Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.328 views

Mengatasi Gangguan Tidur Anak

RASANYA bosan dan terkadang gemas melihat anak bangun di malam hari dan masuk ke kamar Anda. Di samping tidur terganggu, Anda pun harus menidurkannya kembali. Alhasil, waktu tidur pun berkurang. Apa solusinya?
 
Tanti seakan tidak pernah pulas tidur di malam hari. Putrinya, Mirel, yang masih berumur lima tahun kerap masuk ke kamarnya dan meminta tidur di samping dirinya. Ada saja alasan yang dikemukakan putri semata wayangnya tersebut. Terkadang dia mengatakan takut tidur sendiri. Di lain waktu dia mengompol. Terpaksa Tanti menidurkan Mirel kembali ke kamarnya dan meyakinkan dirinya tidak ada yang perlu ditakuti.

“Padahal, paginya saya harus kerja sampai sore. Rasanya lelah dan pergi ke kantor selalu dalam keadaan mengantuk,” beber Tanti.

Sudah sering Tanti mengatakan hal ini kepada Mirel, tapi tetap saja dia selalu terbangun dan mengganggu Tanti di malam hari. Kadang minta dibuatkan susu atau malah dibacakan cerita.

Rupanya Tanti tidak sendirian. Ibu-ibu lain pun banyak mengeluhkan hal yang sama tentang anak mereka. Tidak sedikit anak-anak di usia prasekolah bahkan sudah sekolah sekalipun, yang masih meminta tidur dengan orang tuanya. Menurut National Sleep Foundation (NSF) di Amerika Serikat, sedikitnya 24 persen orang tua memiliki anak yang tidur bersama mereka di separuh waktu malam.

Pengalaman Karen Higdon lain lagi, agar anak kembarnya tidak menerobos masuk ke kamarnya lagi, dia merancang kamar anaknya dengan semanis mungkin. Lengkap dengan tempat tidur dengan gambar putri berikut bed cover. Awalnya putri kembarnya yang berusia empat tahun tersebut tampak antusias. Mereka mengeksplorasi kamarnya di siang hari. Namun saat hari berganti malam, mereka mengaku ketakutan terhadap monster yang ada di kamarnya dan menuju ke kamar Karen.

Setidaknya ada dua alasan yang melatarbelakangi anak tidur dengan orang tua. Yang pertama karena sudah keputusan orang tua untuk membiarkan anak tidur dengan mereka. Yang kedua, sebenarnya orang tua tidak menginginkan hal ini, tapi itu adalah jalan terbaik untuk memecahkan masalah pada jam dua dini hari dengan keadaan mengantuk

Saat si kembar berusia tiga tahun, Karen dan suaminya, Richard, memisahkan kamar tidur kedua anaknya. Satu di kamar orang tua dan satu lagi di kamar anak. Karen dan Richard pun menemani masing-masing putrinya. Nyatanya kebiasaan ini akhirnya menjadi rutinitas, putri mereka, Kaylee dan Gracie, malah tak bisa lepas dari kedua orang tuanya dan sangat bergantung. “Saya ingin mereka lebih mandiri,” kata Karen seperti dikutip dari webmd.com.

Menurut juru bicara NSF Jodi Mindell PhD, setidaknya ada dua alasan yang melatarbelakangi anak tidur dengan orang tua. “Yang pertama karena sudah keputusan orang tua untuk membiarkan anak tidur dengan mereka. Yang kedua, sebenarnya orang tua tidak menginginkan hal ini, tapi itu adalah jalan terbaik untuk memecahkan masalah pada jam dua dini hari dengan keadaan mengantuk,” kata wanita yang juga penulis buku “Sleeping Through the Night” ini.

Dikatakan Jodi, mengubah waktu tidur yang sudah menjadi kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Sebab, aspek biologis bukan kita yang mengatur. Sementara itu, ahli anak James McKenna PhD mengatakan, “tidak ada yang salah, baik orang tua maupun anak jika mereka tidak bisa membuat anakanak tidur hingga semalaman.”

Profesor antropologi di Universitas Notre Dame ini menambahkan, biasanya anak bermimpi buruk atau gelisah sehingga mencari orang tua mereka di malam hari.

Lebih mudah untuk mengajarkan anak kecil yang baru belajar berjalan untuk tidur di kamarnya bila dia ditempatkan pada tempat tidur khusus bayi atau boks, sehingga dia pun tidak akan turun dari tempat tidurnya dan mencari orang tua di malam hari

Meski demikian, kebiasaan tersebut lama-lama juga akan mengganggu orang tua dan waktu tidur mereka. Untuk itu, orang tua harus pintar-pintar menyiasatinya. Karenanya, tip berikut bisa Anda manfaatkan.

Menurut konsultan masalah tidur anak Dana Obleman, lebih mudah untuk mengajarkan anak kecil yang baru belajar berjalan untuk tidur di kamarnya bila dia ditempatkan pada tempat tidur khusus bayi atau boks. “Sehingga dia pun tidak akan turun dari tempat tidurnya dan mencari orang tua di malam hari,” ujar wanita yang juga pengarang buku “The Sleep Sense Program” ini. (rps/oz)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X