Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.800 views

Enam Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc, MA*

Bagi seorang muslim, beriman kepada Al-Quran merupakan suatu kewajiban. Kewajiban ini tidak cukup dengan hanya meyakini bahwa Al-Quran itu adalah Kitab Allah atau kalamullah yang diturunkan kepada Nabi saw.

Begitu pula tidak cukup hanya meyakini bahwa apa disebutkan dalan Al-Quran adalah kebenaran. Tak cukup pula dengan hanya meyakini bahwa Al-Quran itu adalah pedoman dan aturan hidup seorang muslim. Namun, diharus diikuti dengan perbuatan konkrit terhadap iman kita kepada Al-Quran dengan membaca dan mengamalkannya.

Untuk mengamalkan Al-Quran tentu harus dengan membaca dan mempelajarinya terlebih dahulu. Oleh karena itu, membaca Al-Quran merupakan kewajiban bagi seorang yang mengaku dirinya sebagai seorang muslim. Hukumnya adalah wajib ‘ain. Maknanya, berdosa hukumnya bila kita tidak membaca mau membaca Al-Quran. Karena hal ini merupakan konsekuensi dan tuntutan dari pengakuan dari iman seorang muslim.

Namun, sangat disayangkan, sebahagian umat Islam melupakan dan meninggalkan Al-Quran. Mereka jarang membaca Al-Quran bahkan malas membacanya. Mereka sibuk dengan rutinitas pekerjaan, pangkat/jabatan dan proyek,  tontonan televisi dan berbagai hiburan. Mereka lebih senang membaca koran, majalah, buku dan lainnya daripada membaca Al-Quran. Mereka disibukkan dengan aktivitas dunia sehingga lalai dan lupa terhadap kewajiban membaca Al-Quran. Padahal Al-Quran adalah pedoman hidup bagi seorang muslim,  Dengan Al-Quran, kita akan selamat dunia dan akhirat. Begitu pula dengannya kita akan bahagia di dunia dan akhirat.

Membaca Al-Quran berbeda dengan membaca bacaan lainnya. Sungguh banyak keutamaan dan keuntunganyang diperoleh bagi orang yang membaca al-Qur’an. Keuntungan tersebut tidak dimiliki oleh bacaan lainnya seperti surat kabar, majalah dan buku. Di antara keutamaan dan keuntungan orang yang membaca al-Qur’an yaitu;

Pertama: orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat nantinyaberdasarkan sabda Rasulullah saw bersabda: ”Bacalah al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim).

Tidak seorangpun yang mampu memberikan pertolongan kepada seseorang pada hari hisab nanti. Ayah dan ibu kita tidak mampu memberi pertolongan. Begitu pula dengan kakek dan nenek kita. Tidak pula atasan dan beking kita di dunia ini. Tidak seorangpun yang mampu memberi pertolongan, kecuali al-Qur’an yang dibaca selama ia hidup di dunia dan Rasul saw dengan izin Allah swt. Maka inilah keutamaan membaca Al-Qur’an.

Kedua, Rasulullah saw menegaskan bahwa orang yang terbaik di antara manusia adalah orang yang mau mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an, sesuai dengan sabdanya, ”Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan yang mengajarkannya” (HR. Al-Bukhari).

Berdasarkan hadits ini, orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang yang punya memiliki harta yang melimpah. Bukan pula orang yang  mempunyai jabatan maupun pangkat yang tinggi. Bukan pula orang yang memiliki wajah yang cantik dan tampan. Namun, orang terbaik di sisi Allah Swt adalah orang yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkan kepada orang lain. Tentu kita semua ingin menjadi orang yang terbaik di sisi Allah Swt, agar memperoleh ridha-Nya. Karena segala aktivitas kehidupan manusia ini hanya lah untuk beribadah kepada Allah Swt dan mencari ridha-Nya. Inilah tujuan hidup sebenarnya.

