Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.536 views

Mantan Guantanamo yang Kembali Ke Medan Jihad Afghanistan

KABUL (voa-islam.com): Aksi perlawanan di bagian paling keras dari Afghanistan saat ini dipimpin oleh seorang mantan tahanan Teluk Guantanamo, ia dibebaskan oleh pemerintah Afghanistan dalam upaya rekonsiliasi dengan para suku-suku, kata pejabat NATO pada hari Sabtu.

Pria, yang dikenal dengan nama Mullah Abdul Qayyum dan Mullah Zakir, ditangkap pada tahun 2001 dan ditahan di kamp penjara Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba, hingga 2007, lalu pemerintahan Presiden George W. Bush menyerahkan orang tersebut kepada tahanan Afghanistan.

Setelah bebas, dia sekarang menjadi komandan pasukan Taliban di Afghanistan selatan - termasuk provinsi Helmand, di mana pasukan AS dan Inggris melancarkan perang ofensif terbesar bulan lalu.

Qayyum dipindahkan ke penjara Kabul pada 2007. Wakil Jaksa Agung Afganistan Fazel Ahmad Faqiryar menegaskan bahwa ia dibebaskan oleh pihak berwenang Afghanistan pada tahun 2008 di bawah program rekonsiliasi.

"Ia (Karzai) adalah orang yang berwenang melepaskan para tahanan, dan saya tidak berpikir kami akan senang tentang itu," kata seorang pejabat NATO.
 
Kata pejabat itu, Qayyum mengambil posisinya sebagai komandan perlawanan di selatan tak lama setelah pembebasannya.

Qayyum, diyakini berumur 30-an, kini ia salah satu dari dua orang yang mungkin akan menggantikan Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin Taliban nomor dua yang ditangkap di Pakistan dan telah diumumkan bulan lalu, kata pejabat NATO.

Mungkin, calon yang lain akan menjadi komandan perlawanan di timur negara itu adalah Mullah Mansour, katanya.

Kecerdasan Kudeta

Penangkapan Baradar, salah satu tokoh paling senior Taliban yang bisa dibawa ke tahanan, dipandang sebagai kudeta besar untuk Pakistan dan agen-agen AS, tetapi hal ini telah menimbulkan pertanyaan tentang dampaknya terhadap perlawanan yang malah akan semakin menggila dan menghalangi pembicaraan damai.

Taliban sejauh ini tidak mengkonfirmasi bahwa Baradar ditangkap dan menolak untuk membahas penggantinya. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan tidak mungkin ada pembicaraan tentang penggantian apapun untuk Baradar dalam ketiadaan bukti dia ditahan.

"Mereka mengklaim bahwa mereka telah menangkap Baradar, lalu mengapa mereka tidak menunjukkannya kepada publik?" katanya kepada Reuters melalui telepon dari lokasi yang tidak diketahui.

Namun, seorang komandan Taliban di selatan, Mullah Hayat Khan, kepada Reuters mengatakan Qayyum kemungkinan untuk muncul sebagai pengganti Baradar, dan akan lebih agresif daripada Baradar.

"Gerakan Taliban akan sangat kuat dengan Qayyum di tempat Mullah Mullah Baradar," katanya.

Afghanistan telah meminta Pakistan untuk memindahkan Baradar ke tahanan Afghanistan, tetapi pengadilan Pakistan menyatakan dia tidak dapat diekstradisi.

Beberapa berpendapat bahkan beranggapan, bahwa Taliban tanpa Baradar bisa tumbuh lebih radikal dan tidak menerima negosiasi sama sekali.

Baradar berasal dari suku Pashtun yang sama dengan Hamid Karzai presiden Afghanistan. Hal ini dianggap akan memudahkan Karzai untuk berunding dengan Baradar karena dari suku yang sama.

Qayyum, sebaliknya, adalah satu suku dari pemimpin Taliban, Mullah Mohammad Omar.

Perjuangan Taliban tidak bergantung pada seorang tokoh, jadi jika tokoh itu tertangkap atau gugur mereka telah menyiapkan pengganti-pengganti yang sanggup memimpin pasukan Taliban dengan baik pula.

[yahoo]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X