingga mereka bisa hidup dalam naungan Islam. Banyak yang berebut ingin hidup dalam naungan Khilafah.

Lalu, bagaimana dengan kondisi Islam saat ini? Apakah umat rindu akan Khilafah? Apakah umat rindu akan kebangkitan Islam? Mari simak baik-baik beberapa statement berikut ini.

Dilansir dari media milik salah satu organisasi besar Islam di Indonesia, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amin Mudzakkir mengatakan, konservatisme Islam dalam jangka panjang mengancam keberagaman di Indonesia. Hal itu terjadi karena konservatisme Islam menjadi salah satu faktor yang mengarah pada radikalisme. Kelompok yang dalam pemahaman keagamaannya radikal, di antaranya sering mengampanyekan pembentukan negara agama dengan menjalankan formalisasi hukum agama Islam. 

Dari pernyataan di atas sudah terlihat sangat jelas bahwa ada yang menganggap bahwa Islam itu berbahaya, utamanya bagi keberagaman. Mereka yang berkata demikian menganggap bahwa Islam dan pemeluknya yang sangat gigih memperjuangkan Islam itu radikal dan membahayakan bagi Negara.

Jika ditinjau lagi dari sejarah bagaimana dulu Khilafah membina umat dengan menggunakan sistem Islam. Sewaktu Khilafah masih berjaya, di dalamnya juga ada keberagaman. Banyak suku, ras, dan agama tetapi mereka hidup aman-aman saja, tidak ada yang mengatakan bahwa Islam itu radikal dan kelompok yang ingin Negara Islam itu berbahaya. Tidak seperti sekarang yang banyak berpikir salah mengenai Islam. Menganggap Islam itu membahayakan, utamanya bagi pemeluk Islam yang menginginkan tegaknya syariah dan khilafah.

Syariah dan khilafah itu dua hal yang tidak dapat dipisahkan, di mana ketika syariah Islam itu diterapkan maka harus ada yang mendekap syariah Islam tersebut dan institusi yang dapat mendekap syariah Islam itu ialah Khilafah Islamiyah. Memang seperti itu, apabila Khilafah tegak secara otomatis penerapan syariah Islam akan terlaksana.

Dalam sistem khilafah, tidak ada yang tidak mendapat keadilan. Semua umat yang berada di bawah naungan khilafah pasti akan mendapat jaminan keamanan dan keadilan, hal ini berlaku juga bagi non muslim.

Syariah Islam yang dalam penerapannya di bawah nanungan Khilafah berlaku adil bagi semua kaum. Khilafah tidak akan seburuk atau sebahaya yang dipikirkan kebanyakan orang saat ini. orang-orang saat ini menganggap bahwa Khilafah itu anti keberagaman, terlebih lagi di Indonesia.

Indonesia Negara yang kaya akan keberagaman tidak cocok dengan Khilafah karena Khilafah identik dengan Islam. Itu sangat salah, justru dengan adanya keberagman itu umat diperintahkan untuk saling mengenal dan bersatu. Bersatu bukan berarti menolak syariah dan menuhankan kebhinekaan. Bersatu dalam artian yakin bahwa Khilafah itu menaungi keberagaman.

Khilafah tidak kejam, Khilafah tidak anti keberagaman, justru dengan adanya Khilafah, keberagaman akan terjaga karena memang dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwasannya manusia diciptakan berbangsa-bangsa, bersuku-suku agar saling mengenal. Disini yang dimaksud berbangsa-bangsa adalah bukan terpecah seperti sekarang, tetapi tetap satu di bawah kekhilafahan.

Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki? dan siapakah yang lebih baik hukumnya daripada Allah bagi orang-orang yang yakin? (Al Maidah ayat 50). [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Komitmen Prabowo-Sandi Hapus UN

