Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.501 views

Menopause Dan Depresi

Gejala depresi, takut berhubungan seks atau sakit tulang banyak dialami wanita menopause. Wanita yang mengalaminya memilih diam saja karena dianggap memalukan dan tidak mencari pertolongan medis saat gejala menopause datang, padahal itu membahayakan kesehatan mentalnya.

Menopause adalah proses alami yang tidak bisa dicegah dan semua wanita pasti akan mengalaminya. Fase berhentinya periode menstruasi ini bukanlah perkara yang mudah untuk dihadapi karena berbagai penyakit menunggu.

Menopause bisa menurunkan kualitas kesehatan wanita karena berkurangnya hormon estrogen.

Kenapa gejala menopause tidak boleh didiamkan?

Saat menopause wanita akan mengalami beberapa perubahan biologis yang secara khusus meliputi penurunan fungsi ovarium yang membuat produksi hormon seks estrogen berkurang secara signifikan.

Prof. Dr. med. Ali Baziad, SpOG (K) dari divisi Imunoendrokinologi Departemen Obgin FKUI-RSCM dalam artikel detikHealth menjelaskan bahwa terdapat 2 gejala menopause, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendeknya, Prof Ali menyebutkan gejalanya seperti berikut:

   1. Sering merasa kepanasan (hot flushes)
   2. Sulit menahan air kencing
   3. Takut melakukan hubungan seks
   4. Ingin mengakhiri hidup (depresi)

"Jadi kalau suami ngerasa kedinginan, istri justru kepanasan dan keringatan. Atau ketika sedang antre mau salaman malah kebelet pipis. Tapi yang paling banyak dikeluhkan yaitu nggak mau berhubungan seks lagi dengan suami karena vaginanya sudah kering. Jelas aja sakit, karena estrogennya sudah habis, jadi nggak ada lagi olinya. Jadi suami-suami harap maklum dan ikhlas kalau istri menolak seks, bukannya dibuat-buat tapi memang rasanya akan sakit sekali kalau dimasukkan penis," jelas Prof Ali.

Selain itu juga ada gejala lain seperti dilansir Health.com, antara lain:

   1. Gangguan di saluran kemih serta vagina
   2. Susah tidur
   3. Badan merasa tinyak nyaman
   4. Sering muncul pegal-pegal dan sakit punggung
   5. Vagina kering
   6. Wajah dan leher memerah rasanya seperti terbakar

Sedangkan gejala dan dampak jangka panjangnya yaitu sebagai berikut:

   1. Tulang keropos (osteoporosis)
   2. Penyakit jantung koroner
   3. Alzheimer (pikun)
   4. Stroke
   5. Kanker usus besar
   6. Gigi rontok
   7. Katarak

Untuk meringankan dan mengurangi semua risiko itu, maka terapi hormon estrogen pun sangat dibutuhkan. Tapi sayangnya, hanya sedikit wanita yang punya kesadaran untuk melakukannya padahal jika dilakukan bisa memperpanjang umur hidup, mengurangi risiko kematian dan meningkatkan kualitas hidup.

Kini menopause sudah mulai dialami oleh wanita-wanita paruh baya. Pola hidup yang tidak sehat diyakini menjadi pemicunya. Faktor genetik juga bisa jadi penyebabnya, karena ketika dilahirkan wanita sudah dijatah sel telurnya dan rata-rata sel telur wanita adalah 400.000 sel telur hingga mencapai masa menopause.

"Banyak wanita yang datang ke dokter mengeluhkan gejala depresi, takut berhubungan seks atau sakit tulang. Mereka tidak sadar bahwa itu adalah gejala menopause. Ketika diberitahu demikian, mereka tidak percaya karena umurnya baru 30 atau 40 tahun," ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Wolfgang Goethe University of Frankfurt, Jerman tersebut.

Menurut Prof Ali, saat ini gejala menopause memang banyak dialami wanita dan ibu-ibu paruh baya. Hal itu dikarenakan pola hidup mereka yang tidak sehat ketika masih muda.

"Wanita-wanita zaman sekarang kan banyak yang merokok, minum alkohol, minum obat-obatan penurun berat badan dan segala jenis obat-obatan. Padahal obat-obatan dan zat-zat beracun itu bisa membunuh sel-sel telur, karena sel telur sangat sensitif terhadap bahan kimia. Akibatnya mereka mengalami menopause dini, " ujar Prof Ali.

Untuk itu, jika tidak ingin mengalami menopause dini, sebaiknya wanita membiasakan pola hidup sehat sejak dini, terutama saat remaja.

"Banyaklah konsumsi makanan sumber fitoestrogen dari kedelai, bengkuang, pepaya. Banyakin juga bergerak, olahraga, kena sinar matahari sejak usia 12-an tahun," tutup Prof Ali.

(sydh/MI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X