Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
24.610 views

Warga Klaten Gagalkan Menteri Katolik Resmikan Gereja Ilegal Griya Samadi

KLATEN (voa-islam.com) – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Purnomo Yusgiantoro yang direncanakan orang-orang Kristen di Klaten untuk meresmikan gereja ilegal Griya Samadi pada hari Selasa (2/7/2013) jam 18.00 WIB akhirnya gagal.

Menteri yang beragama Kristen Katolik tersebut sedianya akan meresmikan gereja ilegal Griya Samadi yang beralamat di dukuh Rejoso Rt. 02/Rw. 06 desa Rejoso kecamatan Jogonalan kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Selain meresmikan gereja ilegal, kedatangan Menhan juga bertujuan untuk mengukuhkan 50 tahun keimaman GREGORIUS UTOMO atau yang lebih akrab disapa Romo Tomo.

Namun, karena respon penolakan terhadap gereja ilegal Griya Samadi milik Romo Tomo begitu keras datang dari masyarakat muslim di Klaten dan khususnya warga muslim di desa Rejoso, maka peresmian Gereja Ilegal yang terbilang nekad itu dipindah ke gereja Maria Assumpta, Semangkak, Klaten Kota.

...HUT, hari ulang tahun pengangkatan imamat GREGORIUS UTOMO atau Romo Tomo yang ke 50 tahun gagal. Peresmian gereja ilegal Griya Samadi di Rejoso oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro juga gagal dan dipindah ke gereja Maria Assumpta Semangkak Klaten...

Hal ini disampaikan Gianto kepada voa-islam.com, Korlap aksi unjuk rasa damai lima ratusan laskar dan umat Islam Klaten serta warga muslim desa Rejoso di depan gereja ilegal Griya Samadi pada Selasa (2/7/2013) sore di desa Rejoso.  

“HUT, hari ulang tahun pengangkatan imamat GREGORIUS UTOMO atau Romo Tomo yang ke 50 tahun gagal. Acara pada tanggal 2 Juli (2013 -red) awalnya mau diselenggarakan peresmian gereja ilegal Griya Samadi di Rejoso oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro juga gagal dan dipindah ke gereja Maria Assumpta Semangkak Klaten,” katanya.

Meski ada sebagian laskar Islam dan umat Islam yang kurang puas dengan aksi damai pada Selasa sore tersebut, tapi setelah Gianto memberikan penjelasan dari tujuan aksi tersebut dan langkah-langkah kedepan yang diambil, akhirnya mereka bisa memahaminya.

“Setelah maghrib, orasi dari para orator menjelaskan tentang (kondisi desa -red) Rejoso dan masyarakatnya (kepada para laskar -red). Meski ada sebagian laskar kurang puas dengan aksi damai, kemudian kita sampaikan bahwa semua keputusan maupun perencana sudah kita rembugkan dengan para pimpinan ormas masing-masing,” jelasnya.

...Intinya kita cuma ingin menggagalkan terlebih dulu upaya peresmian Griya Samadi oleh Menhan...

“Intinya kita cuma ingin menggagalkan terlebih dulu upaya peresmian Griya Samadi oleh Menhan,” tegasnya.

Pada Selasa malam seusai aksi unjuk rasa damai berlangsung, pria yang juga anggota KOKAM Muhammadiyah Klaten ini mengungkap kepada voa-islam.com bahwa secara hitungan matematis, umat Islam menang beberapa langkah dari pihak gereja ilegal Griya Samadi.

“Hasilnya, Satpol PP menghentikan pembangunannya, HUT keimaman Romo Tomo di Rejoso batal, Menhan tidak jadi meresmikan, Rebanan (sejenis musik gambus -red) dari lintas iman dari Ponpes Pancasila Sakti yang dipimpin oleh saudara Jazuli gagal,” ungkapnya.

...Menhan cepat-cepat pulang tidak ikut makan dan tidak jadi meresmikan, acara puncak 2 – 4 Juli (2013 -red) tidak dapat ijin, acara ke-agamaan dan kegiatan rutin tiap Rabu Pon tidak boleh ada, dan warga simpatik kepada kita (para laskar Islam -red)...

Hasil lain yang dicapai dari aksi damai pada Selasa sore itu adalah, Menhan Purnomo Yusgiantoro yang beragama Kristen Katolik segera balik ke Jakarta dan tidak jadi meresmikan gereja ilegal Griya Samadi serta mengukuhkan keimaman Romo Tomo.

