Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
40.518 views

Doa Saat Keluar Dari Rumah

Oleh: Badrul Tamam

Dalam keseharian kita, aktifitas keluar rumah untuk bekerja, usaha, belajar, ibadah, dan lainnya menjadi rutinitas. Hampir setiap kita melakukannya. Banyak tujuan baik yang kita inginkan saat keluar dari rumah, namun tidak sedikti bahaya yang mengintai kita ketika berada di sana. Berikut ini kami tuliskan dzikir dan doa yang dibaca saat keluar rumah, supaya kegiatan di luar menjadi lebih barakah, mengahasilkan banyak kebaikan dan pahala serta terhindar dari berbagai keburukan.

 

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alallaah Laa Haula wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Dasar Dzikir

Dzikir/doa di atas diriwayatkan dari Anas bin Malik, Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda, “Apabila seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca,

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Beliau bersabda, Dikatakan pada saat itu, “Engkau telah diberi petunjuk, dicukupkan, dan dijaga. Maka Syetan menjauh darinya sehingga syetan yang lain berkata kepadanya, “Kaifa laka birajulin? (Apa yang bisa engkau lakukan terhadap seseorang) yang telah diberi petunjuk , telah dicukupkan, dan telah dijaga?” (HR. Abu Dawud no. 4431, al-Tirmidzi no. 3348, Ibnu Hibban no. 823, dan Ibnu Sunni dalam ‘Amal  al-yaum wa al-Lailah, no. 177. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi no. 3426, Al-Misykah no. 2443, juga dalam Al-Kalim al-Thayyib)

Manfaat dan Faidahnya

Dzikir ini penuh dengan kebaikan, keberkahan, dan manfaat yang diinginkan setiap muslim. Karenanya seorang muslim hendaknya senantiasa merutinkan dzikir ini ketika keluar rumah untuk memenuhi hajat duniawi atau ukhrawinya. Seperti pergi ke masjid, ke pasar, bersafar, ke tempat kerja, atau dalam melaksanakan ibadah haji.

Dengan senantiasa merutinkan dzikir ini dan juga dzikir-dzikir lainnya, seorang hamba akan memiliki hubungan yang baik dan erat dengan Rabbnya. Dengan membaca doa ini seorang hamba mengingatkan dirinya akan kuasa Allah Subhanahu wa Ta'ala, bahwa tidak ada daya dan upaya kecuali dari-Nya dan dengan izin-Nya. Bahkan dia meyakini tidak ada kejadian di muka bumi ini kecuali dengan izin dan kehendak-Nya. Sehingga hamba tersebut akan merasa butuh dengan Rabb-nya untuk mendapatkan berbagai kebaikan bagi dirinya, sehingga dia akan selalu bertawakkal kepada-Nya.

Sebagai balasannya, seorang hamba yang membaca dzikir ini akan mendapat penjagaan, pertolongan, dan bimbingan dari Allah dalam menunaikan hajat dunia maupun agamanya. Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik penjaga, penolong dan pemberi petunjuk.

Manfaat lain yang akan diperoleh hamba, dia akan terjaga dari godaan dan gangguan syetan. Syetan akan menjauhinya. Bahkan syetan merasa berputus asa dari menggodanya, sehingga salah satu mereka akan berkata kepada yang lainnya, “(Apa yang bisa engkau lakukan terhadap seseorang) yang telah diberi petunjuk, telah dicukupkan, dan telah dijaga?”

