Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.760 views

Singapura Menjadikan Indonesia Target Mata-Mata

JAKARTA (voa-islam.com) - Amerika Serikat (AS) memata-matai negara-negara di Asia-Pasifik melalui kaki tangannya. Siapa kaki tangan itu? Setidaknya terdapat enam negara yang menjadi kaki tangan AS untuk memata-matai negara target. Yakni Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Korea Selatan. 

Australia misalnya, dijadikan antek untuk memata-matai Indonesia. Singapura dijadikan antek untuk menyadap Malaysia dan Indonesia. Dokumen milik intelijen AS atau Badan Keamanan Nasional (NSA) yang dibocorkan bekas pegawainya itu, Edward Snowden, antara lain dipublikasikan oleh harian Belanda, NRC Handelsblad. yakni, berupa peta mengenai penyadapan melalui jaringan kabel komunikasi bawah laut di 20 lokasi di dunia.

Penyadapan itu dilakukan oleh lima negara yang disebut dengan Five Eyes (lima mata), yakni AS, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Penyadapan itu dilakukan melalui perantara perusahaan-perusahaan operator telekomunikasi. Aksi ini disebut mereka sebagai the gloden age signal intelligence atau era keemasan intelijen sinyal. 

Melalui satelit mata-mata dan penyadapan kabel bawah laut, lima mata itu menyatakan bisa menyadap siapapun di seleuruh dunia dan kapan pun juga. Dari peta itu terlihat, AS memonitor saluran komunikasi trans-Pacific dengan menggunakan fasilitas penyadapandi Pantai Barat AS, Hawaii, dan Guam. 

Dari tiga lokasi ini, AS menyadap semua lalu-lintas komunikasi yang melalui Samudera Pasifik, termasuk juga jalur komunikasi antara Australia dengan Jepang. 

Berikut tiga negara yang menjadi antek AS di Asia, berdasarkan dokumen bocoran Snowden.

Selandia Baru

Selandia Baru Headline Dokumen NSA juga mengungkapkan adanya keterlibatan Selandia Baru dalam penyadapan untuk kepentingan AS. Sebagaimana dipublikasikan harian Brasil, O Globo, Selandia Baru dan Australia bekerja sama dalam hal penyadapan intelijen melalui satelit komunikasi. 

Untuk pertama kali terungkap bahwa fasilitas penyadapan satelit milik DSD di Kojarena di dekat Geraldton di Australia Barat diberinama kode STELLAR.

Sedangkan fasilitas penyadapan milik Biro Komunikasi Keamanan Pemerintah Selandia Baru berada di Waihopai di South Island dan diberi nama kode IRONSAND. Sementara itu, kode untuk fasilitas penyadapan milik DSD di Shoal Bay dekat Darwin belum diketahui. 

Korea Selatan

Namun demikian, tiga fasilitas itu terdaftar sebagai fasilitas utama NSA untuk program operasi pengumpulan informasi FORNSAT (foreign satellite communications). Korea Selatan Dokumen bocoran Snowden juga menyebutkan Korea Selatan sebagai titik utama penyadapan melalui kabel telekomunikasi yang melintasi wilayah Pusan.

Jalur ini digunakan untuk telekomunikasi China, Hong Kong, dan Taiwan. Agen intelijen Korea Selatan sudah sejak lama bekerja sama dengan CIA dan NSA, serta dengan agen intelijen Australia. 

Bahkan intelijen Australia belum lama ini terlibat dalam gugatan untuk menggagalkan upaya mempublikasikan data spionase Korea Selatan di Australia. Direktur ASIO, Jendeal David Irvice mengatakan kepada pengadilan bahwa Australia dan Korea Selatan sudah bekerja sama selama 30 tahun dan semua publikasi mengenai aktivitas NIS praktis akan mengganggu keamanan Australia. 

Singapura

Singapura Berdasarkan dokumen NSA itu, Singapura merupakan salah satu pusat telekomunikasi terpenting di dunia yang bertindak sebagai pihak ketiga bagi AS, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Pada Agustus 2013, Fairfax Media memberitakan bahwa agen spionase elektronik Australia, Defence Signal Directorate (DSD), merupakan partner intelijen Singapura untuk menyadap melalui kabel SEA-ME-WE-3 yang membentang dari Jepang melalui Singapura, Djibouti, Suez dan Selat Gilblartar hingga ke Jerman Utara. 

Sumber intelijen Australia mengatakan kepada Fairfax bahwa Kementerian Pertahanan Singapura mempunyai sebuah divisi rahasia, yakni Divisi Intelijen dan Keamanan yang bekerjasama dengan DSD untuk mengakses dan membagikan komunikasi yang melalui kabel SEA-ME-WE-3 dan kabel SEA-ME-WE-4 yang membentang dari Singapura hingga selatan Perancis.

Menurut pakar intelijen dari Australian National University, Professor Des Ball, kemampuan intelijen sinyal Singapura bisa jadi merupakan yang tercanggih di Asia Tenggara.

Sebab, pengembangannya sudah dilakukan bersama Australia sejak 1970. Indonesia dan Malaysia merupakan target utama bagi Australia dan Singapura sejak 1970. Ini sangat mudah dilakukan oleh Singapura karena sebagian besar lalu lintas telekomunikasi dan internet Indonesia melalui rute Singapura.

Singapura menjadi 'bunker' para konglomerat 'hitam' yang menyimpan uang jarahannya dari Indonesia ratusan miliar dollar. Singapura juga menjadi pusat mata-mata Zionis-Israel di Asia. [jj/vv/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Military lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X