Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.314 views

MUI Pusat dan Pemerintah Harus Cepat Tanggap Soal Sekte Sesat Gafatar

JAKARTA (voa-islam.com) - Keberadaan aliran sesat yang berlindung di balik legalitas ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sangat meresahkan umat Islam. Apalagi dengan berkedok kegiatan sosial, budaya dan pendidikan Gafatar sudah masuk ke berbagai daerah dari mulai Aceh hingga Papua. Tentu saja hal ini sangat mengancam ‘aqidah umat Islam.

Wakil Ketua Komisi Dakwah Khusus MUI Pusat ustadz Abu Deedat Syihab, MH mengatakan bahwa ia telah  menyampaikan sepak terjang aliran sesat Gafatar yang awalnya bernama Komar (Komunitas Millah Abraham) kepada ketua MUI Pusat KH. Ma’ruf Amin.

“Saya sudah menyampaikan ke KH. Ma’ruf Amin tentang perubahan nama itu,” tuturnya kepada voa-islam.com, Senin (9/4/2012).

Ustadz Abu Deedat juga menyayangkan adanya tokoh budayawan seperti Taufik Abdullah dan juga artis Ray Sahetapy yang turut hadir saat pendeklarasian Gafatar di Gedung Niaga Jakarta Inernational Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/01/2012)

“ada juga tokoh-tokoh dan artis-artis yang ikut di dalamnya karena mereka tidak paham mungkin. Di antara mereka ada Taufik Ismail dan Ray Sahetapy,” ujar da’i yang aktif sebagai Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bekasi ini.

Untuk menutupi kesesatan Gafatar nama Nabi Palsu Ahmad Mushoddeq tidak ditampilkan sebab saat ini Mushoddeq memang bukan lagi sekedar Nabi  atau Rasul tapi sebagai Mesias. Adapun pernyataan taubat Mushoddeq Jum’at (9/11/2007) beberapa tahun yang lalu adalah dusta belaka, sebab dalam deklarasi Komunitas Millah Abraham (Komar) di Bandung nama Nabi Palsu pensiunan PNS ini masih ada.

“Posisi Mushoddeq sudah Mesias sekarang bukan lagi Rasul, meskipun sekarang tidak ditimbulkan waktu deklarasi Komar di Bandung itu ada nama dia. Jadi pernyataan bahwa dia sudah taubat dulu itu bohong, cuma Said Aqil Siradj saja yang mau dibohongi, wong dia (Mushoddeq) yang jadi Rasulnya mana mau taubat,” ungkap pakar kristologi ini.

Ustadz Abu Deedat juga berharap MUI Pusat bisa menindaklanjuti laporan yang telah ia sampaikan tentang kesesatan Gafatar. Ia pun menilai strategi Gafatar membentuk sebuah ormas sebagai tameng mengikuti pola Ahmadiyah agar seolah sah menyebarkan ajarannya.

“Strategi ini sepertinya mengikuti Ahmadiyah untuk memiliki legalitas dan seolah sudah sah menjadi ormas,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa bentuk kesesatan Gafatar di antaranya tidak mewajibkan shalat dan mengganti ibadah haji cukup dengan kongres yang mereka lakukan.

“Mereka tidak mewajibkan shalat, tidak ada shalat Jum’at termasuk ibadah haji, kalau mereka mengadakan kongres itulah ibadah haji mereka,” imbuhnya.

Di akhir wawancara ustadz Abu Deedat mengimbau, melihat ormas Gafatar sudah masuk ke berbagai daerah, umat Islam hendaknya mencermati keberadaan Gafatar ini, selain itu ia juga meminta aparat pemerintah bisa cepat tanggap menangani aliran sesat tersebut jika tidak ingin ada gesekan di tengah masyarakat.

“Jadi umat harus mencermati bahwa itu adalah aliran sesat seperti sebelumnya (Al Qiyadah dan Komar) hanya ganti nama saja. Sampai saat ini diperkirakan sudah ada 24 DPD Gafatar yang tersebar di Indonesia, pemerintah harus cepat tanggap menangani masalah ini jika tidak ingin ada gesekan dikemudian hari,” tutupnya. [Ahmed Widad]   

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X