Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
42.084 views

Voa-Islamic Health (1): Khasiat Kurma Untuk Kesehatan Keluarga

Sahabat Muslimah Voa-Islam,

Islam begitu lengkap dan sempurna. Allah memberikan petunjuk bagi para umatnya. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dan para sahabat Nabi ﷺ yang senantiasa berada di atas jalan yang lurus dan keberkahan hidup cara Islam. 

 

Kami mengajak sehat cara Islam dan pengobatan Ala Nabi Muhammad yang sesungguhnya akan menjauhkan kita dari obat-obatan kimia dan suplemen makanan yang haram.

Cukupilah dengan berbekam setiap bulan agar racun dalam tubuh terbuang, minum madu setiap pagi dan malam, menjaga kondisi dari kolesterol dan darah tinggi dengan habbatussauda dan makan kurma saja tubuh kita sudah luar biasa baik dan senantiasa dalam kondisi yang sehat, tentu dengan menjaga hindari makanan yang tidak halalan thayyiban secara berlebihan.

Ali Radhiyallahu ‘Anhu berkata, kurma yang paling baik adalah albarniy, dalam satu riwayat Rasulullah ﷺ bersabda,

خَيْرُ تَمْرِاتِكُمْ البَرْنِيُّ يُذْهِبُ الدَّاءَ

“Sebaik-baiknya kurma kalian adalah al-barniy yang dapat menghilangkan penyakit.”

Dalam riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu :

الْبَرْنِيُّ دَوَاءٌ لَيْسَ لَهُ دَاءٌ

“Al-Barniy adalah obat yang tidak ada penyakit di dalamnya.”

Dalam riwayat dari Nabi ﷺ:

أَطْعِمُوْا نِسَاءَكُمُ التَّمْرَ، فَإِنَّ مَنْ كَانَ طَعَامَهَا التَّمْرُ خَرَجَ وَلَدُهَا حَلِيْمًا.

“Berilah makan istri-istri kalian dengan kurma, karena barangsiapa yang makanan istrinya kurma, anaknya terlahir memiliki sifat sabar.”

Adapun kurma ruthab maka itu makanan Maryam, seandainya Allah mengetahui ada makanan yang lebih baik darinya, pastilah Allah memberikan kepadanya. Allah Ta’ala berfirman :

وَهُزِّيْ إِليْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكَ رُطَبًا جَنِيًّا.فَكُلِيْ.

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. maka makanlah..,” (QS. Maryam:25)

Allah Ta’ala berfirman :

 

 وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيْلِ وَاْلأَعْنَابِ تَتَحِذُوْنَ مِنْهُ سَكَرًا وَّرِزْقًا حَسَنًا إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً ِلقَوْمٍ يَعْقِلُوْن

“Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.” (QS.An-Nakhl: 67)

Ahmad Rifat Al-Badrawi memberi komentar ilmiah pada surat Maryam ayat 25 yaitu, faktanya penelitian modern telah menemukan khasiat penting kurma sebagai berikut:

1) makanan berkualitas, baik kualitas suhu dan gizi yang tinggi.

2) Kurma tidak kurang kualitasnya dari daging sekalipun, dan memiliki keistimewaan dengan memakannya.

3) Kurma juga tidak akan menyebabkan suatu bahaya. Kurma mengandung zat gula, minyak, banyak vitamin (A, B1 dan B2), zat alpoten, garam logam diantaranya kalsium, fospor dan besi.

4) Para dokter menyarankan memberikannya kepada anak kecil juga, karena mempunyai efek yang efektif dalam membentuk organ tubuh, menguatkan otot-otot

5) Kurma menguatkan libido seks, dan mengobati balajira dan anemia ,

6) Kurma tak mesti dimakan saat bulan puasa, karena kurma bisa dimakan kapan saja dan dapat memberi efek seperti coklat, yaitu memberikan ketenangan jiwa dan urat syaraf.

7) Sari Kurma pun diakui ampuh membantu mengobati sakit demam berdarah selain ramuan tradisional khas Cina seperti angkak. Manisnya kurma mampu membantu meningkatkan kadar trombosit yang menurun saat demam berdarah. Sari buah kurma belakangan sering terdapat di samping pasien demam berdarah. Kala terserang demam berdarah biasanya trombosit dalam tubuh akan berkurang dengan drastis dan bisa jadi mengakibatkan kematian. Sari buah kurma dapat dengan cepat menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien.

8) Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, membuat denyut jantung lebih teratur dan seimbang;

9) Melancarkan pencernaan, membantu mengobati radang usus dan sakit maag ringan.

10) Meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

11) Memberi energi yang besar bagi ibu hamil dan memperkuat urat-urat rahim, sehingga insya Allah dapat mencegah keguguran dan memudahkan proses kelahiran/persalinan.

12) Membantu mengatasi gangguan INSOMNIA (sulit tidur);

13) Mengurangi resiko serangan stroke.

14) Ibnu Abbas berkata, Kurma yang paling disukai oleh Rasulullah ﷺ adalah Azwa. Pengarang ini berkata, karena kurma azwa makanan yang bagus lagi mencukupi, jika ditambahkan minyak samin padanya sempurnalah kecukupannya, dalam satu riwayat dikatakan:

Dari Saad bin Abi Waqqash Radhiyallahu ‘Anhu secara marfu :

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ. أَخْرَجَهُ ب وم.

“Barangsiapa yang bangun pagi memakan 7 butir kurma ajwa tidak akan membahayakannya pada hari itu racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam Adz-Dzahabi menguraikan bahwasannya Ajwa adalah jenis kurma Madinah yang lebih besar dari ash-Shaihaniy, condong ke hitam, ditanam oleh Nabi ﷺ, manfaatnya ini karena berkah ditanam oleh Nabi ﷺ, ini seperti Nabi meletakan dua pelepah pohon di atas dua kuburan yang sedang disiksa, dengan berkah peletakan beliau bagi keduanya dapat meringankan siksaan keduanya selama belum kering.

Nabi ﷺ bersabda,

بَيْتٌ لَاتَمْرَ فِيْهِ جِيَاعٌ أَهْلُهُ.

“…rumah yang tidak terdapat kurma di dalamnya penghuninya kelaparan.” (H.R. Muslim dalam Kitab Al-Asyribah, hadits no. 2044).

Subhanallahu, semua yang di ungkap dalam Ilmu Islam luar biasa bermanfaat bagi manusia, Allah amat sayang pada hambanya. Maha benar Allah dengan segala firmanNya (dbs/Kitab Ath-Thibbun Nabawi)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X