Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.700 views

Petunjuk Hari Raya Iedul Adha 1430 H

Saudaraku yang mulia,,, kami ucapkan selamat hari raya Idul Adha al-mubarak kepada anda semua, kami sampaikan juga semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita.

Saudaraku se-Islam,,, kebaikan hanya ada pada petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, karenanya kita senantiasa mengikutinya dalam setiap aktifitas kehidupan kita. Sebaliknya, keburukan terletak pada penyimpangan dari petunjuknya shallallahu 'alaihi wasallam. Oleh karennya, kami akan menyampaikan beberapa perkara yang disunnahkan untuk diamalkan pada malam Idul Adha yang penuh berkah, hari Nahr, dan hari-hari Tasyriq. Selamat mengikuti:

Takbir

Disyariatkan bertakbir sejak fajar hari Arafah sampai Ashar pada hari Tasyriq yang terakhir, yaitu tanggal 13 Dzul Hijjah. Allah berfirman:  (وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ) "Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang." (QS. Al-Baqarah: 203). Menurut Ikrimah, maksudnya: "bertakbir pada hari-hari Tasyriq setelah shalat wajib, dengan kalimat Allahu Akbar, Allahu Akbar."

Menurut Ibnu Ibbas, "Ayyam Ma'dudat" (beberapa hari yang berbilang) adalah hari-hari Tasyriq.

Bunyi kalimat takbir adalah:

اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Bagi laki-laki membacanya dengan suara keras baik di masjid, pasar, maupun rumah, dan sesudah shalat lima waktu, sebagai bentuk mengagungkan Allah dan menampakkan ibadah dan syukur pada-Nya.

Menyembelih 'Udzhiyyah (hewan qorban)

Menyembelih hewan qorban dilaksanakan sesudah Shalat Ied berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيَذْبَحْ أُخْرَى مَكَانَهَا وَمَنْ لَمْ يَذْبَحْ فَلْيَذْبَحْ بِاسْمِ اللَّهِ

"Siapa yang sudah menyembelih sebelum melaksanakan shalat (Idul Adha) hendaknya dia menyembelih lagi sebagai gantinya. Dan barangsiapa yang belum menyembelih hendaknya menyembelih dengan menyebut nama Allah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kesempatan menyembelih hewan qorban selama empat hari, yaitu hari Nahr (Idul Adha) dan tiga hari sesudahnya yang dikenal dengan Hari Tayriq. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Hari-hari tasyriq adalah penyembelihan." (lihat: Silsilah Shahihah, no. 2476).

Mandi dan memakai wewangian bagi Laki-laki

Bagi-bagi kaum Adam ketika keluar menuju Shalat Ied disunnahkan memakai pakaian terbagus tanpa berlebihan dan tidak isbal (menjulurkan kain di bawah mata kaki), dan tanpa mengepang jenggot karena diharamkan. Sedangkan bagi kaum Hawa, dianjurkan untuk keluar melaksanakan shalat Ied tanpa berhias dan memakai minyak wangi. Tidak boleh keluar untuk taat kepada Allah dan untuk melaksanakan shalat kemudian dia bermaksiat  kepada Allah dengan bertabarruj, berhias, dan memakai wewangian di depan kaum Adam.

Makan dari daging qorban

Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak makan sehingga beliau pulang dari tempat shalatnya, beliau makan dari daging hewan qurbannya. (Zaadul Ma'ad: 1/441)

Pergi ke tempat Shalat Ied

Disunnahkan Shalat Ied di mushalla (tempat shalat) kecuali ada udzur syar'i, seperti hujan, maka shalat dilaksanakan di masjid sebagaimana yang dipraktekkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Melaksanakan Shalat Ied harus dengan berjamaah bersama kaum muslimin dan dianjurkan untuk mengikuti khutbahnya.

Sebagian ulama, seperti Ibnu Taimiyyah, berpendapat bahwa Shalat Ied hukumnya wajib berdasarkan  firman Allah: فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah." (QS. Al-Kautsar: 2) Kewajiban ini tidak gugur kecuali adanya udzur syar'i (penghalang yang dibenarkan oleh syariat). Bagi kaum Hawa tetap menghadiri Shalat Ied bersama kaum muslimin lainnya, hingga wanita yang sedang haid dan para budak wanita. Sedangkan wanita yang haid dia menjauh dari tempat shalat.

Ambil jalan berbeda

Disunnahkan mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat ke tempat Shalat Ied dan ketika pulang. Artinya ketika pergi ke tempat Shalat Ied melalui satu jalan dan pulang lewat jalan lain, sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Mengucapkan Kalimat selamat hari raya berdasarkan praktek para sahabat Rasulillah shallallahu 'alaihi wasallam.

Jauhi beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang, di antaranya:

  • Takbir berjamaah dengan suara koor (serempak berbarengan) atau dipimpin oleh satu orang.
  • Melakukan perbuatan yang haram pada waktu hari raya, seperti mendengarkan musik, nonton film, bercampur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, atau bentuk kemungkaran lainnya.
  • Memotong rambut atau kuku sebelum menyembelih bagi orang yang berqorban berdasarkan larangan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terhadap hal itu.
  • Berlebihan dan tabdzir terhadap hal yang tak dibutuhkannya, tak berfaedah, dan tidak memiliki manfaat. Berdasarkan firman Allah Ta'ala: وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ "Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-An'am: 141)


Penutup

Saudaraku seiman,,, Jangan lupa untuk selalu beramal shalih dan melakukan kebajikan, seperti menyambung silaturahim dan mengunjungi kerabat. Janganlah saling membenci, bermusuhan, dan mendengki, serta jagalah hati dari sifat-sifat ini. berdermalah kepada fakir miskin dan anak-anak yatim, buatlah mereka bahagia.

