Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.317 views

Bahaya Memilih Pemimpin Kafir

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA

 

PILKADA DKI Jakarta 19 April 2017 menjadi peristiwa besar di Indonesia. Pilkada ini mengundang perhatian banyak pihak di berbagai penjuru Indonesia, bahkan dunia Internasional. Bagi umat Islam, Pilkada ini menjadi ujian iman antara memilih calon gubernur kafir Basuki Cahaya Purnama alias Ahok atau memilih calon gubernur muslim Anies Baswedan.

Jika seorang muslim mendukung atau memilih pemimpin kafir, berarti dia telah menentang Allah Swt yang telah melarang umat Islam memilih orang kafir sebagai pemimpin dan mendustakan ayat-ayat Al-Quran yang mengharamkan memilih pemimpin kafir. Tentu saja sikapnya tersebut telah membahayakan keimanannya. Juga membahayakan Islam dan umat Islam.

Pilkada Jakarta kali ini menjadi pertandingan besar antara umat Islam dan kafir. Ibarat pertandingan bola, maka pilkada ini merupakan pertandingan tim kesebelasan umat Islam versus orang-orang kafir. Tim umat Islam dipimpin oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang didukung oleh para ulama, para habaib, partai-partai Islam, ormas-ormas Islam dan umat Islam seluruh Indonesia. Adapun tim orang  kafir dipimpin oleh Ahok yang didukung oleh orang-orang kafir, partai-partai sekuler (PDIP, Hanura, Nasdem dan lainnya), komunis, pihak asing dan aseng, aliran sesat syiah, ahmadiah dan lainnya, dan muslim munafik (liberal dan sekuler).

 

Bahaya Memilih Pemimpin Kafir terhadap Keimanan

Sebagai muslim, kita wajib mentaati perintah dan larangan Allah Swt.  Di antara perintah dan larangan Allah Swt adalah perintah memilih pemimpin muslim dan larangan memilih pemimpin kafir. Maka perintah dan larangan tersebut wajib kita taati dan amalkan. Ketaatan kita kepada Allah Swt menjadi bukti keimanan dan keislaman kita.

Namun sangat disayangkan, ada sebahagian umat Islam yang tidak taat kepada Allah Swt. Mereka mengaku muslim namun memilih kafir sebagai pemimpin dan teman setia. Mereka menentang Allah Swt dengan sadar, bahkan dengan terang-terangan. Maka Allah Swt menvonis mereka sebagai orang munafik, zhalim, sesat dan murtad.

Selain itu, mereka telah melanggar kewajiban al-walaa’ dan al-baraa’. Al-walaa’ adalah mencintai dan berloyalitas kepada Allah Swt, Rasul-Nya dan umat Islam. Sedangkan al-baara’ adalah membenci dan berlepas diri dari musuh-musuh Allah Swt, Rasul-Nya dan umat Islam, yaitu orang-orang kafir, musyrik, atheis/komunis dan paham-paham sesat. Kewajiban al-walaa’ dan baraa’ termasuk aqidah Islam berdasarkan Al-Quran, As-Sunnah dan ijma’ para ulama.

Orang yang mendukung, membela dan memilih orang kafir sebagai pemimpin atau teman setia berarti telah berwalaa’ kepada orang kafir. Dia tidak melakukan perintah al-baraa’ yang diwajibkan oleh Allah swt dan Rasul-Nya. Padahal, prinsip al-walaa dan al-baraa’ itu aqidah Islam. Maka sikap dan perbuatan tersebut bisa membahayakan keislaman dan keimanannya.

Allah Swt melarang seorang muslim orang menjadikan orang kafir sebagai pemimpin dan mengancamnya sebagai orang zhalim, munafik, dan sesat. Bahkan Allah Swt menjadikannnya bagian orang-orang kafir (murtad). Menjadikan orang kafir sebagai pemimpin berarti mendukung, membela dan memilihnya menjadi pemimpin. Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan orang Yahudi ddan Nasrani sebagai pemimpin (kamu); mereka satu sama lain saling melindungi. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka pemimpin, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah: 51)

Dalam ayat tersebut, Allah Swt menvonis zhalim bagi orang yang menjadikan orang kafir sebagai pemimpin dengan firman-Nya: “…Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah: 51). Orang zhalim yang dimaksud disini adalah orang muslim yang menjadikan orang kafir sebagai pemimpin, baik dengan mendukung, membela maupun memilihnya sebagai pemimpin dan teman setia.

Allah Swt juga menvonis muslim tersebut sebagai orang munafik dengan firman-Nya: “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih, (yaitu) orang-orang yang menjadikan orang-orang kafir sebagai pemimpin dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Ketahuilah bahwa semua kekuatan itu milik Allah.” (An-Nisa’: 138-139). Maka, jelas sekali bahwa persoalan memilih pemimpin kafir berkaitan erat dengan keislaman seseorang.

