Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.491 views

Nonton Film Jejak Khilafah, Pengalaman Spesial di Tengah Pandemi

 

Oleh:

Dewi Murni || Aktifis Dakwah Pena, Praktisi Pendidikan Balikpapan

 

UNTUK pertama kalinya dunia saling berjauhan untuk saling menjaga. Berbulan-bulan manusia sedang diuji Tuhannya lewat wabah Corona. Momen demi momen penting dilalui secara berjauhan, online. Menyedihkan memang. Tapi, di sanalah Corona akhirnya menjelaskan segala watak manusia. Apakah ia tetap bersyukur ataukah kufur nikmat. Apakah dia tetap semangat dakwah ataukah melemah.

Kamis, 20 Agustus 2020 bertepatan dengan momen penting umat islam sedunia. Tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1442 H. Meskipun kondisi pandemi, kaum muslim tidak kehilangan akal untuk merayakannya. Adalah Komunitas Literasi Islam (KLI) mempelopori produksi dan pemutaran film dokumentasi sejarah jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) dalam rangka memperingati datangnya tahun baru Hijriyah. Yang kemudian menjadi pengalaman spesial di tengah pandemi bagi penulis. Penayangannya dilakukan secara daring lewat siaran langsung di YouTube Channel Khilafah.

Berbagai iklannya sudah diramaikan jauh-jauh hari di jagat sosial media. JKDN kebanjiran antusias masyarakat hingga masuk trending topik di Twitter tepat di hari penayangannya. Menurut penuturan host acara penayangan JKDN ada 250 ribu orang yang mendaftar untuk menonton. Masya Allah, Allahu Akbar!

Sejak dimulainya penayangan sekitar pukul 10.00 WIB rasa tidak sabar menggebu-gebu. Sampai semua akhirnya semua rasa itu pecah ketika akhirnya film diputarkan episode demi episode. Kagum, terharu, penasaran, bangga, hingga sedih, semua meluap begitu saja.

Di awal pemutaran film tersebut penulis tergugah oleh nasehat-nasehat yang disampaikan oleh Ustadz Rokhmat S. Labib. Beliau menjelaskan sejarah penetapan 1 Muharram disandarkan pada hijrahnya Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dari Mekah ke Madinah. Itulah momen yang memisahkan antara haq dan yang batil. Di mana keduanya tidak akan pernah bisa bersatu, layaknya siang dan malam. Sejak itulah kaum muslimin berkuasa dipimpin Rasulullah Shalallahu Wassalam di bawah Daulah Islam. Beliaulah yang memutuskan kapan perang, kapan berdamai. Beliau pula yang mengangkat kepala pemimpin daerah. Perbuatan beliau itu semakin mempertegas bahwasanya beliau bukan hanya sebagai nabi melainkan kepala negara.

Luar biasa! Penjelasan Ustadz Rokhmat S. Labib.patut untuk dijadikan renungan. Tentang bagaimana cinta kita kepada Rasulullah. Siapa saja yang mencintai Rasulullah dengan benar, pastilah dia mengikuti apa-apa yang dicontohkan beliau, termasuk penegakan khilafah. Malulah kita mengaku cinta Rasulullah tapi tidak mau menerapkan syariah secara kaafah. 

Ustadz Ismail Yusanto selaku penasehat Komunitas Literasi Islam turut serta hadir dalam siaran langsung tersebut. Beliau mengingatkan betapa pentingnya sejarah bagi. Sebab di sana ada ibroh, pelajaran, yang bisa dipetik sebagai bekal mengarungi kehidupan. Tentu saja ibroh tersebut hanya mampu didapatkan bagi mereka yang berfikir. Namun perlu dicatat, sejarah bukanlah sumber hukum atau pemikiran. Sejarah adalah objek pemikiran untuk dijadikan pelengkap, pendukung ataupun bukti. Sebagaimana jejak khilafah di Nusantara sebagai bukti dari penerapan atau implementasi pemikiran Islam (khilafah) selama berabad-abad. Kalaupun tidak ada buktinya di Nusantara bukan berarti tidak diperjuangkan.

Jajaki khilafah benar-benar nyata. Jejaknya disajikan begitu apik dan bikin merinding.. Jejaknya terbentang dari Indonesia bagian barat hingga bagian timur. Wali Songo yang selama ini kita kenal sebagai pendatang yang berdakwah di Indonesia, ternyata mereka adalah utusan khilafah bertugas mengeluarkan masyarakat Nusantara dari kejahiliyahan menuju kemuliaan. Begitu pula kerajaan-kerajaan Islam seperti Samudera Pasai, Kerajaan Aceh Darussalam, kerajaan Maluku dan lainnya, semuanya memiliki hubungan erat secara politik kepada pemerintahan Khilafah saat itu.

Buya Hamka sendiri menolak pandangan teori Gujarat yang menyatakan Islam masuk di abad 13. Buya Hamka meyakini Islam masuk ke Nusantara abad ke-7 di masa kekhilafahan Rasyidah. Artinya khilafah telah lama sekali masuk ke Nusantara. Telah lama pula Nusantara memiliki hubungan baik, hubungan persahabatan, hubungan tolong-menolong, hubungan ukhuwah dan hubungan aqidah Islam dengan Khilafah.

Meski menonton di rumah saja, bertemankan susu kurma, cemilan, buah dan wi-fi tetangga, namun suasana tetap terasa hingga relung hati. Intonasi, ekspresi, kata-kata, dari para narasumber  dan film JDN itu sendiri, telah merasuki penulis. Sehingga merasakan sekali semangat dan ruh perjuangan khilafah sampai titik paling mengesankan.

Menurut penulis, film ini butuh disebarluarkan, dikembangkan, serta didukung oleh seluruh kaum muslimin. Khususnya jajaran penguasa/pemimpin kaum muslimin, mengingat pemimpinlah yang bertanggung jawab atas arah pemikiran rakyatnya. Sebab khilafah adalah perintahNya yang wajib diperkenalkan, diperjuangkan, mengikuti thoriqoh rasulullah. Dengan uslub atau cara yang diperbolehkan syariat, bahkan dianjurkan sesuai apa yang menarik dan dijangkau bagi masyarakat. Lewat film JKDN menjadi ajang edukasi umat tentang sejarah islam yang telah kabur bahkan terkubur, bahwa dahulu islam pernah berjaya, kaum muslimin pernah menjadi sebaik-baik umat. Dan, suatu saat, khilafah akan kembali lagi berjaya sebagaimana sabda Rasulullah yang lisannya tidak pernah berdusta,

“…, Selanjutnya  akan ada kembali Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian.”

(HR. Ahmad dalam Musnad-nya (no. 18430), Abu Dawud al-Thayalisi dalam Musnad-nya (no. 439); Al-Bazzar dalam Sunan-nya (no. 2796))

Semoga Allah meridhoi, mencatatnya  sebagai amal sholih bagi siapa saja yang menyukseskan film JKDN.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X