Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
23.023 views

Kasus Nikah Muslimah-Kristen: Telantarkan Istri Pertama, Ruhut Ditegur BK DPR

JAKARTA (voa-islam.com) — Ruhut Sitompul tersandung kasus beraroma nikah beda agama dengan istri pertama yang dinikahi ketika beragama Islam. Gara-gara menelantarkan anak dan istri pertamanya, Ruhut mendapat terguran tertulis dari Badan Kehormatan (BK) DPR. Teguran BK diteruskan ke Fraksi Demokrat.

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul akhirnya mendapat teguran tertulis dari BK DPR. Bukan karena meminta Anas Urbaningrum turun dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat, tapi karena dianggap menelantarkan istri pertamanya yang beragama Islam, Anna Rudhiantiana Legawati.

Beberapa waktu lalu, Anna mengadukan suaminya ke BK DPR karena menelantarkan dia dan anaknya. Bahkan Ruhut hanya mengakui anak dari istri keduanya.

Menurut anggota BK DPR Fahri Hamzah, pihaknya sudah mengeluarkan keputusan tersebut. Dan dia meminta Ruhut harus menghormatinya.

“Harusnya yang bersangkutan (Ruhut, red) bisa menerima keputusan apa yang BK tetapkan padanya. Kalau keputusan itu tidak dihormati, itu efek kelanjutannya juga panjang. Jadi harus dibaca dan dihormati,” tutur Fahri di Gedung DPR, Rabu (8/2/2012).

Fahri menambahkan, surat teguran tertulis BK itu telah diteruskan kepada Fraksi Partai Demokrat. Selanjutnya, tugas Fraksi PD lah yang melanjutkan kepada anggota Komisi III DPR ini. Fahri menegaskan, pihaknya hanya memproses aduan seseorang kepada orang yang masih menjadi anggota dewan.

“Kan Istri pertamanya Anna Rudhiantiana Legawati datang ke BK dan melaporkan maka kita proses,” cetusnya.

Bulan Juli 2011, didampingi pengacara senior, Hotman Paris Hutapea, Anna Rudhiantiana Legawati melaporkan kepada BK DPR bahwa ia sudah dinikahi Ruhut di Gereja di Medan, Sumatera Utara, pada 10 Maret 1990 silam. Saat itu, Anna beragama Islam sedangkan Ruhut beragama Nasrani. Karena berbeda keyakinan, keduanya menikah kembali di Sidney, Australia, pada 27 Juni 1998.

Pulang dari Sidney, keduanya lantas menikah kembali dengan adat Batak di Medan pada bulan Juni 2001. Nama Anna pun berubah menjadi Anna Boru Tobing. Dari pernikahan itu, mereka lalu dikaruniai Christian Husen Sitompul (20) yang terlahir dengan down syndrome.

Anna pun menunjukkan alat bukti berupa sertifikat pernikahan mereka di Australia, catatan sipil pernikahan Ruhut dan Anna, termasuk dokumentasi foto pernikahan adat.

Menanggapi tudingan istrinya, kepada media Ruhut membela diri, berkilah bahwa hubungan dengan Anna Rudhitiana Legawati hanya sebatas kumpul kebo, bukan sebuah pernikahan yang sah.

Anna pun melaporkan Ruhut ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan dokumen saat Ruhut menikah lagi dengan wanita lain. Pada 2008 Ruhut menikah lagi dengan Diana Leovita dan mengaku belum pernah menikah. Ruhut pun mengubah semua biodatanya di DPR. Dia mengaku punya dua anak dari Diana. Selain itu, dalam laporannya Anna tidak terima dituding kumpul kebo, seperti disebutkan Ruhut kepada media.

Sementara itu, menanggapi rencana pemanggilan, Ruhut Sitompul. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat itu dipanggil terkait teguran keras dari Badan Kehormatan DPR soal rumah tangga yang diadukan Anna Rudhiantiana Legawati.

Pengacara nyentrik itu juga mengaku tak gentar dengan rencana pemanggilan Dewan Kehormatan Partai Demokrat terhadap dirinya. “Aku siap kalau dipanggil. Kader Demokrat harus begitu. Kita mau menang nggak di 2014? Ini kan untuk komitmen partai. Ini pada tak tahu diri saja. Mestinya yang mau membela diri, malu dong. Nanti akan terbongkar semua,” kata Ruhut di Jakarta, Kamis (9/2/2012). [A. Mumtaz/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Indonesiana lainnya:

+Pasang iklan

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

NABAWI HERBA Distributor & Supplier Herbal

Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk dari ratusan Produsen yang kami distribusikan
http://www.anekaobatherbal.com

19 Video Debat Islam-kristen

Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab ulama, serta nasyid walimah dan jihad. Kunjungi sekarang !
http://www.digitalhuda.com

Panduan SEO Lengkap: SEO Linking Guide

Panduan komprehensif tentang teknik SEO ninja dan penjelasan menyeluruh tentang SEO, plus bonus Ultimate On Page & Link Building Manual. Agar website anda jadi no.1 di Google.
http://produk.syamsulalam.net/sl/seo-linking-guide/

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Aktivis Masjid Ditangkap Densus, Keluarganya Butuh Biaya Hidup dan Sekolah, Ayo Bantu!!

Aktivis Masjid Ditangkap Densus, Keluarganya Butuh Biaya Hidup dan Sekolah, Ayo Bantu!!

Hanya bermodal mesin jahit, Ummu Zakiya harus berjuang sendiri menafkahi dan menyekolahkan ketiga putrinya. Suaminya ditangkap Densus dengan tuduhan anggota Mujahidin Indonesia Barat...

Cut Masyitah, Ustadzah Muda Menderita Komplikasi Jantung, Ginjal dan Liver. Ayo Bantu!!

Cut Masyitah, Ustadzah Muda Menderita Komplikasi Jantung, Ginjal dan Liver. Ayo Bantu!!

Dai muda asal Aceh ini tidak bisa berdakwah lagi. Ia hanya bisa terbaring di ICU karena komplikasi jantung bocor, gangguan liver dan ginjal. Anak didik dan jamaah merindukan kehadirannya...

Bayi Nabil Mujahid Sudah Sehat, Donasi Rp 12 Juta Sudah Disalurkan

Bayi Nabil Mujahid Sudah Sehat, Donasi Rp 12 Juta Sudah Disalurkan

Setelah dirawat inap sepuluh hari, bayi Nabil Mujahid diizinkan pulang karena sudah sehat. Biaya persalinan dan pengobatan sebesar Rp 12.716.492,- dilunasi dari infaq para donatur IDC...

Ikrimah Anak Mujahid Sembuh dari DBD & Meningitis, Donasi Rp 12 Juta Telah Disalurkan

Ikrimah Anak Mujahid Sembuh dari DBD & Meningitis, Donasi Rp 12 Juta Telah Disalurkan

Setelah opname selama 5 hari, Ikrimah diperbolehkan pulang karena sudah sembuh. Total tagihan Rp 12.876.045,- dilunasi dari infaq donatur IDC....

Zakat & Infaq Cerdas: Salurkan Zakat dan Infaq untuk Beasiswa Yatim-Dhuafa

Zakat & Infaq Cerdas: Salurkan Zakat dan Infaq untuk Beasiswa Yatim-Dhuafa

Dalam harta yang kita ada hak orang lain. Zakat adalah senyum masa depan fakir miskin. Salurkan zakat, infaq dan sedekah ke program Zakat Cerdas untuk beasiswa Yatim-Dhuafa. Ini bukan zakat biasa!!...

Latest News


Must Read!
X