Allah Swt juga menvonisnya sesat, dengan firman-Nya:“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad di jalan-Ku dan mencari keridhaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (Al-Mumtahanah: 1). Jika menjadikan orang kafir sebagai teman setia saja tidak boleh, maka terlebih lagi menjadikannya sebagai pemimpin umat Islam. Karena, mudharat jauh lebih besar dibandingkan sekedar teman setia.

Bahkan Allah Swt mengancam muslim yang mendukung dan memilih orang kafir sebagai pemimpin dengan memasukkannya ke dalam golongan orang-orang kafir (murtad): “…Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka (Yahudi dan Nasrani) sebagai pemimpin, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka…” (Al-Maidah: 51).

Begitu banyak ayat Al-Quran yang menjelaskan keharaman memilih pemimpin kafir. Ini menunjukkan bahwa persoalan memilih pemimpin kafir merupakan persoalan besar, yang sangat berkaitan dengan keimanan dan keislaman seseorang, sehingga Allah Swt menvonis muslim yang menjadikan orang kafir sebagai pemimpin dengan vonis zalim, munafik, sesat dan murtad.

 

Bahaya Pemimpin Kafir

Terpilihnya orang kafir menjadi pemimpin bagi umat Islam tentu berdampak sangat besar mudharatnya bagi Islam dan umat Islam. Pemimpin kafir tidak memberikan kemaslahatan bagi Islam dan umat Islam. Dia tidak mau peduli terhadap umat Islam dan tidak mau menolong umat Islam, kecuali ada maksud tertentu untuk kemaslahatannya.

Bahkan pemimpin merugikan kemaslahatan umat Islam. Dalam membuat suatu aturan misalnya, aturan yang dibuat oleh pemimpin kafir merugikan Islam dan umat Islam, bahkan bertentangan dengan Islam seperti memberi izin tempat-tempat maksiat seperti judi, khamar dan zina. Tempat-tempat maksiat itu dianggap sebagai tempat hiburan dan pendapatan bagi daerah. Bahkan Perda-Perda yang bernuansa syariat dicabut atau dibatalkan.

Pemimpin kafir hanya peduli kepada sesama orang kafir. Dia memprioritaskan kepentingan sesama mereka. Mereka saling mengasihi sesama mereka, saling tolong menolong dan bantu membantu untuk kepentingan mereka yang kafir. Allah Swt berfirman: “Sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain.” (Al-Maidah: 51).

Pemimpin kafir tidak ingin syariat Islam ini tegak di muka bumi, termasuk di Indonesia. Ia memusuhi Islam dan umat Islam. Bahkan mendiskreditkan Islam dan umat Islam dengan tuduhan radikal, teroris dan ektrimis. Ia membenci Islam dan umat Islam. Allah swt: “Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad) sebelum engkau mengikuti agama mereka.” (Al-Baqarah: 120)

Orang kafir menginginkan umat Islam mengikuti agamanya. Mereka berusaha keras untuk memurtadkan umat Islam. Allah Swt: “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu mentaati orang-orang kafir, niscaya mereka akan mengembalikan kamu ke belakang (murtad), maka kamu akan kembali menjadi orang yang merugi.” (Ali ‘Imran: 149)

Orang kafir berusaha menghalangi ibadah dan dakwah di jalan Allah Swt serta menyesatkan umat Islam. Allah Swt berfirman: “ (Yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (orang lain) dari jalan Allāh dan ingin membelokkannya. Mereka itulah yang mengingkari kehidupan akhirat.” (Al-‘Araf: 45). Allah Swt juga berfirman: “Sesungguhnya orang-orang kafir dan menghalangi (orang lain) dari jalan Allah, benar-benar telah tersesat sejauh-jauhnya.” (An-Nisa’167).

Bahkan orang kafir selalu ingin menghancurkan Islam. Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan teman orang-orang yang diluar kalanganmu (seagama) sebagai teman kepercayaanmu, (karena) mereka tidak henti-hentinya menyusah kamu. Mereka mengharapkan kehancuranmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang tersembunyi di hati mereka lebih jahat…” (Ali ‘Imran: 118)

Mengingat bahaya memilih pemimpin kafir sangat besar, maka sudah sepatutnya kita mendukung dan memilih pemimpin muslim sebagai perintah Allah Swt. Buktikan keislaman dan keimanan kita kepada Allah Swt dengan taat kepada-Nya. Semoga Pilkada DKI Jakarta ini dimenangkan oleh pemimpin muslim Anies Baswedan dan Sandi Uno. Aamiin..!

 *Penulis adalah Ketua MIUMI Aceh, Pengurus Dewan Dakwah Aceh dan Anggota Rabithah Ulama dan Duat Asia Tenggara

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Satu Keluarga Yatim Masuk Islam, Butuh Modal Usaha dan Beasiswa. Ayo Bantu.!!!

