Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.031 views

Lima Propaganda Politik

Oleh: M Rizal Fadillah

Umat Islam di samping mayoritas juga pilar utama kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Perumusan dasar Negara tidak bisa dipisahkan dari kontribusi tokoh dan pejuang politik umat Islam.

Ajaran Islam, tanpa menafikan ajaran umat lain, memberi warna kehidupan berbangsa dan bernegara. Meski kemudiannya hubungan umat, agama, dan negara mengalami dinamika, namun mengecilkan peran dan posisi umat Islam di Indonesia adalah a historis dan menciptakan kegelisahan umat.

Saat ini upaya-upaya untuk mengeliminasi atau meminimalisasi peran politik umat Islam, sangat terasa.

Sekurangnya ada lima propaganda politik yang dilakukan oleh orang atau kelompok pembenci (peran) umat Islam.

Pertama, propaganda Islam suci, politik kotor. Propaganda ini dimaksudkan agar umat Islam menjauhi politik. Memandang kekuasaan adalah "al ahwa" yang merusak kesucian syari'ah, mengganggu kekhusuan ibadah, serta menodai spiritualitas keagamaan. Tujuan jahatnya adalah kekuasaan kelak dipegang oleh mereka yang lemah agama atau bukan umat Islam.

Kedua, propaganda jangan membawa politik ke dalam Masjid. Masjid itu tempat untuk ibadah shalat. Politik berbicara tentang kekuasaan dunia, karenanya ruang politik biarlah di luar Masjid. Sterilisasi Masjid dari politik, menyebabkan umat menganggap tidak ada relevansi antara da'wah dan politik.

Masjid itu di samping tempat shalat, juga tempat berda'wah. Kebaikan diseru, kemunkaran dicegah. Kemungkaran pemimpin politik yang menyalahgunakan kekuasaan, sangat bisa dan harus disampaikan di Masjid sebagai konten da'wah "nahyi munkar". Masjid adalah benteng pertahanan dan markas perjuangan umat Islam . Strategi menghancurkan umat adalah dengan dengan memandulkan fungsi Masjid.

Ketiga, propaganda memilih pemimpin tidak berhubungan dengan agama. Memilih Kepala Daerah dan Presiden jangan dikaitkan dengan agama, dalihnya adalah kita bukan memilih imam shalat. Yang penting adalah skill dalam memimpin, soal agama tidak penting. Dalam pandangan Islam, kepemimpinan masyarakat dan negara masuk dalam domein agama.

Di samping kemampuan maka keimanan dan keagamaan itu menentukan. Kepemimpinan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Propaganda kepemimpinan tak boleh didasarkan pada agama, merupakan intervensi kaum sekularis dan liberalis serta komunis untuk merebut kepemimpinan dan menguasai umat.

Keempat, propaganda deradikalisasi dan toleransi. Maksud baik agar terjalin harmoni. Dampak buruk adalah asumsi bahwa umat Islam dianggap radikal dan intoleran. Target jauhnya adalah nilai-nilai kegamaan yang "berbau" radikal dan intoleran mesti dijauhi bahkan kalau bisa dihapus. Istilah yang ada dalam Al Qur'an pun disinggung seperti "kafir", "munafik", "hudud", "fa'i", "hizbullah", "jihad", atau "qital".

Demi toleransi dan moderasi dicari istilah baru dan tafsir yang berorientasi pada "kebangsaan". Ayat-yat Allah pun akhirnya digugat dan dirusak. Umat Islam sudah semestinya memiliki fanatisme pada keyakinan agamanya. Bahwa umat mesti bergaul dan berinteraksi, maka hal itu sudah dibingkai dengan prinsip "akhlakul karimah" dan "uswatun hasanah".

Kelima, propaganda mengenai Hak Asasi Manusia. Perbedaan faham harus dijamin dan dilindungi atas nama HAM. Dengan tidak mampu mengidentifikasi mana hak asasi dan bukan, maka menjeneralisasi perbedaan sebagai "hak asasi" sangat berbahaya.

Sebab nanti faham sesat dan merusak negara dan agama juga dilindungi dibawah payung HAM. Liberalisme, Komunisme, Ahmadiyah, Syi'ah, LGBT atau Zina kelak dan kini diantaranya sudah dilindungi dan dijamin oleh Negara. Hak Asasi Manusia yang ditempatkan salah dipastikan membawa mala petaka.

Menghadapi propaganda politik yang demikian, umat Islam dituntut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan memperkuat barisan. Mulai dengan memilih pemimpin yang baik yang mampu menghargai kehidupan agama, punya integritas serta tidak mudah dipengaruhi oleh pihak liberalis, komunis, dan kolonialis. Propaganda politik jahat harus segera dihentikan.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X