Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
3.200 views

Gabungan Mujahidin Suriah Rebut Pangkalan Udara Talfanaz di Provinsi Idlib

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Mujahidin Suriah yang berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar Al-Assad hari Jum'at (11/1/2013) merebut secara penuh kontrol sebuah pangkalan udara strategis di wilayah barat laut, kata para aktivis.

Pangkalan udara Taftanaz di provinsi utara Idlib dianggap sebagai lapangan terbesar di utara negara itu untuk helikopter-helikopeter yang digunakan untuk mengebom wilayah-wilayah yang dikuasai pemberontak dan memberikan pasokan kepada pasukan pemerintah.

Para mujahidin dari afiliasi Al-Qaidah, Jabhat Al-Nusrah dan kelompok mujahidin lainnya telah bertempur selama berpekan-pekan untuk menguasai fasilitas luas dan memecahkan pertahanan pangkalan itu pada Rabu malam. Para aktivis mengatakan para pejuang Islam menguasai gedung-gedung, amunisi dan peralatan militer setelah pertempuran ganas saat fajar.

"Sampai sekarang, para pejuang Islam mengontrol penuh pangkalan udara tersebut," kata aktivis yang berbasis di Idlib Mohammad Kanaan.

Rami Abdul-Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan pangkalan Talfanaz adalah bandara militer besar pertama yang jatuh ke tangan pejuang Suriah. Dia mengatakan, pesawat tempur pemerintah membombardir pangkalan itu setelah diambil alih oleh pejuang Suriah, namun laporan itu belum bisa segera dikonfirmasi.

Para pejuang Islam yang telah mengepung Taftanaz selama berbulan-bulan, meluncurkan serangan baru atas pangkalan tersebut pada awal November. Meskipun kejatuhan Talfanaz akan mempermalukan rezim, itu hanya akan sedikit menghentikan serangan udara oleh jet-jet tempur pemerintah, yang banyak berasal dari pangkalan-pangkalan jauh di selatan.

..Sampai sekarang, para pejuang Islam mengontrol penuh pangkalan udara tersebut..

Taftanaz terletak di dekat jalan raya antara ibukota Damaskus dan kota utara Aleppo, front utama dalam perang sipil yang telah berada di jalan buntu selama berbulan-bulan.

Para aktivis memperkirakan bahwa sekitar 700 pejuang Suriah terlibat dalam serangan pada Taftanaz, hampir semua dari mereka adalah pejuang Islam. Mereka termasuk para anggota Jabhat al-Nusrah, yang berafiliasi dengan Al-Qaidah, dan kelompok dengan ideologi Islam yang sama.

Anggota Jabhat Al-Nusra, yang telah dicap AS sebagai organisasi teroris, telah berada di antara para pejuang yang paling efektif dalam pertempuran pejuang Suriah untuk menggulingkan Assad.

Serangan para pejuang Suriah tersebut adalah bagian dari kampanye yang lebih luas untuk memotong lebih jauh supremasi udara pemerintah Suriah, yang telah semakin diandalkan selama tahun lalu ketika rezim Assad kehilangan kendali atas petak-petak besar dari wilayahnya. Serangan udara oleh pesawat tempur dan helikopter pemerintah telah membuktikan sebagai hambatan utama bagi para pejuang oposisi.

Pihak oposisi sendiri telah merebut beberapa pangkalan pertahanan udara lainnya milik pemerintah Suriah di utara dan pinggiran kota Damaskus, menyita banyak senjata dan amunisi, tetapi dalam banyak kasus tidak berhasil mempertahankan fasilitas tersebut karena langsung dibombardir oleh serangan udara pasukan rezim Bashar Al-Assad. (an/AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

NABAWI HERBA Distributor & Supplier Herbal

Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk dari ratusan Produsen yang kami distribusikan
http://www.anekaobatherbal.com

19 Video Debat Islam-kristen

Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab ulama, serta nasyid walimah dan jihad. Kunjungi sekarang !
http://www.digitalhuda.com

Panduan SEO Lengkap: SEO Linking Guide

Panduan komprehensif tentang teknik SEO ninja dan penjelasan menyeluruh tentang SEO, plus bonus Ultimate On Page & Link Building Manual. Agar website anda jadi no.1 di Google.
http://produk.syamsulalam.net/sl/seo-linking-guide/

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Butuh Biaya Rp 15 Juta, Bayi Nabil Mujahid Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!

Butuh Biaya Rp 15 Juta, Bayi Nabil Mujahid Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!

Begitu dilahirkan ke dunia, bayi Nabil Muhammad harus divacum di ruang ICU karena pernafasan tidak normal. Ayahnya adalah aktivis Islam yang berprofesi sebagai buruh pabrik....

Anak Mujahid Komplikasi Demam Berdarah & Meningitis. Ayo Bantu!!

Anak Mujahid Komplikasi Demam Berdarah & Meningitis. Ayo Bantu!!

Mujahid cilik ini tergolek kritis di ICU karena komplikasi Demam Berdarah dan Meningitis. Sang ayah sedang menjalani ujian penjara 9 tahun akibat i'dad bersama Kafilah Mujahidin Aceh....

IDC Salurkan Zakat Fitrah Rp 32 Juta Kepada Keluarga Mujahidin 'Asiir di Berbagai Daerah

IDC Salurkan Zakat Fitrah Rp 32 Juta Kepada Keluarga Mujahidin 'Asiir di Berbagai Daerah

Amanah zakat fitrah sebesar Rp 32.216.000 telah disalurkan kepada keluarga mujahidin di berbagai daerah. Distribusi dilakukan oleh Relawan dan kontributor IDC sehari sebelum shalat ied...

Donasi Rp 250 Juta Telah Diserahkan, Muslim Gaza Masih Butuh Pertolongan. Ayo Bantu!!

Donasi Rp 250 Juta Telah Diserahkan, Muslim Gaza Masih Butuh Pertolongan. Ayo Bantu!!

Infaq telah diserahkan kepada warga Gaza dalam bentuk uang tunai dan sembako. Warga Gaza masih butuhkan bahan makanan dan obat-obatan, karena kondisi Gaza begitu parah...

Solidaritas Peduli Gaza & Suriah: Derita Mereka adalah Derita Kita Juga, Ayo Bantu!!

Solidaritas Peduli Gaza & Suriah: Derita Mereka adalah Derita Kita Juga, Ayo Bantu!!

Kaum Muslimin di Gaza dan Suriah hidup dalam tekanan, penderitaan dan kesulitan dizalimi Zionis Israel dan rezim Syi?ah Nushairiyah Bashar Al-Assad. Ayo bantu!!...

Latest News


Must Read!
X