Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.724 views

10 Manfaat Menyusui pada Malam Hari

Menyusui adalah momen yang indah antara ibu dan anak. Bukan hanya di hari-hari biasa, tapi di malam hari pun keindahan ini bisa tercipta. Golden moment yang tak tergantikan oleh susu formula mana pun. Ada poin-poin tertentu pada menyusui di malam hari yang membawa manfaat pada ibu dan bayinya. Di bawah ini adalah 10 diantaranya:

  1. Mempertahankan produksi ASI

Bayi yang menyusu di malam hari bahkan di sela-sela ia tidur, menjaga ketersediaan produksi ASI secara alami. Karena semakin sering ASI dikosongkan maka kualitas produksinya juga semakin terjaga. Bahkan ASI yang tidak dikonsumsi sepanjang malam, beresiko menurunkan produksi ASI. Jadi ibu-ibu, jangan malas untuk menyusui dengan alasan mengantuk ya.

  1. Bayi mendapatkan ASI yang berlimpah

Karena cukup istirahat, biasanya produksi ASI berlimpah di saat tengah malam. Produksi ASI mencapai puncaknya sekitar pukul 2-4 dini hari. Dalam kondisi ASI penuh, bayi pun menyusu dengan bahagia.

  1. Bayi mendapatkan kompensasi akan kebutuhan ASI

Bayi yang aktif sehingga tak banyak menyusu atau pun bayi yang ditinggal ibunya bekerja sehingga waktu menyusu secara langsung kurang, bisa memenuhi kebutuhannya di malam hari. Di saat inilah bayi merasa tenang dan damai sehingga dia menyusu lebih baik sesuai keinginan hingga kebutuhannya terpenuhi.

  1. Menyusui adalah metode pengatur jarak kelahiran yang alami dan aman

Sebagaimana kita ketahui bahwa dengan menyusui biasanya ibu-ibu tidak mengalami menstruasi. Karena tidak menstruasi maka pembuahan tidak terjadi sehingga kehamilan bisa dicegah secara alami, tanpa obat-obatan atau pun alat kontrasepsi.

  1. Waktu tidur ibu bisa lebih panjang

Ibu yang tidak menyusui, maka ia harus membuatkan susu formula untuk bayinya. Bandingkan dengan ibu yang menyusui, maka ia hanya tinggal mendekap bayinya dan menyusuinya dengan nyaman. Kenyamanan ini pula yang membuat kualitas dan kuantitas tidur ibu lebih baik daripada yang tidak menyusui.

  1. Membantu bayi mengembangkan pola tidurnya sendiri

Bayi baru lahir belum bisa membedakan pagi, siang, sore dan malam. Produksi ASI malam hari mengandung hormon melatonin (hormon pemicu tidur) yang membantu bayi menemukan pola tidurnya sendiri.

  1. Membantu perkembangan fungsi otak bayi

Salah satu hormon penting untuk perkembangan fungsi otak bayi adalah triptofan (asam amino yang memicu tidur). Hormon ini diproduksi oleh ASI pada malam hari.

  1. Memicu sintesis serotonin

Serotonin membantu otak untuk bekerja lebih baik, menjaga mood tetap baik, dan menolong membentuk pola tidur bayi sehingga bayi tahu kapan harus bangun dan tidur.

  1. Ibu bisa membentuk karakter bayi

Keheningan malam memberi kesempatan bagi ibu untuk berkomunikasi dengan bayi. Ibu bisa membisikkan kata-kata indah dan harapan di telinga si bayi. Kata-kata ini akan disimpan di alam bawah sadar untuk membentuk karakternya kelak. Suara lembut ibu juga bisa menenangkan bayi sehingga ia menjadi tenang dan damai dalam dekapan sambil menyusu.

10. Ibu bisa melafalkan kalamullah

Terutama bila ibu ingin anaknya kelak menjadi hafidz/hafidzah. Inilah saat yang tepat ketika ayat-ayat Ilahi akan tersimpan di memori bayi mulai dari lahir hingga kurang lebih usia 2 tahun langsung dari mulut suci ibunya sendiri. Keheningan malam berpadu dengan kesyahduan ayat suci akan menjadi fase indah pada momen menyusui bayi.

Jadi para ibu, jangan ragu untuk menyusui anak pada malam hari ya. Meskipun lelah dan kantuk mendera tapi inilah momen buah hati untuk mendapatkan manfaat ASI secara maksimal seperti yang telah disebutkan di atas. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Diadaptasi dari Buku Pintar ASI dan Menyusui karya F.B. Monika.

Ilustrasi: Koleksi Stefano Romano

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X