Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
3.827 views

20 SMA se-Indonesia Ikuti Pesantren Kilat di atas Kapal Perang TNI AL

JAKARTA (VoA-Islam) – Sudah menjadi tradisi tahunan, setiap liburan sekolah, SMA Labschool Jakarta mengadakan Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI), sebuah kegiatan pesantren kilat berskala nasional yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dari berbagai sekolah dengan latar belakang agama serta budaya yang berbeda.

Yang menarik, kegiatan sanlat yang berlangsung selama empat hari (3-6 Juli 2012) ini diadakan di atas KRI Banda Aceh, sebuah kapal perang milik TNI AL. Selain mengikti Sanlat, pelajar diajak berlayar mengelilingi kepulauan Seribu. Tahun ini, BTPI ke-15 ini akan melintasi Gunung Krakatau, dan singgah di Pulau Untung Jawa.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Indonesia, yang terdiri dari 20 SMA se-Indonesia dengan jumlah seluruh peserta, siswa dan guru pembimbing serta panitia sebanyak 300 orang.

SMA yang ikut berlayar dan mengikuti Sanlat ala BTPI ini antara  lain: SMA Labschool Jakarta, SMA 1 Batik Surakarta, SMA Al-Azhar Medan, SMAN 3 Sukabumi, SMA PGII Bandung, SMAN 6 Palembang, SMAN 1 Padang, SMA Babussalam Pekanbaru, SMA 1 Bukit Asam Tanjung Enim, SMA Pusri Palembang, SMA 13 Jakarta, SMK 39 Jakarta, dan sebagainya.

Selama di atas kapal perang, siswa mendapat arahan dari para guru, mentor, dan pedamping dari anggotaTNI AL. Ada beberapa materi dan kegiatan yang diberikan kepada pelajar saat berada di KRI Banda Aceh, antara lain: pengenalan KRI Banda Aceh, Motivasi kebaharian, Games Kelompok, Olahraga Air, (menyelam, dayung dan perahu karet), Penanaman bibit bakau oleh peserta BTPI, outbound, Pentas Kreasi Seni Budaya, Muhasabah dan sebagainya.

Bagi pelajar yang beragama Islam akan dibimbing untuk membiasakan hidup disiplin, seperti melaksanakan shalat 5 waktu secara berjamaah dan diikuti kultum yang dipersiapkan oleh siswa peserta BTPI secara Selain itu, siswa juga akan dibiasakan bangun malam untuk melaksanakan shalat tahajud dengan cara berjamaah.

Sekilas BTPI

Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Labschool Jakarta yang bertujuan untuk membina generasi  muda, para pelajar khususnya, dengan memberikan pengetahuan tentang wawasan kebaharian dan maritime, membina iman dan taqwa serta membangun rasa cinta tanah air.

Untuk mewujudkan generasi muda yang cinta bahari, berwawasan Imtaq, mampu menghadirkan Allah dalam kehidupan sehari-hari, siswa-siswi akan mendapatkan materi keimanan dan ketakwaan, kepribadian, wawasan bahari, mental pelajar serta kepedulian terhadap alam dan sesama manusia.

“Melalui BTPI, pelajar Indonesia dapat menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan, cinta bahari, serta pembinaan karakter untuk mencapai manusia madani yang berwawasan global,” kata praktisi pendidikan Arif Rachman yang juga penasihat SMA Labschool Jakarta.

Semula kegiatan ini merupakan gagasan Presiden (Alm Soeharto) dalam rangka pembinaan pemuda setiap memasuki liburan sekolah. Merespon gagasan tersebut, SMA Labschool Jakarta mengadakan Pesantren KIlat yang dikembangkan menjadi Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) yang melibatkan pelajar dari berbagai daerah dengan latar belakang agama yang berbeda.

Kegiatan ini dilaksanakan pertama kalinya pada tahun 1996 dengan diikuti oleh sekitar 200 siswa yang berasal dari 17 sekolah di Jakarta. Dalam rangka melayani permintaan dari sekolah-sekolah di luar DKI Jakarta, maka pada tahun 2000 BTPI diperluas dan diikuti oleh 30 sekolah se-Indonesia, diantaranya: Aceh, Medan, Palembang, Jambi, Samarinda, Bontang, Balikpapan, Makasar, Menado, Jadebotabek, Bandung, Yogjakarta, Semarang, Surabaya, hingga Papua. Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Indonesiana lainnya:

+Pasang iklan

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Dua Tahun Nuraini Menahan Sakit Tumor Mata. Cita-citanya Ingin Jadi Ustadzah. Ayo Bantu!!

Orang dewasa saja belum tentu sanggup menahan nyeri yang hebat selama dua tahun pada mata dan kepala. Tapi balita Nuraini ini bisa bersabar menghadapi ujian Allah, tumor mata ganas....

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Untuk meningkatkan dakwah dan kesejahteraan umat Islam, IDC mensinergikan dakwah Islamiyah, misi kemanusiaan dan medis. Ayo bantu program KLINIK UMMAT di berbagai daerah....

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Gadis yatim syuhada ini wafat di RS Adam Malik Medan setelah menderita penyakit Lupus. Ayahnya gugur tahun 2010 saat menegakkan syariat i'dad bersama kafilah Mujahidin Aceh....

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Setelah dua pekan opname di rumah sakit, akhirnya Luqman Rivai bisa pulang ke rumah. Biaya operasi sebesar 33,5 juta rupiah dilunasi, IDC turut membantu biaya 8,5 juta rupiah...

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Sudah dua pekan Luqman opname di rumah sakit, usai operasi penyumbatan usus. Ia tak bisa pulang karena terganjal biaya operasi 33,5 juta rupiah yang belum dilunasi. Ayo bantu!! ...

Latest News


Must Read!
X