Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.955 views

Pak Jokowi, Mundur Saja

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik)

Periode kedua baru diemban akan tetapi kasus sudah mengembat. Awalnya soal demo keterpilihannya pada 21-22 Mei 2019 di depan Kantor Bawaslu. Beberapa demonstran tewas tertembak dan teraniaya.

Peristiwa yang bersentuhan dengan pelanggaran HAM di bawah Pemerintahan Jokowi ini tidak berlanjut. Bersama dengan tewasnya 700 petugas Pemilu secara misterius, maka indikasi pelanggatan HAM ini akan menjadi tagihan masa depan.

Kenaikan tarif BPJS menyulitkan masyarakat kecil. Hutang besar ke berbagai rumah sakit cenderung menjadi beban.

Hutang pada RS Muhammadiyah saja berjumlah 1,2 Trilyun. Ini memberi gambaran dan bayangan berapa trilyun beban hutang BPJS seluruhnya. Kekisruhan selayaknya menjadi tanggungjawab Presiden.

Kasus "perampokan" Jiwasraya dan simpang siur aliran dana yang digunakan sehingga gagal bayar hingga 12,4 Trilyun sangat fantastis. Wajar jika Presiden tertekan mental. Menteri Erick Thohir jadi bulan bulanan publik dan media. Bumiputera juga mulai tercium aroma tak sedap. Mengap mengap seperti yang siap mendampingi Jiwasraya.

Dalam kaitan dengan para Presiden terdahulu maka skandal BLBI mengganjal di "sanggul" Megawati. Century melekat pada "Jas" SBY. Adapun Jokowi terjerambab di "gorong-gorong" Jiwasraya.

Mulai akting di gorong gorong kini masuk kembali ke gorong gorong. Akan tetapi gorong gorong sekarang jauh lebih dalam dan kotor airnya.

Menteri menteri pilihan Jokowi tidak bagus dan mengarahkan pada kegagalan.

Nadiem bermasalah main rombak sistem pendidikan. Menteri Rozi mengobrak abrik persoalan agama. Menteri Erick meradang. BUMN berantakan dan bakal kaya dengan skandal. Menteri Keuangan mulai kurang uang dan ditagih hutang. Menteri lain diam seperti kehilangan program.

Tahun baru 2020 tidak ceria. Kelam dan bergerak menuju kegelapan. Jokowi mulai lemas menatap ke depan. Kurang tidur karena 2019 babak belur. Ada yang menghembuskan ia ingin menjabat tiga periode. Itu sama saja dengan menjerumuskan diri ke jurang. Sulit menyebut prestasi, yang ada adalah kegalauan, kegilaan, dan kegagalan.

Masa depan bukan milik Jokowi. Masa belakang juga bukan. Lalu keberadaan Presiden Jokowi tak lain adalah "ada dalam tiada" atau sebaliknya "tiada dalam ada".

2020 baiknya Pak Jokowi mundur saja. Toh sudah cukup merasakan beratnya bermain sandiwara boneka politik selama ini. Ditambah aksi aksi kepresidenan yang hanya akan memperpanjang tontonan atas ketidakmampuan. Apapun langkah, jika rakyat sudah tak percaya maka itu tak ada guna. Berbuat baiklah untuk negeri dengan mengundurkan diri.
Rakyat akan menilai itu sebagai prestasi yang patut dihargai.

Jangan sampai terlambat, nanti ada yang memundurkan, repot lagi. Happy New Fear!

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X