Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
45.163 views

Hanung Bramantyo dan Denny JA Garap Film-Film Liberal

JAKARTA (voa-islam.com) - Pernyataan Zaskia Adya Mecca bahwa suaminya bukan penganut Islam Liberal (JIL), perlu dipertanyakan. Zaskia mungkin ‘belum melihat’ keterlibatan suaminya Hanung yang intens dengan Denny JA. Hanung dan Denny telah membuat film-film pendek yang bermuatan liberal.

Kini film-film itu beredar di internet. Film yang dibuat kolaborasi Hanung Bramantyo dengan Denny JA itu berasal dari buku kumpulan Puisi, Denny JA, Atas Nama Cinta. Film ini bersumber dari buku Denny yang beredar luas pada April 2012 lalu. Denny, salah satu tokoh Jaringan Islam Liberal ini telah mengampanyekan liberalisme lewat puisi-puisinya dalam bukuini dalam film, seminar, lomba dan lain-lain.

Lewat bukunya yang berjudul Atas Nama Cinta, penerbit Rene Book, yang terdiri dari 216 halaman ini, Denny mencoba mengampanyekan pemikirannya.

Perlu diketahui, penerbit Rene Book ini juga yang menerbitkan buku Irshad Mandji: Allah, Liberty and Love.

Perlu diketahui, penerbit Rene Book ini juga yang menerbitkan buku Irshad Mandji: Allah, Liberty and Love. Dalam karyanya ini, Denny menuliskan puisi-puisi yang intinya mengajak kepada kebebasan, pembelaan terhadap non Islam dan penyamaan agama.

Puisi Denny ini memang diluncurkan besar-besaran. Selain dipromosikan besar-besaran di Gramedia beberapa bulan lalu, buku ini juga dilombakan resensinya di Majalah Tempo, dilombakan videonya, dibedah di beberapa tempat dan lain-lain.

Banyak tokoh memuji buku Denny ini diantaranya Komaruddin Hidayat, Ignas Kleden, Bondan Winarno, M Sobary dan lain-lain. Beberapa tokoh menyebutnya genre baru puisi –tapi sebenarnya model puisi ini telah dimulai oleh Taufiq Ismail.

Gaya puisinya memang cukup bagus, tapi isinya melenakan dan ‘membodohkan’. Karena ia menggabungkan antara fakta dan fiksi. Detail kejadian atau tokoh itu fiksi, tapi peristiwanya menurutnya fakta. Bagi mereka yang awam –‘khususnya masalah Islam dan sosial politik’- bisa hanyut oleh puisi Denny ini.

Dalam puisinya tentang Cinta Terlarang Batman dan Robin, misalnya, Denny pintar memainkan kata-kata untuk membela kaum Gay.

Dalam puisinya tentang Cinta Terlarang Batman dan Robin, misalnya, Denny pintar memainkan kata-kata untuk membela kaum Gay. Di puisi itu ia mengambarkan kisah cinta antara Amir dan Bambang. Amir seorang yang sebenarnya rajin ibadah digambarkan punya kelainan seksual genetis menyenangi pria. Meski mencoba menikahi dua wanita –sesuai pesan ibunya agar segera menikah—tapi akhirnya kandas.

Ia tetap mencintai Bambang seorang gay yang akhirnya menjadi aktivis gay internasional. Hanung Bramantyo kemudian menfilmkan naskah puisi Denny ini. Dengan telah menfilmkan tema ini terlihat sebenarnya mereka telah menggambarkan kejelekan Muslim dan membela opini bahwa gay adalah masalah genetika. Padahal para ahli banyak menyatakan bahwa gay atau homoseksual banyak diakibatkan oleh lingkungan. Dan bisa disembuhkan dengan pendidikan yang baik. Begitu juga ketika Denny JA bercerita tentang kisah cinta Romi dan Yuli.

Puisi ini juga sudah dibuat filmnya oleh Hanung. Di puisi ini Hanung berkisah tentang Romi dan Yuli. Ayahnya Romi berasal dari Cikeusik yang merupakan komunitas Ahmadiyah. Sedangkan ayah Yuli dari kalangan Muslim yang anti-Ahmadiyah. Tapi Romi dan Yuli memutuskan untuk tetap meneruskan kisah cinta mereka. Bedah buku dan pemutaran video puisi esai Denny JA ini menjadi puncak acara lomba sastra antar SLTP dan SLTA se- Provinsi Banten pada awal Juni lalu.

(lihat : Pelajar Banten Bedah Buku Denny JA Tanamkan Toleransi Beragama Lewat Sastra)

Selain film Cinta Batman dan Robin dan Romi dan Yuli dari Cikeusik, Hanung juga telah menfilmkan naskah Denny lain, yaitu:Bunga Kering Perpisahan, Sapu Tangan Fang Yin dan Minah Tetap Dipancung.