Secara ringkas, bahwa doa ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Akan senantiasa mendapat petunjuk ke jalan yang benar. Orang yang bergantung kepada Allah melalui doa ini maka Allah akan senantiasa membimbingnya ke jalan yang benar. Dan barangsiapa yang dibimbing oleh Allah, tidak mungkin ada yang dapat menyesatkannya.
  2. Akan dibantu dalam menjalankan tugas dan hajatnya, baik yang bersifaf duniawi atau ukhrawi. Sehingga dia akan mendapatkan hasil yang baik dan berbarakah.
  3. Akan terlindung dari gangguan musuh dari kalangan jin ataupun menusia.
  4. Orang yang berdzikir dengan doa ini akan memiliki benteng dari syetan sehingga syetan akan menjauh darinya. Bahkan jika ada syetan lain yang ingin menimpakan kemudharatan kepadanya, maka syetan lainya akan mengingatkannya, “Apa yang bisa kamu lakukan terhadap orang yang sudah diberi petunjuk, diberi kecukupan, dan dilindungi.”

Adakah Dzikir Keluar Rumah Lainnya?

Masih ada dzikir lain yang disyariatkan untuk dibaca saat keluar rumah. Yaitu:

 

اللّهُـمَّ إِنِّـي أَعـوذُ بِكَ أَنْ أَضِـلَّ أَوْ أُضَـل ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَل ، أَوْ أَظْلِـمَ أَوْ أَُظْلَـم ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُـجْهَلَ عَلَـيّ

Allaahumma Innii A’udzubika an Adhilla au Udhalla, au Azilla au Uzalla, au Azlima Au Uzlama, au Ajhala au Yujhal ‘Alayya

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzhalimi diriku atau dizhalimi orang lain, dari berbuat bodoh atau dijahilin orang lain.”

Dasar riwayatnya  

Dari Ummu Salamah radhiyallaahu 'anha berkata, “Tidak pernah sekalipun Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam keluar dari rumahku kecuali beliau mengangkat pandangannya ke langit, lalu beliau membaca:

اللّهُـمَّ إِنِّـي أَعـوذُ بِكَ أَنْ أَضِـلَّ أَوْ أُضَـل ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَل ، أَوْ أَظْلِـمَ أَوْ أَُظْلَـم ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُـجْهَلَ عَلَـيّ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzhalimi diriku atau dizhalimi orang lain, dari berbuat bodoh atau dijahilin orang lain.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Misykatul Mashabih no. 2442)

Kandungannya

Doa ini merupakan doa yang agung, senantiasa dibaca oleh Nabi kita yang mulia pada setiap beliau keluar rumah, sebagaimana yang dinyatakan Ummu Salamah dalam hadits di atas.

Beliau membaca doa ini sambil menghadapkan pandangannya ke langit menunjukkan akan keimanan terhadap sifat tinggi Allah Ta’ala dan keberadaan di atas makhluk-makhluk-Nya. Dia bersemayam di ‘Arsy-Nya. Senantiasa mengawasi hamba-hamba-Nya dan menyertai mereka dengan ilmu, pengawasan, dan pertolongan-Nya. Tidak ada sesuatu yang tersembunyi dari-Nya, baik yang di bumi maupun di langit. Tidak ada perbuatan kecuali Dia menyaksikan. Dan tidak ada satu ucapan kecuali Dia mendengar-Nya. Karenanya seorang hamba hendaknya sadar akan ke-mahakuasaan Allah Ta’ala ini dengan merasa dilihat, didengar, dan diawasi oleh-Nya. Lalu diikuti dengan keyakinan bahwa Dia Maha mendengar panjatan doa, melihat keadaan hamba, dan Kuasa mengabulkan doa.

Karenanya seorang hamba hendaknya sadar akan ke-mahakuasaan Allah Ta’ala ini dengan merasa dilihat, didengar, dan diawasi oleh-Nya.

Lalu diikuti dengan keyakinan bahwa Dia Maha mendengar panjatan doa, melihat keadaan hamba, dan Kuasa mengabulkan doa.

