Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.891 views

Fakta Meikarta

Oleh: Fidalia Siti N (Aktivis Komunitas Menulis Muslimah Jambi)

Gaya hidup masyarakat yang semakin populer, membuat pihak yang memiliki kekuasaan dalam bentuk uang memanfaatkan kondisi ini. Salah satunya adalah Bisnis di bidang property, baik itu perumahan, Apartemen, atau dalam bentuk Ruko kecil untuk usaha bagi masyarakat.

Gaya hidup yang akhirnya menuntut ingin memiliki hunian berkelas, ditengah-tengah kota besar dengan kondisi  nyaman dan fasilitas lengkap menjadi laris dipasarkan. Meikarta adalah salah satu Proyek besar  berdiri dibawah Lippo Group, adapun penggarap proyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama yang merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Group.

Secara Keseluruhan, nilai investasi proyek tersebut ditaksir mencapai Rp.278 triliun. Saat ini menjadi sorotan publik. Terkuak adanya Kasus Suap izin pembangunan dari proyek ini, dalam kasus ini KPK telah menjerat sembilan tersangka, dua diantaranya yakni Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro (viva.co,id).

Adapun nilai suap yang diduga Rp. 7 Milliar diterima oleh Neneng Hasanah, dan juga bagian fee yang di janjikan sebesar Rp.13 Miliar terkait proses perizinan Meikarta, proyek milik Lippo Group.

Kisruh masalah pun menjadi besar, terkuak juga karena Terganjal Izin, BTN (PT Bank Tabungan Negara tbk) juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum pernah menyalurkan kredit untuk pembelian hunian proyek Meikarta di Cikarang.

Dari Detik Finance.com dinyatakan bahwa Direktur BTN Maryono mengaku hingga saat ini pihaknya belum pernah memberikan sekalipun kredit untuk segala proyek Meikarta. Baik dalam Kredit Pemilik Apartemen (KPA) maupun kredit untuk konstruksi Meikarta itu sendiri. Hal ini disampaikan di kantor Pusat BTN, Jakarta pada Kamis (25/10/2018).

Selain itu, usai terbongkarnya kasus dugaan Suap tersebut, pantauan Tribun Jakarta.com di lokasi proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi nampak sejumlah pagar proyek dibongkar oleh pekerja Konstruksi. Penampilan proyek Meikarta kini juga terlihat gersang dan nampak kurang Rapih dibanding awal promosi usai peluncuran produk.

Jika dilihat dari hal ini, maka para konsumen Meikarta pun mulai mengeluhkan sulitnya pengembalian dana Refund yang sudah mereka setorkan. Salah satunya, Wasono seorang konsumen yang ingin melakukan Refund tidak dapat diproses dan proses pembeliannya berbelit-belit dan berbulan-bulan.

Syarat yang diajukan oleh Meikarta memang tidak sulit dan murah, sehingga masyarakat banyak yang berminat untuk berinvestasi dengan mudahnya. Sayangnya tidak menyangka ujung yang diharapkan justru menuai banyak permasalahan terhadap proyek ini.

Hanya saja seperti yang disampaikan oleh Luhut selaku Menteri Koordinator bidang kemaritiman menyayangkan adanya masalah hukum yang terjadi pada Proyek Meikarta, walaupun bermasalah menurutnya proyek Meikarta adalah proyek yang bagus walau ada masalah teknis seperti di dalam agar diselesaikan secara hukum.

Dari hal ini kita bisa melihat ada dua  aspek penting yang perlu di sorot dan menjadi perhatian. Yang petama adalah terkait Kebijakan perizinan terhadap membuka Lahan pemukiman , dan yang kedua tentang tata ruang kota dalam membangun sebuah komunitas hunian penduduk.

Jika menyikapi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, kebijakan perizinan sebuah hunian kota itu sudah dirinci secara lengkap. Ada sejumlah peraturan detail yang harus dipenuhi oleh pihak yang akan membangun hunian tersebut. Dimulai dari persetujuan warga masyarakat sekeliling, AMDAL, IMB, PBB, bahkan detail proyek pembangunan hingga rincian konstruksi bangunan yang akan dipasarkan ke masyarakat.

Dalam hal ini, maka menurut saya akan ada banyak detail yang harus disetujui oleh pihak pemerintah. Sehingga persetujuan tidak berimbas kepada masalah yang tidak diharapkan. Seperti pada Kasus pembangunan proyek Meikarta, yang ternyata ada terkuak kasus Suap terhadap Perizinan.