Ketiga, orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan disediakan tempat yang paling istimewa di surga yaitu tempat khusus bersama para malaikat yang taat dan suci. Sedangkan orang yang membaca terbata-bata (belum pandai), maka ia akan diberi dua pahala yaitu pahala mau belajar dan kesungguhan membaca, sesuai dengan sabda Rasulullah saw, ”Orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan ditempatkan bersama kelompok para Malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Ketika kita di dunia ini ditempatkan di ruang VIP atau VVIP, tentu kita sangat senang. Kita dilayani dengan berbagai fasilitas yang mewah dan menyenangkan. Nah, bagaimana rasanya dengan tempat di surga yang jauh lebih mewah dan menyenangkan dibandingkan dengan tempat VIP atau VVIP. Tentu surga tidak ada bandingan dengan tempat apapun di dunia. Terlebih lagi tempat yang paling istimewa di surga itu adalah tempat para malaikat yang selalu taat kepada Allah dan tidak pernah berbuat maksiat. Inilah tempat yang disediakan kepada orang yang membaca Al-Quran di dunia ini.

Keempat, kejayaan suatu umat Islam itu dengan membaca al-Qur’an dan mengamalkannya. Namun sebaliknya, musibah yang menimpa umat ini disebabkan karena sikap acuh tak acuh kepada al-Qur’an dan meninggalkannya. Rasulullah saw bersabda: ”Sesungguhnya Allah Swt meninggikan (derajat) ummat manusia ini dengan Al-Qur’an dan membinasakannya pula dengan Al-Qur’an” (HR. Muslim).

Inilah rahasia mengapa generasi awal umat Islam yaitu generasi sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in) menjadi generasi terbaik umat ini sebagaimana dinyatakan oleh Rasul saw. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena mereka mengamalkan al-Qur’an dan sunnah Rasul saw. Maka Islampun berjaya pada masa-masa mereka, sehingga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Namun, setelah generasi tersebut sampai saat ini umat Islam meninggalkan al-Qur’an sehingga umat Islam menjadi lemah dan hina karena dijajah oleh orang kafir, bahkan dizalimi dan dibantai oleh orang kafir. Kelemahan dan kehinaan umat ini akibat meninggalkan al-Qur’an.

Kelima, orang yang membaca dan mendengar Al-Qur’an akan mendapatkan sakinah (ketenangan), rahmah, doa malaikat dan pujian dari Allah. Nabi saw bersabda: ”Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R Muslim).

Sungguh, hanya dengan membaca dan mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an menentramkan hati kita, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah Swt, “...Ingatlah, hanya dengan zikir (mengingat) Allah hati menjadi tenang”. (Q.S Ar-Ra’d: 28). Dalam hal ini, Al-Qur’an merupakan zikir yang paling afdhal (utama). Di ayat lain Allah Swt menegaskan bahwa Al-Quran itu syifa’ (penyembuh penyakit)

Ketenangan jiwa dan hati tidak bisa diperoleh dengan harta yang banyak, pangkat dan jabatan, maupun dengan istri yang cantik. Namun ketenangan itu hanya bisa diperoleh dengan sejauh mana interaksi kita dengan al-Qur’an.Semakin dekat kita dengan Al-Quran, maka semakin tenang hati jiwa dan hati kita. 

Keenam, mendapat pahala yang berlipat ganda. Rasulullah Saw bersabda: ”Barangsiapa yang membaca satu huruf Kitabullah maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf (HR. at-Tirmizi). Membaca “alif lam mim” yang tersisri dari tiga huruf saja kita mendapatkan pahala sebanyak 30 pahala, maka bagaimana dengan membaca sejumah ayat-ayat dalam satu halaman al-Qur’an? Bahkan berapa jumlah pahala yang kita peroleh bila kita mampu membaca 1 juz dengan jumlah huruf ribuan atau ratusan ribu? Tentu pahalanya sangat banyak, bahkan kita tidak sanggup menghitungnya.

Demikianlah di antara keutamaan membaca Al-Qur’an. Semoga kita dapat meraihnya. Aamin..!

*) Penulis adalah Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh, Ketua Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) Provinsi Aceh, & Anggota Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X