Kami berdoa kepada Allah agar membimbing kita untuk selalu berbuat sesuatu yang mendatangkan keridlaan dan cinta-Nya, menganugerahkan kefahaman terhadap dien ini, serta menjadikan kita termasuk orang beramal shalih pada hari-hari ini, 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah, amalan yang hanya berharap ridla-Nya.

Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah bersama keluarga dan para sahabatnya. (PurWD/islamway)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Hebat.!!! Siswa SDI Cikal Cendikia Semangat Bersedekah Barang Melalui IDC

Ratusan murid SD Islam Cikal Cendekia Pinang Tangerang Banten antusias mengumpulkan barang-barang yang tidak terpakai, untuk disedekahkan kepada yatim dan dhuafa....

Latest News
Hadirilah! Tabligh 'Misteri Dajjal Akhir Zaman' di Bandung

Hadirilah! Tabligh 'Misteri Dajjal Akhir Zaman' di Bandung

Sabtu, 21 Apr 2018 23:46

Warga Saudi Keluhkan Harga Tiket Bioskop yang Terlalu Mahal

Warga Saudi Keluhkan Harga Tiket Bioskop yang Terlalu Mahal

Sabtu, 21 Apr 2018 22:15

Wakil PM Malaysia Sebut Pembunuhan Ilmuan asal Palestina Kemungkinan Terkait Intelijen Asing

Wakil PM Malaysia Sebut Pembunuhan Ilmuan asal Palestina Kemungkinan Terkait Intelijen Asing

Sabtu, 21 Apr 2018 21:35

Jihad Islam: Mossad Berada di Balik Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Jihad Islam: Mossad Berada di Balik Pembunuhan Ilmuan Palestina di Malaysia

Sabtu, 21 Apr 2018 21:10

Mengamuk, WNA di Rudenim Rusak Fasilitas

Mengamuk, WNA di Rudenim Rusak Fasilitas

Sabtu, 21 Apr 2018 17:59

Itu Bukan Duniaku Lagi

Itu Bukan Duniaku Lagi

Sabtu, 21 Apr 2018 17:20

Logika Sesat Kesetaraan Gender

Logika Sesat Kesetaraan Gender

Sabtu, 21 Apr 2018 17:00

Hamas Berduka Atas Wafatnya Ilmuwan Palestina di Kuala Lumpur

Hamas Berduka Atas Wafatnya Ilmuwan Palestina di Kuala Lumpur

Sabtu, 21 Apr 2018 16:53

Meneropong Idealisme Partai Islam

Meneropong Idealisme Partai Islam

Sabtu, 21 Apr 2018 16:45

Ikutilah! Tabligh 'Tragedi Ukhuwah di Akhir Zaman' Bersama Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani

Ikutilah! Tabligh 'Tragedi Ukhuwah di Akhir Zaman' Bersama Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani

Sabtu, 21 Apr 2018 16:45

Wanita, Karirmu Tidak Hanya Sebatas Dunia

Wanita, Karirmu Tidak Hanya Sebatas Dunia

Sabtu, 21 Apr 2018 16:40

Kementan Apresiasi Bantuan Beras Ke Suriah

Kementan Apresiasi Bantuan Beras Ke Suriah

Sabtu, 21 Apr 2018 15:19

Rakernas KB-PII Dorong Konsolidasi Umat

Rakernas KB-PII Dorong Konsolidasi Umat

Sabtu, 21 Apr 2018 15:15

Pembangunan di Rezim Jokowi Tidak Sesuai dengan Kondisi di Lapangan, Kita hanya Tersandra Informasi

Pembangunan di Rezim Jokowi Tidak Sesuai dengan Kondisi di Lapangan, Kita hanya Tersandra Informasi

Sabtu, 21 Apr 2018 14:59

Tips Hindari Cyberbullying

Tips Hindari Cyberbullying

Sabtu, 21 Apr 2018 14:11

Ketika Abdul Somad Tak Dikenal Banyak Umat di Acara Besar

Ketika Abdul Somad Tak Dikenal Banyak Umat di Acara Besar

Sabtu, 21 Apr 2018 14:07

Perpres TKA No. 20/2018 Ditertawai Mantan Komisioner HAM

Perpres TKA No. 20/2018 Ditertawai Mantan Komisioner HAM

Sabtu, 21 Apr 2018 13:59

Innalillahi, Imam Asal Palestina Tewas Ditembak di Kuala Lumpur Saat akan Tunaikan Shalat Subuh

Innalillahi, Imam Asal Palestina Tewas Ditembak di Kuala Lumpur Saat akan Tunaikan Shalat Subuh

Sabtu, 21 Apr 2018 12:12

[VIDEO] Natalius Pigai Sebut Jokowi ke Daerah Hanya Wisata Pembangunan

[VIDEO] Natalius Pigai Sebut Jokowi ke Daerah Hanya Wisata Pembangunan

Sabtu, 21 Apr 2018 09:20

Rencana Mendikbud Gelar Nobar Film Dilan, Fahri: Pihak Kemendikbud Sudah Kehabisan Ide

Rencana Mendikbud Gelar Nobar Film Dilan, Fahri: Pihak Kemendikbud Sudah Kehabisan Ide

Sabtu, 21 Apr 2018 09:01


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X