Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.563 views

Pelecahan Hukum

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik)

Kritik kita adalah hukum yang tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Ini sering berkaitan juga dengan ikut campurnya kekuasaan dalam "mengatur" hukum dengan menggunakan pengaruh politiknya.

Ketika hukum dijalankan seoptimal mungkin maka dengan motif politik kuat bisa juga dilabrak oleh akal politik lain yang berdimensi hukum pula. Presiden punya hak itu yang bernama Grasi. 

Kasus terbaru yang menggambarkan dengan cepatnya hukum dipermalukan dan dilecehkan dengan "buldozer" politik adalah dibebaskannya warga negara Kanada Neil Bantleman eks guru Jakarta Internasional School (JIS) yang dihukum melakukan tindak pidana pelecehan seksual kepada murid muridnya. 

Padahal Mahkamah Agung baru saja menolak Kasasi yang bersangkutan bahkan memperberat hukuman menjadi 11 tahun. Begitu juga ketika melakukan peninjauan kembali (PK) Mahkamah Agung kembali menolaknya. Namun ketika meminta Grasi kepada Presiden, maka Presiden Jokowi mengabulkannnya dengan mengeluarkan Kepres No  13/G  tahun 2019. Maka bebaslah Neil Bantleman. Kini ia sudah berada di Kanada kembali. 

Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoly dan Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan alasan pemberian Grasi semata kemanusiaan.

Namun Moeldoko menambah dengan adanya aspirasi publik "Presiden sensitif dengan aspirasi publik". Tidak jelas publik mana yang menghendaki pembebasan atau menyampaikan aspirasinya. Pemberian Grasi hingga bebasnya Neil tentu ditanggapi kekecewaaan orang tua korban dan Komisi Nasional Perlindungan (Komnas PA).

Menurut Komnas PA pemberian Grasi menggambarkan Presiden di samping tidak melindungi anak juga bertentangan dengan UU No 22 tahun 2002 tentang Grasi. UU mensyaratkan pengakuan bersalah yang bersangkutan, namun Neil sejak awal hingga Grasi diberikan tetap tidak mengakui kesalahannya. 

Sekali lagi kita dipertontonkan pertunjukan pelemahan hukum oleh kebijakan "politik" sekaligus diskriminasi hukum. Grasi diberikan untuk "orang asing" dan tidak terbayangkan dapat diberikan andai yang dihukum atas delik pelecehan seksual kepada murid ini adalah "orang asli" Indonesia. Akhirnya kita coba beranggapan bahwa aspirasi publik yang dimaksud oleh Moeldoko adalah "aspirasi asing".

Berbeda saat akan dilakukan pembebasan pada orang yang sudah sangat tua, lemah dan sakitan Abu Bakar Ba'asyir yang gembor gembonya demi kemanusiaan namun karena "aspirasi asing" maka akhirnya orang tua pribumi ini tetap mendekam di penjara. Kemanusiaan itu tergantung kemauan politik dan tekanan juga. Hukum memang rentan untuk dilecehkan.

Neil Bantleman yang melenggang dan berkoar koar di negaranya adalah tontonan dari wajah hukum Pemerintahan kini yang tumpul ke atas tajam ke bawah. Tunduk pada kepentingan asing.

Cermin negeri yang hidup tergantung dan berorientasi pada asing. Neil tidak ada hubungan dengan hambatan investasi Pak Presiden. 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X