Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.225 views

Zunairah . Ketabahan Menyembuhkan Butanya

Shohabiyah kita kali ini adalah seorang hamba sahaya yang istiqomah. Walaupun ia seorang budak yang dapat diperjual belikan. Namun, mengakar kuatnya iman didada, kokoh tegaknya keyakian menjadikannya sebagai sosok yang berani, menghadapi siapapun. Termasuk sang majikan. Sehingga tak seorangpun dapat mencabut bahkan sekedar menggoyahkan aqidahnya.

Shohabiyah kita kali ini bernama Zunairah. Dan ia adalah budak dari Abu Jahal. Orang yang amat sangat membenci Rasulullah saw.

Menghadapi siksaan teramat pedih.

Setelah tahu bahwa budaknya memeluk agama Islam. Abu Jahal, langsung memanggil Zunairah dan menginterogasinya. “ Zunairah, benarkah kamu telah menganut Islam ?”tanya Abu Jahal. “ “Benar. Saya percaya pada seruan Muhammad, karena itu saya mengikutinya,” jawab Zunairah.

Abu Jahal mencoba, menggoyang keyakinan Zunairah. Ia bertanya kepada kawan-kawannya.” “Hai kawan-kawan, apakah kalian juga mengikuti seruan Muhammad ?”

“ Tidaaak,” jawab mereka serempak.

“ Nah sekiranya yang diserukan Muhammad itu baik, tentu mereka dulu yang akan mengikutinya,” kata Abu Jahal sambil mengejek.

Namun hal itu, sama sekali tidak menggoyahkan keyakinan Zunairah.

Melihat Zunairah yang teguh pada pendiriannya, Abu Jahal semakin kalap. Ia memukul Zunairah dengan sewenang-wenang tanpa belas kasihan. Pukulannya membabi buta, bertubi-tubi. Beberapa pukulannya mendarat diwajah dan kepala Zunairah.

Akibat siksaan yang dialaminya, akhirnya Zunairah mengalami kebutaan.

Melihat hamba sayanya buta, alih-alih ia menaruh iba. Abu Jahal yang kejam malah mengejek dengan kata-kata yang sangat menyakitkan. “ Matamu menjadi buta itu, akibat engkau masuk Islam. Coba kau tinggalkan agama Muhammad itu, matamu akan sembuh kembali,” katanya.

Zunairah merasa sedih dengan celaan itu. Bukan karena dirinya yang diejek, tapi karena agamanya dilecehkan. Iapun menjawab dengan lantang. “ Kalian semua pembohong, tidak bermoral. Latta dan Uzza yang kamu sembah itu tidak dapat berbuat apa-apa. Apalagi memberi manfaat dan mudharat,” katanya.

Abu Jahal bertambah marah. Ia pukul Zunairah sekeras-kerasnya sambil berkata,” Wahai Zunairah ingatlah kepada Latta dan Uzza. Itu berhala sembahan kita sejak nenek moyang kita. Tak takutkah jika mereka nanti murka kepadamu. Tinggalkan segera agama Muhammad  yang melecehkan kita,” kata Abu Jahal.

“ Wahai Abu Jahal, sebenarnya Latta dan Uzza itu buta. Lebih buta dari mataku yang buta akibat siksaanmu. Meski mataku buta, Alloh tidak akan sulit mengembalikannya, menjadi terang. Tidak seperti tuhanmu Latta dan Uzza itu,” kata Zunariah.

Subhanallah kecerdasan dan keberaniaan  yang luar biasa,dalam berdebat, telah ditunjukan oleh seorang hamba sahaya kepada majikannya…

Sikap syaja’ah yang sangat layak untuk diteladani. Berkata yang benar dihadapan penguasa yang dholim !!!! Sungguh sebuah amaliyah yang tinggi nilainya dihadapan Alloh SWT.

Atas kebesaran Alloh, keesokkan harinya, mata Zunariyah  yang buta akibat siksaan Abu Jahal dapat melihat kembali.

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar !!!!!!!!!!!

Zunairah dapat Melihat kembali.

Menyaksikan hal itu, Abu Jahal heran . Namun dasar orang kafir, dia malah berkata,” Ini pasti karena sihir Muhammad ,” sambil kembali menyiksa hamba sahayanya.

Alhamdulillah Abu Bakar segera datang dan memerdekakan Zunairah setelah member tebusan kepada Abu Jahal.

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar !!!

Sungguh sebuah teladan yang layak menjadi bahan renungan dan sangat perlu diikuti. Sikap istiqomah yang mantap, yang tak tergoyahkan sedikitpun, baik dibujuk dengan rayuan  dunya maupun disiksa hingga mengakibatkan hilangnya penglihatan.

Alhamdulillah  perjuangan  Zunariyah mempertahankan  keyakinannya berakhir ahsan. Karena penglihatannya kembali terang . Bahkan Alloh SWT lewat hambaNya Abu Bakar Ash Shiddiq telah memberinya sebuah hadiah kemerdekaan/ kebebasan.

Sebuah kisah yang menakjubkan. Semoga Alloh SWT KUATKAN kita untuk menjadi mukminah yang istiqomah. Siap mengadapi apapun, demi mempertahankan aqidah shohiha.

(maraji': 101 Wanita Teladan di Masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  karya Hepi Andi Bastoni). [ummu azizah/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Mujahid Profile lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X