Komitmen Prabowo-Sandi Hapus UN

Senin, 18 Mar 2019 19:27

Janji Ma’ruf seperti Janji Manis Jokowi

Janji Ma’ruf seperti Janji Manis Jokowi

Senin, 18 Mar 2019 17:27

Free Konsultasi Quantum Healing, Sel Penyakit Pun Bunuh Diri

Free Konsultasi Quantum Healing, Sel Penyakit Pun Bunuh Diri

Senin, 18 Mar 2019 17:00

Jihadis Terkait Al-Qaidah Kuasai Pangkalan Militer Mali di Kota Dioura

Jihadis Terkait Al-Qaidah Kuasai Pangkalan Militer Mali di Kota Dioura

Senin, 18 Mar 2019 16:45

Satu Kartu (KTP) untuk Semua

Satu Kartu (KTP) untuk Semua

Senin, 18 Mar 2019 15:27

Polisi Australia Geledah 2 Rumah yang Terkait dengan Teroris Pembantai Muslim di Selandia Baru

Polisi Australia Geledah 2 Rumah yang Terkait dengan Teroris Pembantai Muslim di Selandia Baru

Senin, 18 Mar 2019 15:15

Masya Allah, Ini 10 Manfaat Ajaib 'Quranic Quantum Healing', Tanpa Obat, Operasi, Jin dan Dukun!

Masya Allah, Ini 10 Manfaat Ajaib 'Quranic Quantum Healing', Tanpa Obat, Operasi, Jin dan Dukun!

Senin, 18 Mar 2019 13:53

Mau Sehat ? Baca terus Al Quran, Sel Kanker pun Bunuh Diri

Mau Sehat ? Baca terus Al Quran, Sel Kanker pun Bunuh Diri

Senin, 18 Mar 2019 13:00

Gagalnya Perempuan sebagai Ibu, Apakah Penyebabnya?

Gagalnya Perempuan sebagai Ibu, Apakah Penyebabnya?

Senin, 18 Mar 2019 12:17

QLOAN (1) : Menarik Rizki dan Impian tanpa Korupsi dan Dukun

QLOAN (1) : Menarik Rizki dan Impian tanpa Korupsi dan Dukun

Senin, 18 Mar 2019 12:13

Korban Terbesar Terorisme adalah Umat Islam, Benarkah?

Korban Terbesar Terorisme adalah Umat Islam, Benarkah?

Senin, 18 Mar 2019 11:42

Innalillahi, Ibunda Ustaz Abdul Somad Meninggal Dunia

Innalillahi, Ibunda Ustaz Abdul Somad Meninggal Dunia

Senin, 18 Mar 2019 10:58

PM Australia Bela Remaja yang Timpuk Kepala Senator Anning dengan Telur

PM Australia Bela Remaja yang Timpuk Kepala Senator Anning dengan Telur

Senin, 18 Mar 2019 10:40

Pakistan Berikan Penghargaan atas Keberanian Warganya yang Tewas dalam Pembantaian Christchurch

Pakistan Berikan Penghargaan atas Keberanian Warganya yang Tewas dalam Pembantaian Christchurch

Senin, 18 Mar 2019 10:30

Sejuta Orang Lebih Tandatangani Petisi Tuntut Senator Fraser Anning Dipecat

Sejuta Orang Lebih Tandatangani Petisi Tuntut Senator Fraser Anning Dipecat

Senin, 18 Mar 2019 10:28

Suami yang Istrinya Tewas dalam Pembantaian di Masjid Christchurh Maafkan Teroris Brenton Tarrant

Suami yang Istrinya Tewas dalam Pembantaian di Masjid Christchurh Maafkan Teroris Brenton Tarrant

Senin, 18 Mar 2019 09:45

Ma'ruf Amin Pamer Tiga Kartu Sakti, Sandiaga Bungkam dengan Kartu Super Canggih

Ma'ruf Amin Pamer Tiga Kartu Sakti, Sandiaga Bungkam dengan Kartu Super Canggih

Senin, 18 Mar 2019 07:03

Will 'The Eggboy' akan Dihadiahi Jalan-jalan ke Turki

Will 'The Eggboy' akan Dihadiahi Jalan-jalan ke Turki

Ahad, 17 Mar 2019 22:59

Lima Propaganda Politik

Lima Propaganda Politik

Ahad, 17 Mar 2019 21:42

Yuk Terapi IQ anak & Konflik Rumah Tangga Dengan Quranic Quantum Healing

Yuk Terapi IQ anak & Konflik Rumah Tangga Dengan Quranic Quantum Healing

Ahad, 17 Mar 2019 17:23


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X