Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.872 views

Gabungan Mujahidin Suriah Rebut Pangkalan Udara Talfanaz di Provinsi Idlib

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Mujahidin Suriah yang berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar Al-Assad hari Jum'at (11/1/2013) merebut secara penuh kontrol sebuah pangkalan udara strategis di wilayah barat laut, kata para aktivis.

Pangkalan udara Taftanaz di provinsi utara Idlib dianggap sebagai lapangan terbesar di utara negara itu untuk helikopter-helikopeter yang digunakan untuk mengebom wilayah-wilayah yang dikuasai pemberontak dan memberikan pasokan kepada pasukan pemerintah.

Para mujahidin dari afiliasi Al-Qaidah, Jabhat Al-Nusrah dan kelompok mujahidin lainnya telah bertempur selama berpekan-pekan untuk menguasai fasilitas luas dan memecahkan pertahanan pangkalan itu pada Rabu malam. Para aktivis mengatakan para pejuang Islam menguasai gedung-gedung, amunisi dan peralatan militer setelah pertempuran ganas saat fajar.

"Sampai sekarang, para pejuang Islam mengontrol penuh pangkalan udara tersebut," kata aktivis yang berbasis di Idlib Mohammad Kanaan.

Rami Abdul-Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan pangkalan Talfanaz adalah bandara militer besar pertama yang jatuh ke tangan pejuang Suriah. Dia mengatakan, pesawat tempur pemerintah membombardir pangkalan itu setelah diambil alih oleh pejuang Suriah, namun laporan itu belum bisa segera dikonfirmasi.

Para pejuang Islam yang telah mengepung Taftanaz selama berbulan-bulan, meluncurkan serangan baru atas pangkalan tersebut pada awal November. Meskipun kejatuhan Talfanaz akan mempermalukan rezim, itu hanya akan sedikit menghentikan serangan udara oleh jet-jet tempur pemerintah, yang banyak berasal dari pangkalan-pangkalan jauh di selatan.

..Sampai sekarang, para pejuang Islam mengontrol penuh pangkalan udara tersebut..

Taftanaz terletak di dekat jalan raya antara ibukota Damaskus dan kota utara Aleppo, front utama dalam perang sipil yang telah berada di jalan buntu selama berbulan-bulan.

Para aktivis memperkirakan bahwa sekitar 700 pejuang Suriah terlibat dalam serangan pada Taftanaz, hampir semua dari mereka adalah pejuang Islam. Mereka termasuk para anggota Jabhat al-Nusrah, yang berafiliasi dengan Al-Qaidah, dan kelompok dengan ideologi Islam yang sama.

Anggota Jabhat Al-Nusra, yang telah dicap AS sebagai organisasi teroris, telah berada di antara para pejuang yang paling efektif dalam pertempuran pejuang Suriah untuk menggulingkan Assad.

Serangan para pejuang Suriah tersebut adalah bagian dari kampanye yang lebih luas untuk memotong lebih jauh supremasi udara pemerintah Suriah, yang telah semakin diandalkan selama tahun lalu ketika rezim Assad kehilangan kendali atas petak-petak besar dari wilayahnya. Serangan udara oleh pesawat tempur dan helikopter pemerintah telah membuktikan sebagai hambatan utama bagi para pejuang oposisi.

Pihak oposisi sendiri telah merebut beberapa pangkalan pertahanan udara lainnya milik pemerintah Suriah di utara dan pinggiran kota Damaskus, menyita banyak senjata dan amunisi, tetapi dalam banyak kasus tidak berhasil mempertahankan fasilitas tersebut karena langsung dibombardir oleh serangan udara pasukan rezim Bashar Al-Assad. (an/AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X