Orang yang keluar rumah pasti dia akan bertemu dan berinteraksi dengan manusia. Sedangkan sifat manusia ada yang baik dan buruk. Karenanya mungkin sekali terjadi interaksi dan saling mempengaruhi dalam berbagai perkara dan penyimpangan yang harus dijauhi olehnya. Maka dalam doa ini, Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam mengajarkan perlindungan yang komplit, yaitu berlindung dari kesesatan, ketergelinciran, kedzaliman, dan kejahilan. Keempat hal ini membahayakan dan menghancurkan bagi hamba apabila dia terjerumus kepadanya. Keempat keburukan tersebut bisa terjadi tertuju kepada orang lain atas tingkahnya. Dan juga bisa tertuju kepada dirinya atas tingkah orang lain. Dan doa perlindungan dari keempat keburukan ini tertuju pada dua sisi, baik karena perbuatannya sehingga menimpa kepada orang lain atau atas perbuatan orang lain sehingga menimpa pada dirinya.

Allahumma Innii A’uudzubika an Adhilla au Udhalla (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku dan disesatkan orang lain), adalah permohonan kepada Allah agar menjauhkannya dari kesesatan yang menjadi lawan hidayah (petunjuk). Kesesatan bisa dari dirinya sendiri yang terjerumus ke dalam perbuatan dosa, maksiat, dan berbagai penyimpangan atau dia menyesatkan hamba Allah yang lain. Sedangkan kata Udhalla (aku disesatkan), maksudnya: orang lain menyesatkanku.

Terkadang seseorang ketika keluar dari rumahnya dalam kondisi baik dan tentram. Dia tidak ada niatan ingin berbuat buruk dan menyimpang. Lalu di tengah jalan, dia bertemu dengan seseorang yang menyesatkannya dari jalan ketaatan, sehingga dia menyimpang. Dari sini, apabila keluar rumah disunnahkan berlindung kepada Allah dari kesesatan dirinya, atau menyesatkan orang lain, atau disesatkan oleh orang lain.

Au Azilla au Uzalla (tergelincir atau digelincirkan), zulal adalah terjatuh dan tersungkur tanpa disadari oleh seseorang. Maksudnya berlindung dari tergelincir adalah berlindung dari terjerumus ke dalam dosa, kesalahan, dan penyimpangan tanpa disadari. Sedangkan berlindung dari digelincirkan, berlindung agar orang tidak melakukan hal itu kepadaku dengan menjerumuskanku dalam penyimpangan dan kehancuran tanpa kusadari.

Maksudnya berlindung dari tergelincir adalah: berlindung dari terjerumus ke dalam dosa, kesalahan, dan penyimpangan tanpa disadari.

Azlima au Uzlama (menzalimi dan dizalimi), memohon kepada Allah agar menjaga dirinya supaya tidak menzalimi orang lain dalam harta, fisik, kehormatan, atau lainnya. Karena kezaliman akan menjadi kegelapan dan kesengsaraan pada hari kiamat.

Sedangkan berlindung dari dizalimi, adalah berdoa agar tidak menjadi korban kezaliman orang atas fisik, harta, dan kehormatan dirinya atau yang lainnya. Maka dia berdoa agar dijauhkan dari menzalimi orang lain dan dizalimi orang lain.

Sedangkan makna berlindung dari kejahilan diri dan dijahili orang lain, adalah berlindung dari berbuat perbuatan orang-orang bodoh dan berada di atas jalan orang-orang tolol, berupa mencela, mencaci, menghina, meremehkan, dan lainnya, atau seseorang melakukan hal itu kepada diriku. Maka doa ini berisi perlindungan kepada Allah dari melakukan perbuatan orang-orang bodoh atau menjadi korban pebuatan tersebut yang dilakukan orang.

Inilah petunjuk Nabi kita shallallaahu 'alaihi wasallam yang tidak ada satu kebaikan kecuali dia sampaikan dan perintahkan; dan tidak ada  keburukan kecuali sudah dia terangkan dan peringatkan agar tidak melakukannya.

Semoga Allah menjaga diri saya, Anda, dan sekalian kaum mukminin dari keempat keburukan di atas, melalui doa yang kita baca saat keluar rumah. Hadanallaah wa iyyaakum ajma’iin. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X