Bobrok rusaknya Sistem Kapitalis di negeri ini semakin membuktikan, bahwa kekuatan modal menjadi penentu dibanding kebijakan dan UU yang telah dibuat dan di sahkan oleh pemerintah. UU dan aturan seakan hanya bisa tertulis tanpa di aplikasikan.

Terlintas seperti sepele memandang hal ini, tetapi dampak besar akan dirasakan oleh masyarakat untuk Jangka waktu panjang. Kedua terkait dengan penataan kota. Pembangunan kota-kota hunian mewah dan megah menjadi favorit saat ini bagi masyarakat. Hunian di tengah kota dengan fasilitas dan pelayanan terlengkap menjadi pilihan laris.

Padahal tata kota juga harus diperhatikan, bagaimana nantinya kehidupan ritme lingkungan dan bangunan harus saling berhubungan. Kita perhatikan, setiap tahun hunian mewah di Jakarta selalu terimbas kena Banjir besar saat musim hujan tiba, seperti di daerah perumahan Indah kapuk yang banyak menjadi sorotan sebagai penyebab banjir dijakarta.

Tata ruang kota akhirnya harus menjadi sorotan dan dikaji ulang secara detail oleh pemerintah saat ini, agar ekosistem alampun tidak terganggu dengan pembanguna hunian mewah di kota.

 

Sistem Tata Kota Islam

Sejarah gemilang terukir saat Islam mampu secara menyeluruh membangun sebuah peradaban, termasuk di dalam pengaturan pengelolaan tata kota. Sekitar seribu tahun yang lalu, tidak banyak kota besar di dunia dengan penduduk diatas 100.000 jiwa.

Dari sejarah perkotaan Modelski maupun Chandler, Baghdad di Irak memegang Rekor kota terbesar di Dunia dari abad 8 M sampai abad 13 M. Pada 30 Juli 762 M, Khalifah Al-Mansyur mendirikan Kota Baghdad. Kota yang sempurna untuk menjadi Ibukota Khilafah. Dan Al-Mansyur sangat mencintai lokasi itu bahkan terucap bahwa kota yang didirikannya adalah tempat aku tinggal dan para penerusku akan memerintah.

Selain lokasi yang strategis dan memberikan kontrol atas Rute Jalur perdagangan sepanjang sungai Tigris kelaut dan timur Tengah ke Asia. Tersedianya air sepanjang tahun dan iklimnya yang kering juga membuat kota ini beruntung daripada Ibukota sebelumnya yaitu di Madinah. Jika dilihat Modal dasar utama yang dilakukan adalah perencanaan yang luar biasa.

Saat membangun, Al Mansyur mengumpulkan Para Surveyor, Insinyur dan Arsitek dari seluruh Dunia untuk datang dan membuat perencanaan kota. Kota yang dibangun dengan dua semi-Lingkaran dengan diameter sekitar 19 kilometer. Bahkan detail Batu Bata yang akan dipakai dirinci sedemikian rupa.

Kota yang direncanaan dengan jumlah penduduk tertentu yang memiliki fasilitas Masjid, sekolah, Perpustakaan, taman, Industri Gandum, area komersil dan tempat singgah bagi musafir hingga pemandian umum yang terpisah antara Laki-laki dan perempuan.

Pemakaman umum, tempat pengelolaan sampah sehingga masyarakat mudah melakukan aktivitas sehari-hari. Negara tegas dalam mengatur kepemilikan tanah berdasarkan syariat Islam. Tanah Pribadi yang tidak di kelola selama tiga tahun akan ditarik kembali oleh Negara, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membangun fasilitas umum.

Ini adalah salah satu bukti sejarah yang bisa kita jadikan Tauladan bahwa Negara memiliki Tangan tegas di dalam penataan kota, pengaturan pembangunan pemukiman penduduk.

