Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.667 views

Petunjuk Hari Raya Iedul Adha 1430 H

Saudaraku yang mulia,,, kami ucapkan selamat hari raya Idul Adha al-mubarak kepada anda semua, kami sampaikan juga semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita.

Saudaraku se-Islam,,, kebaikan hanya ada pada petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, karenanya kita senantiasa mengikutinya dalam setiap aktifitas kehidupan kita. Sebaliknya, keburukan terletak pada penyimpangan dari petunjuknya shallallahu 'alaihi wasallam. Oleh karennya, kami akan menyampaikan beberapa perkara yang disunnahkan untuk diamalkan pada malam Idul Adha yang penuh berkah, hari Nahr, dan hari-hari Tasyriq. Selamat mengikuti:

Takbir

Disyariatkan bertakbir sejak fajar hari Arafah sampai Ashar pada hari Tasyriq yang terakhir, yaitu tanggal 13 Dzul Hijjah. Allah berfirman:  (وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ) "Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang." (QS. Al-Baqarah: 203). Menurut Ikrimah, maksudnya: "bertakbir pada hari-hari Tasyriq setelah shalat wajib, dengan kalimat Allahu Akbar, Allahu Akbar."

Menurut Ibnu Ibbas, "Ayyam Ma'dudat" (beberapa hari yang berbilang) adalah hari-hari Tasyriq.

Bunyi kalimat takbir adalah:

اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Bagi laki-laki membacanya dengan suara keras baik di masjid, pasar, maupun rumah, dan sesudah shalat lima waktu, sebagai bentuk mengagungkan Allah dan menampakkan ibadah dan syukur pada-Nya.

Menyembelih 'Udzhiyyah (hewan qorban)

Menyembelih hewan qorban dilaksanakan sesudah Shalat Ied berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيَذْبَحْ أُخْرَى مَكَانَهَا وَمَنْ لَمْ يَذْبَحْ فَلْيَذْبَحْ بِاسْمِ اللَّهِ

"Siapa yang sudah menyembelih sebelum melaksanakan shalat (Idul Adha) hendaknya dia menyembelih lagi sebagai gantinya. Dan barangsiapa yang belum menyembelih hendaknya menyembelih dengan menyebut nama Allah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kesempatan menyembelih hewan qorban selama empat hari, yaitu hari Nahr (Idul Adha) dan tiga hari sesudahnya yang dikenal dengan Hari Tayriq. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Hari-hari tasyriq adalah penyembelihan." (lihat: Silsilah Shahihah, no. 2476).

Mandi dan memakai wewangian bagi Laki-laki

Bagi-bagi kaum Adam ketika keluar menuju Shalat Ied disunnahkan memakai pakaian terbagus tanpa berlebihan dan tidak isbal (menjulurkan kain di bawah mata kaki), dan tanpa mengepang jenggot karena diharamkan. Sedangkan bagi kaum Hawa, dianjurkan untuk keluar melaksanakan shalat Ied tanpa berhias dan memakai minyak wangi. Tidak boleh keluar untuk taat kepada Allah dan untuk melaksanakan shalat kemudian dia bermaksiat  kepada Allah dengan bertabarruj, berhias, dan memakai wewangian di depan kaum Adam.

Makan dari daging qorban

Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak makan sehingga beliau pulang dari tempat shalatnya, beliau makan dari daging hewan qurbannya. (Zaadul Ma'ad: 1/441)

Pergi ke tempat Shalat Ied

Disunnahkan Shalat Ied di mushalla (tempat shalat) kecuali ada udzur syar'i, seperti hujan, maka shalat dilaksanakan di masjid sebagaimana yang dipraktekkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Melaksanakan Shalat Ied harus dengan berjamaah bersama kaum muslimin dan dianjurkan untuk mengikuti khutbahnya.

Sebagian ulama, seperti Ibnu Taimiyyah, berpendapat bahwa Shalat Ied hukumnya wajib berdasarkan  firman Allah: فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah." (QS. Al-Kautsar: 2) Kewajiban ini tidak gugur kecuali adanya udzur syar'i (penghalang yang dibenarkan oleh syariat). Bagi kaum Hawa tetap menghadiri Shalat Ied bersama kaum muslimin lainnya, hingga wanita yang sedang haid dan para budak wanita. Sedangkan wanita yang haid dia menjauh dari tempat shalat.

