Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.949 views

Kematian Mendadak Karena Olahraga Menurut Medis

VOA-ISLAM.COM – Politisi Partai Demokrat dan mantan aktor Adjie Massaid meninggal mendadak di usia 43 tahun usai bermain futsal. Dugaan kuat, Adjie kena serangan jantung sebelum meninggal, karena sebelumnya ia terlihat sehat.

Pulang main futsal, Pria berusia 43 tahun ini tersungkur di pintu rumahnya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (4/2/2011) malam. Ia dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati. Nyawanya tak tertolong. Ia meninggal Sabtu (5/2/2011) dini hari pada pukul 01.40. Adjie diduga terkena serangan jantung.

Belum ada keterangan resmi soal penyebab kematian Adjie. Namun, peristiwa kematian mendadak adalah peristiwa yang lazim terjadi. Mengapa serangan jantung bisa terjadi dan bagaimana menghindarinya?

Kematian mendadak yang dalam bahasa Inggris disebut sudden cardiac death, didefinisikan sebagai kematian yang tidak terduga atau proses kematian yang terjadi cepat, yaitu dalam waktu 1 jam sejak timbulnya gejala. Penyebab utama kematian mendadak adalah karena gangguan irama jantung (aritmia).

“Aritmia jantung adalah jantung berdenyut secara tidak teratur, bisa terlalu cepat atau terlalu lambat. Ketika kita melakukan aktivitas yang berat kecepatan denyut bisa meningkat hingga 200 sampai 300 denyut per menit,” kata dr. Aulia Sani, Sp.JP (K), ahli jantung dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta (5/2/2011).

Ia mengatakan, jantung yang berdenyut sangat cepat mengganggu kemampuan jantung memompa secara benar, bahkan berhenti. “Karena tidak ada darah yang dipompa maka jantung akan berhenti bekerja,” paparnya.

Aritmia bisa terjadi begitu saja tanpa sebab atau akibat sesuatu yang merangsang, seperti stres, tembakau, atau aktivitas fisik. “Pada saat berolahraga, otot jantung membutuhkan oksigen sebanyak-banyaknya. Bila kebutuhan itu tidak terpenuhi, misalnya karena gangguan pompa atau penyumbatan pembuluh darah, akibatnya fatal,” ungkapnya.

Selain gangguan aritimia jantung, penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan kematian mendadak. “Yang paling sering, ada penyempitan yang signifikan pada pembuluh koroner yang sangat vital mengurusi dua pertiga aliran darah ke jantung. Bisa juga karena ada plak yang tidak stabil lalu lepas dan menyumbat pembuluh darah sehingga terjadi gangguan sirkulasi,” katanya.

Plak yang menyumbat jantung itu terdiri dari lapisan keras yang terbentuk dari lemak atau kolesterol.

Aulia juga menambahkan, serangan jantung merupakan keadaan darurat medis. “Dalam waktu satu jam sejak terjadinya serangan, pasien sudah harus berada di rumah sakit. Jika dilakukan secepat mungkin, dokter masih bisa melakukan balonisasi primer sehingga nyawa pasien bisa tertolong,” pungkasnya.

Tips Menghindari Serangan Jantung Usai Olahraga

Menurut dokter spesialis kesehatan olahraga, Michel Triangto Sp KO, mayoritas kasus kematian setelah berolahraga terjadi akibat serangan jantung, gangguan pembuluh darah, dan stroke. “Semua olahraga memang bisa menimbulkan risiko menciptakan bahaya,” ujar Michel. 

Michel mengatakan kemungkinan kasus kematian usai berolahraga terjadi karena orang tersebut tidak mengetahui batas kemampuan fisiknya. “Jantungnya mungkin sudah tidak sekuat dulu. Atau mungkin ada penyakit hipertensi atau kolesterol tinggi,” lanjut dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Mitra Kemayoran tersebut. “Itu harus diwaspadai.”

Karena itu, Michel mengatakan sebaiknya orang-orang yang ingin berolahraga mencek dulu kemampuan fisiknya. Michel juga berbagi tips untuk menghindari kematian setelah berolahraga.

1. Pola pikir harus diubah.

Menurut Michel, tidak ada kesehatan yang didapat secara instan. Olahraga itu harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

2. Periksa batas-batas kemampuan kita. Periksa kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Menurut Michel, orang awam sebenarnya bisa memeriksa kesehatannya sendiri. Caranya dengan menghitung denyut nadi. “Biasanya denyut nadi yang normal 60 kali per menit sampai 90 kali per menit,” ujar Kepala Sub Direktorat Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia tersebut.

Michel juga memberi rumus untuk mengukur denyut nadi: 220 - usia dalam tahun= 100 persen. Artinya, jika usia Anda 40 tahun, maka denyut nadi Anda yang normal adalah 180 kali per menit. Denyut itu didapat dari 220-40.

3. Tidak semua olahraga berdampak baik untuk kesehatan jika dilakukan dengan salah.

Michel membagi olahraga menjadi dua. Pertama olahraga prestasi dan permainan. Dalam olahraga seperti ini, istilah No Pain, No Gain bisa diterima. Olahraga ini biasa dilakukan para atlet karena dibutuhkan ketahanan fisik yang prima.

Kedua, olahraga kesehatan. Olahraga ini contohnya seperti yoga, taichi, dan senam kebugaran.

Secara medis, manusia bisa berikhtiar melakukan berbagai tips agar tidak terkena serangan jantung saat olahraga. Tapi itu bukan berarti jaminan yang menghindarkan diri dari kematian mendadak. Karena jadwal kematian setiap jiwa bukan ditentukan oleh tips medis, tapi sudah ditakdirkan Allah SWT, tercatat di Lauhil Mahfuzh. Sebagai manusia beriman, kita hanya bisa berolahraga yang benar dan istiqamah beramal shalih. Agar suatu ketika bila kematian mendadak itu tiba, kita tercatat sebagai insan yang husnul khatimah. [silum/kps, tin]

Baca berita/artikel terkait:

  1. Mati Mendadak Seperti Adjie Makin Banyak di Akhir Zaman, Waspadalah!
  2. Kematian Mendadak Karena Olahraga Menurut Medis.
  3. Contoh Orang yang Mati Mendadak Setelah Olahraga.
  4. Wasiat Adjie Massaid: Anak-anaknya Harus Shaleh, Rajin Shalat dan Mengaji.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X