Bukan menjadikan modal sebagai kekuatan utama didalam mengembangkan sesuatu. Hingga akhirnya kehidupan yang teratur tanpa tumpang tindih dengan ekosistem yang lain tidak terganggu. Wallahu a’alam. [syahid/voa-islam.com] 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Menhan AS Sebut Militernya Tidak Akan Mundur dari Afghanistan Tanpa Koordinasi dengan Sekutu

Menhan AS Sebut Militernya Tidak Akan Mundur dari Afghanistan Tanpa Koordinasi dengan Sekutu

Jum'at, 15 Feb 2019 21:00

Laporan: Calon Istri Khashoggi Bisa Jadi Korban Kedua Jika Masuki Konsulat Saudi di Istanbul

Laporan: Calon Istri Khashoggi Bisa Jadi Korban Kedua Jika Masuki Konsulat Saudi di Istanbul

Jum'at, 15 Feb 2019 20:18

Parlemen Mesir Pilih 'Mosi Fir'aun', Setujui Al-Sisi Berkuasa Hingga 2034

Parlemen Mesir Pilih 'Mosi Fir'aun', Setujui Al-Sisi Berkuasa Hingga 2034

Jum'at, 15 Feb 2019 19:45

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Jum'at, 15 Feb 2019 11:33

Intelijen Militer Israel Sedang Persiapkan Perang Baru di Gaza

Intelijen Militer Israel Sedang Persiapkan Perang Baru di Gaza

Jum'at, 15 Feb 2019 09:47

Ketika Guru Banyak Dilecehkan, Tanya Kenapa?

Ketika Guru Banyak Dilecehkan, Tanya Kenapa?

Jum'at, 15 Feb 2019 00:22

Anadolu: Polisi Turki Yakin Mayat Jamal Khashoggi Kemungkinan Dibakar

Anadolu: Polisi Turki Yakin Mayat Jamal Khashoggi Kemungkinan Dibakar

Kamis, 14 Feb 2019 23:00

Jaish e-Mohammed Nyatakan Tanggung Jawab Atas Bom Jibaku yang Menewaskan 40 Pasukan India di Kashmir

Jaish e-Mohammed Nyatakan Tanggung Jawab Atas Bom Jibaku yang Menewaskan 40 Pasukan India di Kashmir

Kamis, 14 Feb 2019 22:45

Menuduh Hoax

Menuduh Hoax

Kamis, 14 Feb 2019 22:38

Hamas dan Fatah Tolak Kesepakatan Abad Ini untuk Timur Tengah yang Digagas Trump

Hamas dan Fatah Tolak Kesepakatan Abad Ini untuk Timur Tengah yang Digagas Trump

Kamis, 14 Feb 2019 21:15

Soal Penolakan Prabowo Shalat Jumat, Bawaslu: Tidak Ada Larangan Peserta Pemilu Beribadah

Soal Penolakan Prabowo Shalat Jumat, Bawaslu: Tidak Ada Larangan Peserta Pemilu Beribadah

Kamis, 14 Feb 2019 20:14

Sindir Jokowi, Cucu Pendiri NU: Prabowo Shalat Menghadap Kiblat Bukan Kamera

Sindir Jokowi, Cucu Pendiri NU: Prabowo Shalat Menghadap Kiblat Bukan Kamera

Kamis, 14 Feb 2019 20:07

Sudirman Said: Ada Pihak yang Ingin Politisir Shalat Jumat Prabowo

Sudirman Said: Ada Pihak yang Ingin Politisir Shalat Jumat Prabowo

Kamis, 14 Feb 2019 19:56

Laporan: Kepala Intelijen Israel Diam-diam Kunjungi Saudi pada 2014

Laporan: Kepala Intelijen Israel Diam-diam Kunjungi Saudi pada 2014

Kamis, 14 Feb 2019 19:45

Ujaran Kebencian

Ujaran Kebencian

Kamis, 14 Feb 2019 19:36

WNI Pelaku Pemboman di Gereja Jolo-Sulu Filipina?

WNI Pelaku Pemboman di Gereja Jolo-Sulu Filipina?

Kamis, 14 Feb 2019 17:15

X Files

X Files

Kamis, 14 Feb 2019 17:00

Yang Gaji Kamu Siapa?

Yang Gaji Kamu Siapa?

Kamis, 14 Feb 2019 15:20

Serangan Bom Jibaku Jaisyul Adl Tewaskan 41 Anggota Pasukan Elit Syi'ah Iran

Serangan Bom Jibaku Jaisyul Adl Tewaskan 41 Anggota Pasukan Elit Syi'ah Iran

Kamis, 14 Feb 2019 14:20

Sebentar Lagi Takmir Masjid Agung Semarang Disebut ‘Orang Prabowo’

Sebentar Lagi Takmir Masjid Agung Semarang Disebut ‘Orang Prabowo’

Kamis, 14 Feb 2019 12:07


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X