Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.404 views

Korupsi Menjerat Korban

Oleh: Nurma Alwahidah Widiastuti 

(Inspiring Muslimah Community Sumatera Utara)

Kasus korupsi kembali mengundang perhatian publik, karena pada kasus ini terduga korupsi masuk ke dalam jajaran kandidat pemilihan kepala daerah. Hal ini diamini oleh menteri Menteri Dalam Negeri. Mendagri, Tjahjo Kumolo menyebut, tetap akan melantik tersangka kasus korupsi jika dinyatakan menang dalam kontestasi Pilkada 2018.

Kata Tjahjo, berdasarkan Undang-undang (UU) yang berlaku menyatakan bahwa seorang yang belum memiliki hukum tetap, maka masih dapat dinyatakan turut dalam proses pelaksanaan Pilkada. Hal itu sebagai wujud azas praduga tak bersalah (29/6).

Hal ini bahkan bukan kasus pertama yang dihadapi kandidat di tahun 2018 ini, meskipun akan diberhentikan pada saat sudah memiliki status hukum yang jelas sebagai tersangka. Sudah sekian deretan nama dari beberapa daerah pernah mengalami kejadian ini.

Akankah kita memang tidak memiliki banyak kandidat yang proporsional sebagai pemimpin atau ada sisi masalah lain yang akhirnya banyak menyeret para kandidat pemimpin daerah ke jurang korupsi yang akhirnya menuntaskan karir perpolitikannya dalam waktu sekejap untuk merajut hari di bui, sebagai ganti ongkos yang mahal akan keterlibatannya.

Ongkos politik untuk kampanye kiranya memang tidak murah. Bahkan pernah secara terang-terangan petinggi salah satu partai menyatakan open donasi sebesar-besarnya yang diperuntukkan kepada orang-orang yang dianggap proporsional sebagai pemimpin. Ongkos politik yang mahal ini, akhirnya menjerat kandidat pemimpin ke bui, meski sedang mengikuti kontes politik.

Hal ini lah yang akhirnya menjadi peluang masalah besar bagi kandidat lain untuk kemudian menapaki kontestasi pemilihan pemimpin daerah. Dalam sitem kapitalis saat ini wajar adanya bila segala sesuatu berurusan dengan biaya/ uang yang besar. karena cenderung kita mendengar uang yang mengatur urusan. Bahkan untuk buang air sekalipun kita butuh uang. 

Apapun keperluan akhirnya menjadi rumit. Masyarakat sekarang kemudian cenderung berorientasi pada mengumpulkan pundi-pundinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang hampir di setiap hal mengeluarkan uang.

Dan kemudian masyarakat seakan dibuat buta dengan keadaan karena memilih kandidat yang terjerat kasus. Keadaan yang mengkhawatirkan, karena rakyat hanya sebatas memilih calon yang sudah tersedia, namun belum mampu mencerminkan kepribadian yang bisa dicontoh rakyat dengan kondisi yang membawanya ke dalam jeratan korupsi. Bila awal nya saja sudah tersandung kasus, bagaimana bisa mampu memimpin rakyat dengan benar.

Dari sini kita bisa melihat seakan-akan kita miskin akan orang yang punya kapasitas menjadi pemimpin rakyat, apakah benar seperti ini. Banyak orang pintar dan punya potensi untuk memimpin rakyat, lantas apa yang membuat ini terjadi.  Lalu apakah pernah ada contoh yang bisa gunakan sebagai solusi bagi masalah ini.

Biaya yang mahal dalam pemilihan sepertinya dapat diminimalisir dengan pemilihan yang pernah diterapkan pada masa daulah khilafah, saat sistem yang menerapkan syariat islam dijadikan aturan. Pemilihan yang dilakukan hanya sebatas memilih khalifah (pemimpin negara) saja, selebihnya khalifah punya kewenangan untuk memilih sendiri wakil daerahnya. dengan pemilihan tanpa mengedepankan hawa nafsu ataupun kepentingan golongan, tapi mengedepankan kepentingan rakyat.

Dengan pemilihan seperti ini tampaknya kepala daerah tidak akan risau untuk memikirkan biaya kampanye yang begitu besar dalam kontestasi pemilihan, dan dapat meminimalisir kasus korupsi yang belakangan bisa saja mendera kontestan pemilihan kepala daerah.

Ini lah kiranya solusi yang dapat dicoba ulang untuk digunakan sebagai pengaturan dalam tata kelola pemerintahan yang pernah di terapkan oleh daulah khilafah islamiyah. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X