Ambil jalan berbeda

Disunnahkan mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat ke tempat Shalat Ied dan ketika pulang. Artinya ketika pergi ke tempat Shalat Ied melalui satu jalan dan pulang lewat jalan lain, sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Mengucapkan Kalimat selamat hari raya berdasarkan praktek para sahabat Rasulillah shallallahu 'alaihi wasallam.

Jauhi beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang, di antaranya:

  • Takbir berjamaah dengan suara koor (serempak berbarengan) atau dipimpin oleh satu orang.
  • Melakukan perbuatan yang haram pada waktu hari raya, seperti mendengarkan musik, nonton film, bercampur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, atau bentuk kemungkaran lainnya.
  • Memotong rambut atau kuku sebelum menyembelih bagi orang yang berqorban berdasarkan larangan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap hal itu.
  • Berlebihan dan tabdzir terhadap hal yang tak dibutuhkannya, tak berfaedah, dan tidak memiliki manfaat. Berdasarkan firman Allah Ta'ala: وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ "Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-An'am: 141)


Penutup

Saudaraku seiman,,, Jangan lupa untuk selalu beramal shalih dan melakukan kebajikan, seperti menyambung silaturahim dan mengunjungi kerabat. Janganlah saling membenci, bermusuhan, dan mendengki, serta jagalah hati dari sifat-sifat ini. berdermalah kepada fakir miskin dan anak-anak yatim, buatlah mereka bahagia.

Kami berdoa kepada Allah agar membimbing kita untuk selalu berbuat sesuatu yang mendatangkan keridlaan dan cinta-Nya, menganugerahkan kefahaman terhadap dien ini, serta menjadikan kita termasuk orang beramal shalih pada hari-hari ini, 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah, amalan yang hanya berharap ridla-Nya.

Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah bersama keluarga dan para sahabatnya. (PurWD/islamway)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan, Kaki Mahasiswi Akademi Dakwah ini Membusuk Terancam Amputasi. Ayo Bantu..!!

Sudah 4 bulan Ulandari menahan pedihnya patah tulang kaki karena tak punya biaya. Lukanya menganga dan membusuk, jika tidak segera dioperasi, calon dai ini terancam akan kehilangan kaki kirinya....

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Dana Terkumpul Rp 536 Juta, Masih Dibutuhkan Dana 214 Juta Lagi untuk Wakaf Produktif Muallaf

Untuk pembelian tanah program wakaf produktif muallaf Bolaang Mongondow Sulawesi Utara masih dibutuhkan dana 214 juta rupiah. Ayo berwakaf Rp 15.000 per meter, agar harta kekal dan pahala terus...

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Yuk Wakaf Tanah Rp 15.000 per Meter untuk Muallaf. Harta Kekal Abadi, Pahala Terus Mengalir

Dalam satu desa terdapat 53 muallaf hidup prihatin pra-sejahtera. Hanya dengan 15.000 rupiah kita bisa berwakaf tanah satu meter untuk rumah dan pekerjaan mereka. Total kebutuhan 70 rupiah....

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Qurrota Ayyuni: Yatim Pelajar Teladan Terlilit Tagihan Sekolah 8 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Anak yatim berprestasi ini selalu jadi juara sejak SD. Sang ayah hilang 9 tahun silam saat berdakwah ke luar kota. Terbelit kesulitan ekonomi, Ayu terbebani tagihan sekolah 8 juta rupiah....

Latest News
Hamas Kecam Pernyataan 'Sesat' Menlu Saudi di Parlemen Eropa

Hamas Kecam Pernyataan 'Sesat' Menlu Saudi di Parlemen Eropa

Ahad, 25 Feb 2018 10:36

[VIDEO] Ma'idaturrahmah 23 Februari berbagi hidangan kepada 130 Dhuafa

[VIDEO] Ma'idaturrahmah 23 Februari berbagi hidangan kepada 130 Dhuafa

Ahad, 25 Feb 2018 10:15

[VIDEO ILMIAH] Prof Tono: Indonesia Sholat Subuh Terlalu Cepat 26 Menit

[VIDEO ILMIAH] Prof Tono: Indonesia Sholat Subuh Terlalu Cepat 26 Menit

Ahad, 25 Feb 2018 10:04

Menikmati Senja di Ampenan

Menikmati Senja di Ampenan

Ahad, 25 Feb 2018 08:19

[VIDEO-2] Anak Dewa Nyaris Meninggal, Ust Khalid Basalamah: Shalat Solusinya

[VIDEO-2] Anak Dewa Nyaris Meninggal, Ust Khalid Basalamah: Shalat Solusinya

Ahad, 25 Feb 2018 08:10

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad "Hilang", Artis dan Dai Ini Beri Perhatian

