Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.773 views

Taliban Umumkan Kematian Pemimpin Senior Imarah Afghanistan Syaikh Jalaluddin Haqqani

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Taliban hari Selasa (4/9/2018) ini mengumumkan bahwa Syaikh Jalaluddin Haqqani, pendiri Jaringan Haqqani dan pemimpin senior Imarah Islam Afghanistan, meninggal karena komplikasi dari penyakit yang panjang.

Kematian Jalaluddin akan berdampak kecil pada Taliban karena putranya, Sirajuddin, telah terbukti sebagai pemimpin dan penerus yang sangat efektif.

Seperti dilaporkan The Long War Journal, pengalaman Jalaluddin dalam dunia jihad membentang selama empat dekade. Dia berjuang melawan Uni Soviet, menjabat sebagai Menteri Perbatasan selama pemerintahan Taliban di Afghanistan dari 1996-2001, anggota dari Quetta Shura Taliban, atau badan pemerintahan, dan ayah dari beberapa putra yang berusaha mengikuti jejaknya. Satu putranya, Sirajuddin, menjabat sebagai wakil amir dan komandan militer Taliban. Yang lain, Badruddin, yang adalah komandan militer Jaringan Haqqani dan telah gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan.

"Menteri Perbatasan selama pemerintahan Imarah Islam dan anggota Dewan Pimpinan, Al-Haj Mawlawi Jalaluddin Haqqani yang terhormat telah meninggal setelah pertempuran panjang dengan penyakit," menurut pernyataan yang dirilis oleh juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid.

Jalaluddin adalah sosok yang dihormati di dunia jihadis. Dia terkait erat dengan Al-Qaidah dan sejumlah kelompok jihad yang beroperasi di Pakistan dan Afghanistan. Dia juga memiliki ikatan yang luas dengan donor kaya di negara-negara Teluk.

Jalaluddin juga berperan dalam menengahi perselisihan antara berbagai faksi jihad di wilayah Afghanistan-Pakistan. Setelah kontroversi atas kematian Mullah Muhammad Umar (kepemimpinan Taliban menyembunyikan kematiannya selama dua tahun sebelum terungkap), Jalaluddin menggunakan pengaruhnya dan mendukung Mullah Akhtar Mansour, pengganti Mullah Umar. Jalaluddin juga membawa faksi-faksi yang memisahkan diri dari Taliban kembali ke gawang.

Taliban, dalam pernyataannya mengumumkan kematian Jalaluddin, mengakui perannya dalam menjaga Taliban tetap utuh.

"Tindakan dan eksploitasi dari Sahib Haqqani dan upaya tak kenal lelahnya untuk menjaga Imarah Islam bersatu dalam menghadapi invasi Amerika adalah bab emas sejarah yang generasi masa depan Islam akan selamanya bangga," kata pernyataan itu.

Sebagai pendiri Jaringan Haqqani, Jalaluddin menempatkan jaringan jihad di tempat yang mencakup Afghanistan dan Pakistan. Dia memegang pengaruh yang cukup besar dalam wilayah kesukuan Pakistan, di mana Sirajuddin terus melakukannya hingga hari ini. Direktorat Intelijen Pakistan ISI memiliki hubungan dekat dengan Jalaluddin, dan juga mempertahankan hubungan dekat dengan Sirajuddin.

Pemerintah AS telah mendaftarkan Jaringan Haqqani sebagai entitas teroris dan menunjuk 13 pemimpin Jaringan Haqqani sebagai teroris (baca; jihadis) global, sambil mencatat hubungan mereka dengan Al-Qaidah. Namun, tidak dapat dijelaskan, Jalaluddin tidak pernah terdaftar sebagai teroris.

Sementara banyak analis telah menyatakan Jaringan Haqqani menjadi entitas terpisah dari Taliban, Jalaluddin dan putranya pergi keluar dari jalan mereka untuk menghilangkan gagasan itu. Pada tahun 2008, Jalaluddin menyampaikan masalah tersebut, dengan mengatakan bahwa “semua mujahidin melancarkan jihad di bawah kepemimpinan Amirul Mu'minin Mullah Muhammad Umar Al-Mujahid melawan penjajah Amerika dan antek-antek mereka.”

"Tidak ada krisis (pembagian) di bawah nama-nama moderat atau ekstrim di kalangan Mujahidin," lanjut Jalaluddin. "Mereka semua bertarung di bawah kepemimpinan yang bersatu."

Taliban juga membantah ada pemisahan antara mereka dan Jaringan Haqqani. Pada September 2012, Taliban merilis pernyataan di situs webnya yang menyatakan bahwa "tidak ada entitas atau jaringan terpisah di Afghanistan dengan nama Haqqani."

Taliban, yang mengakui Jalaluddin sakit dan terbaring di tempat tidur selama beberapa tahun, telah bersiap untuk kematiannya dan merawat penerusnya. Sirajuddin telah mengelola operasi harian Jaringan Haqqani selama beberapa tahun dan telah naik ke tingkat atas kepemimpinan Taliban.

Sejak Sirajuddin diangkat menjadi komandan militer dan wakil amir setelah kematian Mullah Umar, Taliban telah melancarkan perjuangan bersenjata yang sangat sukses di Afghanistan; Taliban saat ini lebih kuat dari titik mana pun sejak invasi AS pada 2001. Jaringan Haqqani, di bawah kepemimpinan Sirajuddin, tetap utuh di Waziristan Utara, meskipun ada tekanan besar AS pada pemerintah Pakistan untuk membongkarnya. (st/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X