“Menhan cepat-cepat pulang tidak ikut makan dan tidak jadi meresmikan, acara puncak 2 – 4 Juli (2013 -red) tidak dapat ijin, acara ke-agamaan dan kegiatan rutin tiap Rabu Pon tidak boleh ada, dan warga simpatik kepada kita (para laskar Islam -red),” imbuhnya.

“Tanggal 4 Juli (2013 –red) gelar wayang kulit dan pengobatan gratis juga dipindah dari Rejoso ke gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta (tempat dimana Romo Tomo bertugas dan sekarang ini menetap -red). IMB Griya Samadi ditolak oleh Pemda Klaten dan diberhentikan pembangunannya (oleh Satpol PP -red) setelah kita buktikan bahwa Griya Samadi adalah sebuah gereja,” tandasnya.

...Tanggal 4 Juli (2013 –red) gelar wayang kulit dan pengobatan gratis juga dipindah dari Rejoso ke gereja Ganjuran Bantul Yogyakarta (tempat dimana Romo Tomo bertugas dan sekarang ini menetap -red)...

Sebelumnya diberitakan bahwa Griya Samadi milik GREGORIUS UTOMO yang lokasinya berada disebelah timur Kantor Kelurahan Desa Rejoso pada awalnya adalah sebuah tempat tinggal. Tapi, dalam perkembangannya ternyata difungsikan sebagai gereja.

Dan melalui Surat Kepala DPU Kabupaten Klaten tertanggal 18 Juni 2013 Nomor : 503 / 1472 / 17 tentang Pemberhentian Kegiatan Pembangunan akhirnya Pemda Klaten menyatakan bahwa Griya Samadi melanggar hukum dan kemudian disegel karena tidak ada IMB.

Selain itu, Griya Samadi juga melanggar ketentuan Bab VII Pasal 56 Ayat ( 1 ) jo Bab X Pasal 60 Ayat ( 1 ) dan ( 2 ) Perda Kabupaten Klaten Nomor 15 Tahun 2011 tentang Bangunan Gedung yang menimbulkan gangguan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. [Khalid Khalifah]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Indonesiana lainnya:

+Pasang iklan

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Infaq Dakwah Center

Tumor Mata Nuraini Makin Parah, Dokter Menyerah. IDC Upayakan Pengobatan Alternatif

Tumor Mata Nuraini Makin Parah, Dokter Menyerah. IDC Upayakan Pengobatan Alternatif

Usai kemoterapi ke-12, kondisi Nuraini makin parah. Daging tumor mata kanan tidak kempis, malah tumbuh daging tumor di mata kiri, kepala, leher dan kaki. Ayo bantu!!...

Jadi Tulang Punggung Keluarga Besar, Muallaf Siska Masyitoh Butuh Modal Usaha Rp 13 Juta. Ayo Bantu!!

Jadi Tulang Punggung Keluarga Besar, Muallaf Siska Masyitoh Butuh Modal Usaha Rp 13 Juta. Ayo Bantu!!

Paska hijrah menjadi Muslimah, ujian datang begitu berat. Sang suami terkena stroke sehingga ia harus banting tulang menafkahi suami, kelima anaknya dan sang ibunda yang kini menjadi muallaf....

IDC Salurkan Tiga Paket Kambing Aqiqah ke Nusakambangan

IDC Salurkan Tiga Paket Kambing Aqiqah ke Nusakambangan

Amanah aqiqah ananda Reza dan Zidane ditunaikan di penjara di Nusakambangan. Semoga ananda menjadi generasi yang sehat, cerdas, kuat, shalih, qurrota a'yun, dan mujahid yang istiqamah...

Aktivis Islam Yogyakarta Ditangkap, Sepeda Motornya Raib di Tangan Densus 88. Ayo Bantu!!

Aktivis Islam Yogyakarta Ditangkap, Sepeda Motornya Raib di Tangan Densus 88. Ayo Bantu!!

Abu Akhtar ditangkap Densus, sepeda motornya pun hilang. Untuk menafkahi balita kembarnya hanya mengandalkan penghasilan ayahnya, kuli batu bata dengan penghasilan yang pas-pasan....

Bantuan Rp 40 Juta Disalurkan, Muallaf Nurul Hutabarat Bebas Hutang dan Punya Modal Usaha

Bantuan Rp 40 Juta Disalurkan, Muallaf Nurul Hutabarat Bebas Hutang dan Punya Modal Usaha

Alhamdulillah donasi Rp 40.143.000,- sudah disalurkan kepada muallaf Nurul Hutabarat, dimanfaatkan untuk melunasi hutang biaya kuliah dan modal usaha....

Latest News


Must Read!
X