Ahad, 25 Feb 2018 07:53

Pesona Senggigi yang Tiada Habisnya

Pesona Senggigi yang Tiada Habisnya

Ahad, 25 Feb 2018 07:12

Taman Narmada, Saksi Lombok sebelum Islamisasi

Taman Narmada, Saksi Lombok sebelum Islamisasi

Ahad, 25 Feb 2018 06:28

Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid, Begini Sejarahnya

Lombok Dijuluki Pulau Seribu Masjid, Begini Sejarahnya

Ahad, 25 Feb 2018 05:50

Turki: Keputusan AS untuk Buka Kedutaan Besar di Yerusalem Merusak Perdamaian

Turki: Keputusan AS untuk Buka Kedutaan Besar di Yerusalem Merusak Perdamaian

Sabtu, 24 Feb 2018 22:30

500 Warga Sipil 121 Diantaranya Anak-anak Telah Tewas dalam 7 Hari Serangan Rezim Assad di Ghouta

500 Warga Sipil 121 Diantaranya Anak-anak Telah Tewas dalam 7 Hari Serangan Rezim Assad di Ghouta

Sabtu, 24 Feb 2018 22:15

Pemerintah Syi'ah Irak Tolak Permintaan Riyadh untuk Serahkan Tahanan Warga Saudi

Pemerintah Syi'ah Irak Tolak Permintaan Riyadh untuk Serahkan Tahanan Warga Saudi

Sabtu, 24 Feb 2018 21:45

Laporan: AS Akan Buka Kedutaan Besar Mereka di Yerusalem pada Bulan Mei

Laporan: AS Akan Buka Kedutaan Besar Mereka di Yerusalem pada Bulan Mei

Sabtu, 24 Feb 2018 21:25

Kelirunya Ucapan Selamat oleh Pemimpin Saat Indonesia jadi Pasar Narkotik Terbesar di Dunia

Kelirunya Ucapan Selamat oleh Pemimpin Saat Indonesia jadi Pasar Narkotik Terbesar di Dunia

Sabtu, 24 Feb 2018 18:31

Politisi: Kepala BIN Hadir di Rakernas PDIP, Pilpres 2019 Saya Pastikan Tidak Demokratis

Politisi: Kepala BIN Hadir di Rakernas PDIP, Pilpres 2019 Saya Pastikan Tidak Demokratis

Sabtu, 24 Feb 2018 17:31

Pencalonan Jokowi oleh PDIP Dilihat Janggal oleh Pengamat

Pencalonan Jokowi oleh PDIP Dilihat Janggal oleh Pengamat

Sabtu, 24 Feb 2018 16:31

Kronologis PBB yang Dianggap Tak Layak Lolos oleh KPU

Kronologis PBB yang Dianggap Tak Layak Lolos oleh KPU

Sabtu, 24 Feb 2018 15:21

Ada Kesan Perbedaan dari Sikap Polri ke Masyarakat yang Kritis dengan Pemerintah

Ada Kesan Perbedaan dari Sikap Polri ke Masyarakat yang Kritis dengan Pemerintah

Sabtu, 24 Feb 2018 14:21

Peringatan untuk Polri atasnya Banyaknya Masyarakat yang Ditangkap karena Dianggap Sebar Hoax

Peringatan untuk Polri atasnya Banyaknya Masyarakat yang Ditangkap karena Dianggap Sebar Hoax

Sabtu, 24 Feb 2018 13:21

Internasionalisasi Haji dan Ekspansi Ideologi Syiah

Internasionalisasi Haji dan Ekspansi Ideologi Syiah

Sabtu, 24 Feb 2018 13:14


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Ahad, 25/02/2018 07:12

Pesona Senggigi yang Tiada Habisnya