Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.552 views

Teks Al Quran dalam Machine Learning

Oleh: Mohamad Fadhilah Zein

Anggota Komisi Infokom MUI

(voa-islam.com) - Memahami teks-teks Al Quran bisa dilakukan dengan pendekatan Machine Learning. Tiga ilmuwan Muslim dari Salman bin Abdul Aziz University melakukan penelitian teks Al Quran dengan metode penggalian teks (text mining) dan penarikan data (crawling). Mereka adalah Mohammad Alharawat, Mohamed Hegazi dan Anwer Hilal yang telah mempublikasikan hasil penelitiannya dalam International Journal of Advanced Computer Science and Aplications.

Menurut Han dan Kamber (2000), data atau text mining berarti mengekstrak atau menambang pengetahuan dari sejumlah besar data. Di dalamnya ada proses menemukan pengetahuan yang menarik dari sejumlah besar data yang disimpan dalam database, warehouse atau tempat penyimpanan informasi lainnya. Al Quran adalah penyimpanan terbaik atas sejumlah data dan informasi yang usianya telah mencapai 14 abad. Dan, di era disruptif saat ini, tidak ada server sebaik Al Quran.

Text mining dilakukan dengan word cloud yang menjadi salah satu metode untuk menampilkan data teks secara visual. Word cloud juga biasa digunakan untuk menampilkan teks-teks yang sering muncul (frequently words) di media sosial untuk kemudian dikonversikan menjadi data obyek visual secara presisi. Di Indonesia, metode ini biasa digunakan untuk mengukur “keriuhan” topik di twitter, dan di tahun politik cara-cara ini laku dijual.

Dengan menggunakan word cloud, frekuensi kata dapat ditampilkan dalam bentuk yang menarik namun tetap informatif. Semakin sering satu kata digunakan, maka semakin besar pula ukuran kata tersebut ditampilkan dalam word cloud.  Metode ini dipopulerkan Ian Fellows yang menulis word cloud dengan aplikasi R, aplikasi statistik yang mengubah teks menjadi data kuantitatif.

Alharawat dkk menggunakan word cloud untuk menggali teks-teks dalam Al Quran, baik dari sisi pengulangan kata maupun bobot kata. Teks-teks Al Quran secara digital diteliti dari aplikasi open source Quranic Corpus. Setelah data berhasil dikumpulkan kemudian diolah secara statistik untuk menghitung bobot setiap kata yang paling umum digunakan pada pengambilan informasi dari teks. Pengolahan statistik ini menggunakan metode penghitungan algoritma TF (Term Frequency) dan IDF (Inverse Document Frequency).

Yang menarik, penelitian penggalian dan penarikan data dan teks ini sepenuhnya menggunakan kecerdasan buatan. Aplikasi R menghitung kata dalam Al Quran yang memang menggunakan teks-teks Arab. Alharawat mengakui adanya masalah dalam menggali teks-teks Al Quran yang berbahasa Arab. R kesulitan dalam memahami bahasa Arab namun untuk mengatasi masalah itu, Alhawarat dkk mengonversi teks Arab ke CP1256 agar dikenali oleh R.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) mampu mengenali satu kata meski berbarengan dengan imbuhan lain. Mesin juga memilah prefix dan sufix (seperti huruf jar dan majrur) dan menggolongkannya menjadi satu teks, misalnya  kata “Allah”. AI akan mengenali “Allah” di dalam Al Quran meski dia berbarengan dengan huruf tambahan lain, seperti billahi, wallahi, fallahu, falillahi, allhumma dan lillahi. Begitu pula dengan kata “Rabb”, AI akan mengenalinya meski diimbuhi dengan kata ganti orang atau benda (isim dhomir) menjadi robbuna, robbuhum, robbukum, robbuhu, warabbu dan robbi.

Hasil penelitian menunjukkan setidaknya ada lima kata paling banyak muncul di dalam Al Quran. Kelima kata tersebut adalah Allah (mendekati 5.000 kali), Rabb (mendekati 1.200 kali), al Ardhu (mendekati 500 kali), Amanuu (mendekati 500 kali) dan Kafaruu (kurang dari 500 kali).

Computer Science dan Religion Science

Semakin berkembangnya teknologi digital tentunya akan berpengaruh pada disiplin ilmu lainnya, salah satunya adalah ilmu agama. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan pengaruh computer science dalam teks Al Quran. Ulama terdahulu memang sudah melakukan klasifikasi dan indeks teks Al Quran secara manual, namun dengan algoritma dan machine learning, proses tersebut akan semakin mudah dan cepat.

Dengan machine learning, umat bisa mempelajari isi kandungan Al Quran yang memiliki ketersinggungan antar teks di dalamnya. Ketersinggungan itu didapat melalui processing data yang dilakukan dengan menggunakan algoritma untuk menentukan topik dalam suatu terjemahan ayat.

Text mining terhadap Al Quran menjadi akvititas menambang pengetahuan dari sejumlah besar data yang ada dalam kitab suci tersebut. Umat dapat mendapatkan pengetahuan yang menarik sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

Prosedur yang umum digunakan dalam text mining meliputi tahap-tahap berikut; menentukan permasalahan dan merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, memperkirakan dan menafsirkan model serta menarik kesimpulan.

Dalam Computer Science, penggalian data berkaitan dengan prediksi yang menghasilkan model dan dapat digunakan untuk klasifikasi, prediksi atau estimasi. Tujuan data mining yang berkaitan dengan deksripsi adalah memperoleh pemahaman sistem yang dianalisa dengan mengungkap pola dan hubungan dalam kumpulan data yang besar. Teks-teks dalam Al Quran adalah big data yang di dalamnya memuat informasi dan misteri yang lebih dikenal dalam bahasa agama sebagai Hudan (petunjuk).

Penggalian data dalam Ilmu Al Quran dengan pendekatan computer science menjadi tantangan umat di abad 21. Ilmuwan muslim bisa melakukan klasifikasi atau kategorisasi teks menjadi proses penempatan suatu dokumen teks ke dalam kategori atau kelas sesuai dengan karakteristik yang ada dalam Al Quran.

Apakah akan mengubah urut-urutan Al Quran yang sudah ditentukan ulama-ulama terdahulu? Tentu tidak demikian. Text mining hanya sarana untuk lebih mengetahui kandungan dalam kitab suci tersebut yang mungkin saja luput dilakukan para ulama terdahulu. Tentunya ini tantangan ulama-ulama kontemporer untuk lebih menggali data, informasi dan misteri yang dikandung dalam Al Quran.

Kategorisasi teks Al Quran menjadi proses yang secara otomatis melakukan pengurutan terhadap sekumpulan dokumen ke dalam suatu kategori atau kelas. Klasifikasi teks biasa dari dari tiga komponen yaitu processing data, classifier construction dan document categorization. Singkat katanya, Al Quran dipahami dengan pendekatan machine learning, algoritma dan kecerdasan buatan. Tidak ada yang perlu diubah dari keutuhan dan kesucian Al Quran itu sendiri yang telah diimani secara qath’i mayoritas muslim dunia. (*)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:09

Puasa Jangan Lemas!