Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.618 views

Ketika Pancasila Menjadi Dalih Politis

Oleh: Rifka Fauziah Arman A.Md. Farm.,  

(Tenaga Teknis Kefarmasian dan Aktivis Generasi Peradaban Muslimah)

Belum lama ini terdengar kabar tentang gaji ratusan juta rupiah pada lembaga yang diterbitkan oleh Perpres nomor 42 tahun 2018 yaitu Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Badan yang diterbitkan oleh pemerintah terdiri dari beberapa petinggi di Indonesia, seperti Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Ahmas Syafi’I Ma’arif, Said Aqil Sirajd, Ma’ruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe dan Wisnu Bawa Tenaya selaku Dewan Pengarah BPIP.

Dilansir dari kompas.com(29/5) Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah BPIP digaji 112 juta rupiah per bulan. Sedangkan jajaran Dewan Pengarah lainnya digaji 100 juta rupiah per bulan. Kepala BPIP Yudi Latif digaji 76 juta rupiah per bulan, selanjutnya Wakil Kepala 63 juta rupiah dan Staf Khusus 36 juta rupiah.

Presiden membuat lembaga BPIP ini bertujuan “membantu” dalam menyelesaikan masalah tentang Pancasila di Indonesia yang sedang memanas beberapa akhir tahun ini semenjak kejadian penistaan agama yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2016.

Rasa Pancasila atau Nasionalisme ini muncul saat adanya perseteruan dan perbedaan pendapat antaragama di Indonesia dengan aksi-aksi yang timbul oleh ummat Islam yang menurunkan jutaan ummat untuk membela Alquran dan ulama yang dinistakan oleh pemerintah.

Permasalahan ideologi Pancasila ini selalu ditimbulkan dalam setiap kegiatan pemerintahan. BPIP berperan dalam menanamkan jiwa-jiwa Pancasila ini dalam setiap penduduk warga Indonesia. Padahal terlihat sekali tujuan BPIP ini hanya menyasar pada organisasi atau individu yang dibina untuk menanamkan Pancasila agar tidak melakukan aksi terorisme atau mengikuti organisasi yang dicap oleh pemerintah “Radikal”.

Sedangkan Pancasila ini dibuat berdasarkan Alquran yang menjadi pedoman ummat Islam, lalu mengapa hanya Islam yang dicap radikal dan perlu adanya pembinaan ideologi Pancasila.

Kemudian masalah pendanaan gaji BPIP ratusan juta rupiah yang menimbulkan pro dan kontra. Gaji yang diberikan kepada dewan serta staf BPIP menurut Mahmud MD (detik.com),  bukan dibiayai oleh negara, lalu dari mana BPIP mendapatkan dana sebanyak itu untuk menggaji anggota petinggi di Indonesia. Disaat anggota BPIP digaji dengan fantastis, di sisi lain utang Negara bertambah dengan mencengkik rakyat Indonesia untuk segera membayar pajak tepat waktu.

Jika BPIP ini dibentuk untuk pembinaan Pancasila, seharusnya orang yang berada di dalam lembaga ini orang-orang yang ahli dalam Pancasila, tetapi guru ahli dalam Pancasila malah dicap tidak Pancasila dan terancam dinonaktifkan oleh Menristekdikti karena kritiknya tentang Pancasila.

Lalu apakah BPIP akan menyeselaikan masalah di Indonesia sesuai dengan Pancasila sedangkan beberapa hari yang lalu saat media memberitakan tentang pendanaan gaji BPIP saja diserang oleh partai PDIP yang merupakan salah satu partai pendukung Ketua Dewan Pengarah BPIP. Lalu dimana letak rasa Pancasila mereka yang mengaku paling Pancasilais?

Pancasila yang digembargemborkan oleh pemerintah seolah menjadi senjata untuk membungkam rakyat yang ingin tidak ikut campur dalam urusan politik dan menjauhkannya dari sisi agama. Pancasila dijadikan faktor utama untuk mengambil hati rakyat Indonesia dalam berpolitik, padahal pemerintah sendiri banyak yang tidak sesuai dengan Pancasila ini.

Sebagai contoh para pejabat pemerintah yang mempunyai ratusan kasus korupsi membawa nama-nama besar bahkan sampai pada presiden sebagai salah satu pejabat yang “terciprat” uang haram tersebut. Seakan-akan sudah tidak ada lagi “Kemanusiaan yang adil dan beradab” seperti pada sila kedua dalam Pancasila.

Alquran dan As-Sunnah jika diterapkan dalam suatu negara tidak akan berpengaruh kepada kekuasaan, kekayaan dan silsilah keluarga dalam memimpin negara. Alquran adalah hukum yang kekal dan tidak akan berubah karena berasal dari Allah SWT sang Khaliq.  Sudah selayaknya Alquran dan As-Sunnah dipergunakan untuk mengatur seluruh kehidupan manusia.

Pancasila memang mengandung nilai-nilai dalam Alquran, maka seharusnya kembali kepada Alquran karena kitab inilah pemersatu antarummat, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh para Khalifah terdahulu.

Tidak ada yang terpecah belah dan saling mendamaikan antaragama, suku dan bangsa. Gaji yang diberikan oleh Khalifah kepada staf kenegaraannya pun didapat dari dana yang sudah diporsikan bukan menguras duit rakyat dan dinikmati oleh pemimpin Negara saja.

Indonesia sudah punya polisi dan TNI yang lebih terlatih dan mengetahui arti Pancasila yang sebenarnya, lalu untuk apa BPIP ini dibuat? Lantas bagaimana kepolisian dan kemiliteran bekerja? Bukankah mereka mengabdi untuk melindungi rakyat, Negara dan Pancasila? [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X