Satu Keluarga Yatim Masuk Islam, Butuh Modal Usaha dan Beasiswa. Ayo Bantu.!!!

Sepeninggal sang ayah setelah masuk Islam, enam anak berstatus muallaf yatim ini hidup prihatin serba kekurangan. Ayo bantu modal usaha dan beasiswa untuk masa depan Islam...

Latest News
Empat Orang Barat ini Memuji Negara Khilafah

Empat Orang Barat ini Memuji Negara Khilafah

Kamis, 19 Oct 2017 23:40

Taliban Serbu Pangkalan Militer Afghanistan, Bunuh 43 Tentara

Taliban Serbu Pangkalan Militer Afghanistan, Bunuh 43 Tentara

Kamis, 19 Oct 2017 21:30

Jangan Lebay, Istilah Pribumi dalam Konteks Sejarah, Fahira: Ayo Move On!

Jangan Lebay, Istilah Pribumi dalam Konteks Sejarah, Fahira: Ayo Move On!

Kamis, 19 Oct 2017 21:29

Negarawan Perancis sebut hanya Penjajah dan Budak Asing yang Alergi dengan Pribumi

Negarawan Perancis sebut hanya Penjajah dan Budak Asing yang Alergi dengan Pribumi

Kamis, 19 Oct 2017 19:29

Seorang Warga Israel Divonis 5 Tahun Penjara Karena Bergabung dengan Islamic State (IS)

Seorang Warga Israel Divonis 5 Tahun Penjara Karena Bergabung dengan Islamic State (IS)

Kamis, 19 Oct 2017 19:15

Berbuat Jahat Dengan Dalih Nasihat

Berbuat Jahat Dengan Dalih Nasihat

Kamis, 19 Oct 2017 19:02

Benarkah DPR Mewakili Suara Rakyat?

Benarkah DPR Mewakili Suara Rakyat?

Kamis, 19 Oct 2017 19:01

Persoalkan Kata Pribumi, Pengamat: Dasar Komunis Lu!

Persoalkan Kata Pribumi, Pengamat: Dasar Komunis Lu!

Kamis, 19 Oct 2017 17:29

Ragu atas Kepribumian: Manusia seperti Itu akan Menjual Dirinya dalam Kehinaan

Ragu atas Kepribumian: Manusia seperti Itu akan Menjual Dirinya dalam Kehinaan

Kamis, 19 Oct 2017 14:29

Butuh Logo Keren? Bayar Seikhlasnya Khusus Bisnis UKM Muslim

Butuh Logo Keren? Bayar Seikhlasnya Khusus Bisnis UKM Muslim

Kamis, 19 Oct 2017 12:39

Pengamat Politik: Penjarakan Pribumi Mempercepat Revolusi!

Pengamat Politik: Penjarakan Pribumi Mempercepat Revolusi!

Kamis, 19 Oct 2017 12:29

Memutus Silaturahim Sebabkan Hati Membatu

Memutus Silaturahim Sebabkan Hati Membatu

Kamis, 19 Oct 2017 12:10

Ramuan Profesor ini Mengobati HIV dan 16 Penyakit Kronis Lain

Ramuan Profesor ini Mengobati HIV dan 16 Penyakit Kronis Lain

Kamis, 19 Oct 2017 11:23

Kementerian Pendidikan Maroko Larang Niqab di Sekolah

Kementerian Pendidikan Maroko Larang Niqab di Sekolah

Kamis, 19 Oct 2017 10:45

Penasehat Hukum Tamim Pardede Hadirkan Ahli Sejarah untuk Buktikan Bahaya Komunis

Penasehat Hukum Tamim Pardede Hadirkan Ahli Sejarah untuk Buktikan Bahaya Komunis

Kamis, 19 Oct 2017 10:32

"Maksud Anies, Lu Jangan Pada Tidur Aja, Jakarta Jaga Nih Jangan Sampai Diambil Orang Sana"

Kamis, 19 Oct 2017 09:15

Ukhuwah Islamiyah untuk Muslim Rohingya

Ukhuwah Islamiyah untuk Muslim Rohingya

Kamis, 19 Oct 2017 08:52

Presiden Farmajo Bersumpah Tingkatkan Perang Melawan Al-Shabaab Setelah Pemboman di Mogadishu

Presiden Farmajo Bersumpah Tingkatkan Perang Melawan Al-Shabaab Setelah Pemboman di Mogadishu

Kamis, 19 Oct 2017 08:45

LGBT, Perusak Generasi!

LGBT, Perusak Generasi!

Kamis, 19 Oct 2017 08:08

Anthony Leong: Megawati dan Jokowi Pernah Sebut Pribumi, Giliran Anies yang Sebut Langsung Reaksi

Anthony Leong: Megawati dan Jokowi Pernah Sebut Pribumi, Giliran Anies yang Sebut Langsung Reaksi

Kamis, 19 Oct 2017 07:23


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X