Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.341 views

Kebun Raya Bogor, Ruang Konservasi yang Tergerus Kapitalisasi

 

Oleh: Desi Wulan Sari, M.,Si.

 

Rasanya cukup aneh, baru-baru ini media lokal di wilayah Bogor mengumumkan tentang rencana perubahan Kebun Raya Bogor menjadi taman hiburan malam. Dimana ketika malam hari lampu-lampu indah berwarna warni akan menghiasi tanaman dan tempat pembudidayaan tanaman penuh cahaya. Sesaat indah dipandang mata, terlebih malam hari terasa lebih hidup ketika masyarakat menikmatinya bersama keluarga dan handai taulan dengan mengunjungi taman hiburan malam di Kebun Raya Bogor.

Media cnnindonesia.com mengangkat berita terkait rencana pembuatan wisata malam bertajuk glow banyak dikritik oleh instansi dan masyarakat pecinta kebun raya. Kritik tersebut disampaikan oleh empat mantan Kepala Kebun Raya yang disampaikan melalui surat resmi dengan judul “Menjaga Marwah Kebun Raya” yang sudah dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Hendrian. (27/9/2021).

Tidak hanya itu, berbagai komunitas masyarakat ramai-ramai membuat petisi penolakan rencana lampu hias bertajuk Glow dibangun dan dibuka untuk umum. Mengingat fungsi kebun raya sebagai konversasi taman kota Bogor sejak lama, banyak tumbuhan langka dan dilindungi dikhawatirkan rusak, bahkan penelitian tumbuhan berbagai jenis tanaman dikhawatirkan akan terganggu, dan habitat tumbuhnya tanaman-tanaman tersebut semakin menghambat perkembangan ilmu pengetahuan.

Bahkan, pakar dan peneliti dari Universitas IPB pun turut angkat bicara dalam masalah ini. Pada intinya, mereka mengkhawatirkan keselamatan tanaman-tanaman yang ada di kebun raya. Banyak faktor dari sebuah wisata malam taman Glow ini jika benar akan dilanjutkan. Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Melani Abdulkadir Sunito mengatakan kekhawatirannya, bahwa ekosistem di dalam kebun raya akan runtuh seperti jerami diletakkan di keledai yang sangat keberatan bebannya, akibat banyaknya pembangunan penyesuaian keberadaan taman tersebut (republika.co.id, 29/9/2021).

Melihat permasalahan di atas, sudah menjadi bagian pokok dari sebuah sistem kapitalis saat membuat ide-ide yang tidak jauh dari pemikiran keuntungan dan keuntungan saja. Apapun bisa dikomersialisasikan, diswastanisasi tanpa melihat resiko dan dampak yang akan terjadi di masa yang akan datang. Padahal, semestinya negara melindungi tempat-tempat umum dan penting, terlebih bagi pengembangan ilmu pemgetahuan karena berkaitan dengan kepentingan umum di dalamnya. Namun, akankah perubahan taman konservasi menjadi kepentingan “hiburan” masyarakat ala pengusaha globalis ini membawa kemaslahatan?

Jawabannya jelas, tentu tidak! Umat muslim akan menyadari betapa kerusakan dan bencana akan terus terjadi jika kerap memaksakan diri mengikuti keinginan sistem kapitalis yang tengah berkuasa kini. Berbeda halnya dengan sistem Islam Kaffah, dimana segala bentuk kepentingan umum, baik berupa infrastruktur berupa jalan, bangunan tempat konvservasi, tambang-tambang juga kebutuhan pokok sandang, pangan ataupun kebutuhan lain berupa pendidikan, kesehatan dan keamanan semua dijamin dan dilindungi serta dikelola oleh negara. Pemimpin menjalankan roda kepemimpinannya berdasarkan syariat, sehingga aturan tersebut akan berjalan sebagaimana mestinya.

Termasuk di dalamnya pengelolaan sumber daya alam, konservasi hutan kota seperti Kebun Raya Bogor juga akan dilindungi dengan menjamin keberadaannya tetap lestari tanpa ada kepentingan “keuntungan” yang mengganggu habitat dan keberadaan tumbuhan langka dan penting tersebut demi pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam Daulah Islam, adanya taman-taman hiburan pun menjadi kebutuhan tersendiri. Keindahan berupa arsitektur gedung, taman, dsb. memiliki fungsi dan arti tersendiri. Khalifah akan membangun taman-taman indah yang diperuntukkan bagi umum tanpa merusak habitat dan membebni biaya apapun terhadap rakyatnya yang ingin menikmati taman tersebut.

Itulah indahnya Islam. Sebab sistem Islam akan selalu membawa kemaslahatan bagi seluruh umat manusia. Karena Islam diturunkan sang Pencipta melalui Rasul-Nya sebagai rahmat bagi seluruh alam. Wallahu a’lam bishawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X