Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.936 views

Tahun Mimpi Buruk

Oleh: M Rizal Fadillah

2019 disebut juga sebagai tahun politik, karena akan dilaksanakan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil presiden. Pergantian tahun mengarahkan perhatian pada suasana proses politik yang semakin hangat.

Tercatat sebagai sejarah baru dalam pemilu yang dilakukan serentak baik memilih anggota legislatif di semua tingkat, termasuk DPD, maupun Pilpres/wapres.

Nampaknya, petahana tidak terlalu besar kans untuk menang. Tak ada satupun lembaga survey yang memberi angka telak bagi kemenangan petahana. Bahkan Prabowo Sandi memiliki hitungan prosentase yang lebih besar. Meski tipis. Trend petahana datar bahkan menurun. Sementara Prabowo Sandi posisi meningkat.

Memang Jokowi masih berpatron pada kekuatan "pencitraan" bukan pada prestasi dan perencanaan. Tentu, karena di dua hal ini lah kesulitan terasa. Minim prestasi dan bukti kondisi negara sedang terpuruk. Janji janji dahulu banyak yang belum terealisasi.

Bagi Prabowo Sandi menang adalah mimpi indah. Siap melakukan pembaharuan dan perubahan terhadap situasi yang memang sedang buruk. Bagi Jokowi-Ma'ruf kemenangan adalah kerja berat menyelesaikan pekerjaan rumah yang menumpuk. Tak ada mimpi indah disana. Sebaliknya kekalahan, akan menjadi hal biasa bagi kontestan penantang. Berbeda dengan petahana, kekalahan adalah "kiamat" yang menggelisahkan.

Investasi, aset, jaringan, dan apa yang ada akan habis atau berguguran. Bongkar bongkar kasus pun bisa saja terjadi. Inilah mimpi buruk itu. Oleh karenanya masif di pencitraan dan serangan "character assasination" yang diperlihatkan baik oleh yang bersangkutan maupun tim sukses adalah wujud dari beban berat dan kepanikan itu.

Panik karena ketua tim sukses yang awalnya begitu disambut sebagai pilihan cerdik, nyatanya tak menunjukkan kemampuan manajemen politik yang mumpuni. Partai berjalan sendiri sendiri. Panik karena tidak semua "naga" konsisten menyemburkan dana sebagaimana 2014 yang lalu. Khawatir akan kekalahan yang mungkin terjadi. Rencana lari James Riadi, mengharuskan disentil dulu melalui kasus Meikarta. Banyak tokoh mendukung atas dasar politik sandera. Penegakkan hukum dijadikan genderuwo untuk menakut nakuti.

Panik karena musuh beratnya adalah umat Islam. Penarikan cawapres Kyai tidak berpengaruh, malah jadi bahan olok-olok. Kualifikasi politisinya rendah dan wibawa keagamaannya pun turut luntur. Panik main sembarang tonjok, menonjok Prabowo dari masalah imam shalat sampai tantangan baca Qur'an, sementara dirinya menjadikan sholat sebagai alat dan bahan jualan. Agama jadi bualan politik.

Menonjok SBY di Pekanbaru dengan merusak baliho. Aksi yang dinilai sontoloyo. Menonjok Amien Rais dan partainya dengan menggunakan Sarumpaet dan Pendiri PAN berhaluan kiri, syiah, kristen, nasionalis sekuler, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad dan teman teman. Menonjok angin.

Tahun 2019 adalah tahun ketar ketir Jokowi. Pendukung mulai gerah dan berhitung

Akan ada kubu besar pendukung yang akan menjadi "pioneer" melompat. Merasakan kapal oleng, gelombang laut membesar. Tahun 2019 bukan semakin mantap langkah Jokowi, banyak salah tingkah. Sulit mengubah keadaan untuk meroketkan simpati.

Sudah terjebak di pusaran air yang terus menenggelamkan. Orang tenggelam yang panik, segala akan dipegang. Dikira tonggak, padahal kakinya sendiri. Ia pun teruss tenggelam. Pak Jokowi, Happy New Year...Happy Nightmare. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X