Bunga Kering Perpisahan berkisah tentang perkawinan antar agama. Sapu Tangan Fang Yin bercerita tentang perempuan etnis Tiongha yang terpaksa meninggalkan tanah kelahirannya Indonesia ke Amerika, demi menghilangkan trauma sebagai korban pemerkosaan saat kerusuhan Mei 1998. Sedangkan Minah Tetap Dipancung berkisah tentang nasib seorang TKW di Arab Saudi yang merelakan nyawanya terpancung demi membela kehormatan dirinya yang nyaris direnggut majikannya. Film-film kolaborasi Hanung-Denny ini telah diputar di Asian Film Festival (JAFF) VIII di Yogyakarta (2013). Sedangkan dalam film yang berjudul Batas yang merupakan pemenang pertama (berhadiah 20 juta) lomba Review untuk buku puisi Denny, jelas-jelas film itu pluralisme atau mempropagandakan perkawinan antar agama.

Di film yang berdurasi total 7 menit 1 detik itu, pembuat film Ahmad Syafari mengisahkan percintaan antara Dewi yang Muslimah dan Albert yang Kristen. Mereka cukup lama berpacaran, tapi karena bapaknya Dewi melarang menikah dengan lain agama (Albert) maka akhirnya Dewi menikah dengan laki-laki Muslim.

Cuma digambarkan di situ meski keluarganya cukup kaya, Dewi tidak bahagia, ia sering melamun ke Albert dan mengingat masa lalunya dengannya. Apalagi di rumahnya Dewi harus mencopot sepatu suaminya (tiap) sehabis pulang kantor. Sementara Albert hidup sederhana dan tetap di gereja yang sederhana (lihat www.puisi-esai.com). Film pendek itu memang secara halus menghina Islam. Ketika bapak Dewi dengan pakaian putih dan kopiah putih mengatakan ‘dengan arogan’: “Aku sangat malu menjadi orang tua yang kena murka Allah, aku tak akan tahan menjadi insan yang dilaknat hanya membiarkan anaknya menempuh jalan yang sesat.”

Selain itu penggambaran wanita Muslimah yang mencopot sepatu suaminya ketika pulang kantor, juga berlebihan. Karena peristiwa ini jarang terjadi di keluarga-keluarga Muslim. Apa tujuan Denny untuk semua? Denny memang salah satu tokoh intelektual yang tergabung dalam Jaringan Islam Liberal. Ia salah satu tokoh yang aktif menyebarkan faham-faham demokrasi sekuler dan kini sedang bergiat aktif menyebarkan faham liberalisme dan pluralismenya lewat esai-puisinya. Di dunia akademik, Denny JA mendirikan Lembaga Survei Indonesia (LSI, 2003) Lingkaran Survei Indonesia (LSI, 2005), Asosiasi Riset Opini Publik (AROPI, 2007), serta Asosiasi Konsultan Politik Indonesia (AKOPI, 2009).

Melalui empat organisasi ini, Denny JA dianggap founding father tradisi baru survei opini publik dan konsultan politik Indonesia. Di dunia politik (2004-2012), Denny JA diberi label king maker. Ini berkat perannya membantu kemenangan presiden dua kali (2004, 2009), 23 gubernur dari 33 propinsi seluruh Indonesia dan 51 bupati/walikota. Ia adalah murid kesayangan ahli politik kenamaan AS saat ini, Prof William Liddle.

Liddle pernah dijuluki oleh Prof Amien Rais sebagai Yahudi tengik karena pembelaannya yang terus menerus kepada tulisan-tulisan pluralisme yang ditelurkan Prof Nurcholish Madjid dkk. Tahun 90-an (sampai sekarang) Liddle aktif menulis di media-media Indonesia dalam membela ide-ide sekulerisme, pluralisme dan liberalisme. Sebenarnya dalam buku kumpulan puisinya ini Denny hanya mendasarkan dirinya pada imajinasi dan hawa nafsunya semata.

Definisi ‘Cinta’ yang diuraikan Denny sangat kabur dan membingungkan. Bila semuanya dikatakan cinta –cinta kepada pelacuran, cinta kepada sesama jenis, cinta pada seks bebas dll- maka rusaklah dunia.

Definisi ‘Cinta’ yang diuraikan Denny sangat kabur dan membingungkan. Bila semuanya dikatakan cinta –cinta kepada pelacuran, cinta kepada sesama jenis, cinta pada seks bebas dll- maka rusaklah dunia. Cinta yang sejati adalah cinta yang tumbuh dari kecintaan kepada Pencipta (Allah SWT) dan yang tidak bertentangan dengan fitrah manusia.

Kalau semua dikatakan cinta, maka seorang pembunuh juga cinta membunuh, seorang pelacur cinta melacur dan seterusnya. Lebih baik kita katakan ‘Dengan nama Allah’ atau ‘Atas nama Allah’ daripada ‘Atas nama cinta’. Bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Bukan mengatakan atas nama cinta, yang tidak jelas juntrungannya.

Walhasil, Zaskia perlu menyadarkan Hanung suaminya yang telah bertindak jauh berkolaborasi dengan Denny JA mempromosikan luas ide-ide liberal di Indonesia lewat film. Zaskia perlu mengajak Hanung ke intelektual-intelektual Muslim yang selama ini berjuang melawan liberalisasi di Indonesia. Wallahu alimun hakim.

Penulis: *Nuim Hidayat

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X