Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.272 views

Indonesia akan Gelar Wisuda Akbar Hafalan Al-Qur'an di GBK Senayan

JAKARTA (voa-islam.com) - Pada 30 Maret 2013, Bangsa Indonesia bakal menggelar Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Qur’an (IMQ) 4 di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Perhelatan Nasional IMQ yang ke-4 diselenggarakan oleh Program Pembibitan Penghafal Al Qur’an Daarul Qur’an (PPPA Daqu). Wisuda kolosal ini bakal diikuti puluhan ribu peserta dari berbagai kota di Tanah Air.

Antara pekan pertama hingga keempat Maret 2013, ribuan kandidat wisudawan mengikuti seleksi yang diselenggarakan PPPA Daqu Pusat dan Cabang-cabang. Mereka baik santri maupun masyarakat umum, menyetor hafalan (muraja’ah) Surah Al Baqarah ayat 1-50 atau An Nabaa’ (1-40). Boleh juga setor kedua-duanya.

‘’Masyarakat yang ingin hadir dan ikut wisuda di GBK namun rumahnay jauh dari tempat pelaksanaan seleksi, dipersilakan mengikuti seleksi lewat telepon melalui Layanan Qur’an Call 500311 ext 1,’’ tutur Nanang Ismuhartoyo, Manager Program PPPA Daqu.

Seleksi perdana digelar pada 3 Maret 2013 oleh PPPA Daqu Bandung. Pesertanya lebih seribu orang dari Bandung, Depok, Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Sedang peserta dari Tasikmalaya mengikuti seleksi di Masjid Agung Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan Rumah Tahfidz Daarul Ilmi.

Berikutnya giliran calon peserta dari Sumatera Utara dan Aceh.
Ratusan kandidat wisudawan menyetor hafalan kepada Assatidz di Rumah Tahfidz Daarul Qur'an Medan.

Pada 9 dan 10 Maret, ratusan orang dari Sumatera Selatan dan Bangka-Belitung juga menjalani muraja’ah di Masjid Kyai Marogan,  Palembang. Seleksi diselenggarakan Rumah Tahfidz Kyai Marogan.

Tanggal 17 Maret, secara serentak seleksi berlangsung untuk peserta dari Jabodetabek, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan lain-lain. Muraja’ah berlangsung di masing-masing Cabang PPPA Daqu.

Manager PPPA Daarul Qur’an Sulawesi Selatan, H Yandrie, menyatakan, sebanyak seribu santri Sulsel siap ‘’meng-qur’an-kan’’ Jakarta.

‘’Insya Allah kami akan mengirimkan minimal 1000 Penghafal Qur’an untuk mengikuti IMQ 4. Dengan jumlah peserta terbesar dari Luar Jawa, kami siap meng-quran-kan Jakarta,’’ katanya bersemangat di Kantor PPPA Daarul Qur’an Sulsel, Sabtu (16/3).

Pengusaha muda di bidang aset investasi itu menuturkan, Kafilah Sulsel berasal dari Kota Makassar sebanyak 500 santri, Kabupaten Sinjai 130, Maros 300, Gowa 70, dan Kabupaten Pinrang 50 santri.

Sebanyak 20 Hafidz dan Hafidzah dari berbagai pesantren besar di Sulsel dikerahkan untuk menyeleksi mereka. Proses seleksi dilakukan serentak pada Ahad, 17 Maret 2013, di tiap Kabupaten/Kota.

Ulama dan Qari’ Internasional

Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Qur’an 4, tampaknya bukan saja hajatan nasional tapi juga internasional. Menurut Direktur Eksekutif PPPA Daqu, Tarmizi Ashidiq, sejumlah ulama dan qari’ internasional insya Allah akan hadir dalam IMQ 4 di GBK. Mereka antara lain Syekh Saad Al-Ghomidi (Saudi Arabia), DR Abdullah bin Ali Basfar (Saudi Arabia),  Syekh Abdul Jamal Yusuf (Gaza), DR Amin Kurdi (Lebanon), Syekh Thoriq (Kementrian Agama dan Wakaf Qatar), dan DR Kholid (Lebanon).

Syekh Saad Al-Ghomidi adalah salah satu pelantun murottal Qur’an yang sudah populer dan akrab bagi pecinta Qur’an di Indonesia. Tak heran bila salah satu software Al-Quran Digital menggunakan murottal (tilawah Al-Qur’an) Syeikh Saad Al-Ghomidi untuk suara qori’-nya.

Menurut Ustadz Slamet Ibnu Syam dari Divi jaringan Luar Negeri PPPA Daqu, para ulama dan qari dari Saudi Arabia diundang langsung oleh Ustadz Yusuf Mansur dengan bersilaturahim ke rumah mereka.

‘’Syekh Al-Ghomidi bersedia hadir, bahkan juga merekomendasikan nama-nama lain untuk turut diundang,’’ ungkap Ustadz Slamet yang menyertai Ustadz Yusuf Mansur ke Saudi beberapa waktu lalu.

Abdullah bin Ali Basfar adalah qari terkenal dan imam dari Arab Saudi. Namanya mulai terkenal setelah menjadi imam dan qari selama malam Pelafalan Qur'an Ramadhan. Saat ini ia menjadi Presiden Organisasi Tahsin Qur’an Internasional.

Sedangkan Sheikh Amin Kurdi adalah Imam Besar Masjid Al-Amin Beirut yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Darul Fatwa (Kementerian Agama). Ulama ini sehari-hari aktif mengajar di Universitas Darul Fatwa, Lebanon.

Syekh Abdul Jamal Yusuf adalah Direktur Lembaga Daarul Qur’an wal Sunnah Gaza, Palestina. Menurut Ir Abdul Rahim M Shehab, Ketua The Islamic Society (TIS) Jabalia, saat ini di Gaza terdapat sedikitnya 6000 anak Penghafal Qur’an.

‘’Dengan dukungan Bangsa Indonesia, lembaga-lembaga pendidikan Palestina insya Allah terus mencetak generasi Qur’ani dan pejuang,’’ kata Syekh Shehab saat berkunjung ke Kampung Qur’an tahun lalu.

Para Syekh dari Timur Tengah itu akan memberi sambutan dan taushiyah di ajang Indonesia Menghafal Qur’an 4. Mereka juga akan menjadi pembicara dalam Seminar Internasional tentang Al Qur’an di Kampung Qur’an Ketapang, Tangerang.  [nurbowo]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Recent Event lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X