Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.718 views

Cara Sederhana Hidup Sehat

Menjalani pola hidup yang sehat ternyata tidak rumit dan mahal. Yang terpenting, tertanam dalam diri Anda adalah tekad dan motivasi yang kuat untuk selalu menjaga asupan makanan dalam tubuh.
 
Siapa yang tidak ingin sehat? Dengan tubuh yang sehat dan bugar, kita dapat mengerjakan semua kegiatan dengan senang hati dan mencapai tujuan dengan maksimal. Atau dengan kata lain, dengan sehat akan membuat hidup seseorang menjadi lebih indah dan bermakna.
 
Pernyataan di atas tentu relevan dengan kondisi sekarang, di mana tantangan zaman semakin keras dan apabila kita tidak bisa bersaing dalam kondisi tidak sehat, maka kita akan ditinggalkan oleh orang lain dan tertindas oleh orang-orang yang lebih sehat. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa sehat itu mahal.

Hal-hal sederhana, tidak ribet, bahkan bisa dilakukan tanpa biaya dapat kita lakukan untuk mewujudkan fisik yang prima, di antaranya menerapkan pola makan yang sehat.


Padahal, hal-hal sederhana, tidak ribet, bahkan bisa dilakukan tanpa biaya dapat kita lakukan untuk mewujudkan fisik yang prima, di antaranya menerapkan pola makan yang sehat. “Pola makan yang sehat mudah diterapkan asal kita tahu bagaimana mengaturnya dengan tepat,” kata Yuliana Tan, 31, salah seorang pemenang Soyjoy Healthylicious, sebuah kompetisi online gaya hidup sehat, beberapa waktu lalu.

Menurut Yuliana, untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat tidak harus diet mati-matian, apalagi mengurangi waktu makan yang biasanya tiga kali sehari. Yang terpenting, makan tetap teratur, namun porsinya saja yang dikurangi. “Makan tetap tiga kali sehari, atau boleh lebih, tetapi porsinya setengah dari biasanya,” tuturnya.
 
Dia berpesan agar tidak meninggalkan sarapan. Makanan pun pilih yang berserat tinggi. Serat yang terkandung dalam makanan sangatlah dibutuhkan tubuh kita. Contoh makanan berserat di antaranya kelompok kacang-kacangan, biji-bijian, bekatul, sayuran, dan buah. Tubuh memerlukan serat karena serat memiliki keunggulan bagi kesehatan tubuh. Serat mampu menjaga fungsi normal dari pencernaan.
 
Serat diperlukan untuk memperlancar buang air besar, penting untuk metabolisme lemak, baik kolesterol dan trigliserida, maupun kadar gula merah. “Dengan makan makanan berserat, kita dapat kenyang lebih lama sehingga aman dari kegemukan. Selain itu, tentu saja menghindari sembelit,” ungkap Yuliana yang berprofesi sebagai sales manager di sebuah stasiun televisi lokal Jakarta itu.

Tubuh memerlukan serat karena serat memiliki keunggulan bagi kesehatan tubuh. Serat mampu menjaga fungsi normal dari pencernaan. Serat diperlukan untuk memperlancar buang air besar, penting untuk metabolisme lemak, baik kolesterol dan trigliserida, maupun kadar gula merah

Lalu, bagaimana saat tengah malam ketika perut terasa keroncongan? Pasalnya, banyak yang beranggapan makan di waktu tersebut bisa mengakibatkan badan gendut.


Yuliana menyarankan agar tetap mengonsumsi makanan. Namun, pilih jenis sayuran atau salad buah. Jangan sampai Anda memakan mi instan yang memang lebih mudah menggoda iman.
 
“Makan tengah malam diperlukan agar saat pagi atau siangnya perut kita tidak kosong. Kalau sudah kosong, kita cenderung untuk melahap makanan dalam porsi yang besar. Apalagi kalau kita bekerja, waktu makan siang termasuk singkat. Kalau makan kita sudah berlebihan, lemak di tubuh akan makin menumpuk,” tandasnya.
 
Saat jalan-jalan ke Jepang pada 29 Juni–4 Juli 2010, Yuliana juga mendapatkan banyak pengalaman berharga ketika mengamati pola makan sehat warga Negeri Matahari Terbit itu. Hal itu tentu saja dapat terlihat dari fit dan bugarnya penduduk di Jepang meski kehidupannya dilalui dengan kerja keras.

Salah satunya adalah perbedaan pembagian menu makanan. Meski lengkap disajikan mulai masakan pembuka, utama, hingga penutup, namun jenis makanan karbohidrat disuguhi terakhir saat perut kita sudah kenyang.
 
Pola ini menuntut kita agar menolak makanan yang memiliki kecenderungan untuk membuat gemuk. “Ini juga dilakukan agar gula darah kita tidak tiba-tiba tinggi,” katanya.


Selain itu, lanjut dia, setiap hidangan, porsinya sedikit dan habis dalam satu kali lahap saja. Pola dan porsi menu ini baik untuk tubuh karena, saat lapar, perut tidak langsung dipenuhi makanan berat. Makanan Jepang juga terkenal akan kesegarannya karena diracik saat ingin dimakan. “Rata-rata makanan seafood seperti ikan itu segar banget karena dimasak saat ingin dimakan, bukan yang sudah disimpan lama,” terang Yuliana.

Rahasia kebugaran orang Jepang mungkin juga kibat seringnya mereka berjalan kaki atau bersepeda dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Apalagi, polusi udara di negara tersebut juga relatif rendah. Makan makanan cepat saji (junk food) juga jarang mereka lakukan.

Yuliana mengungkapkan, rahasia kebugaran orang Jepang mungkin juga kibat seringnya mereka berjalan kaki atau bersepeda dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Apalagi, polusi udara di negara tersebut juga relatif rendah. Makan makanan cepat saji (junk food) juga jarang mereka lakukan. “Memang kalau diterapkan di sini agak sulit karena perbedaan gaya hidup dan kultur,” tukasnya.

Karena itu, dia mengutarakan, untuk menjadikan hidup lebih sehat tidak perlu mencari cara yang sulit. Cukup makan teratur, bergizi, proporsional disesuaikan dengan kemampuan tubuh, kurangi junk food, konsumsi buah dan sayur, menghindari begadang, minumminuman keras dan merokok, ditambah olahraga rutin. Semuanya bisa dijalankan asalkan memiliki niat dan tekad yang kuat untuk itu.

Yuliana berharap apa yang sudah diterapkan dalam hidupnya bisa menjadi penyemangat dan inspirasi orang lain. Dia mengaku hidupnya sekarang lebih berarti dan percaya diri ketika sudah menjalani pola sederhana untuk sehat. “Setelah ikut acara ini, saya lebih bisa menikmati hidup lebih baik. Tidak hanya turun berat badan seperti obsesi saya selama ini, tetapi juga nyaman melakukan aktivitas apa pun dan yang pasti lebih percaya diri,” tandasnya.(rps/koran SI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X