Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
23.624 views

Model Jilbab Syar'i Menjadi Trend Dikalangan Muda Muslimah

JAKARTA (voa-islam.com) - BBC Indonesia membuat laporan dalam bentuk 'feature' tentang trend jilbab 'syar'i', yang  terus berkembang. Ini hanya menggambarkan betapa kehidupan Muslimah di  Indonesia terus mengalami perubahan yang penting, termasuk dalam memilih busana.

Sekarang di berbagai acara dan event, selalu nampak kalangan muda Muslimah yang menggunakan jilba panjang, terkadang hampir sedengkul. Apalagi, sekarang semakin banyak ibu-ibu yang menggunakan jilbab sampai ke mata kaki, dan menggunakan niqab (cadar).

Ini bukan gejala baru, tapi bersamaan dengan semakin intennya (seringnya) mereka melakukan interaksi dengan berbagai aktitifas pengajian dari berbagai kalangan yang sekarang ini marak. Sebutan jilbab syar'i atau lazim disingkat jilbab syar'i belakangan menjadi trend dan digemari oleh kalangan Muslim di Indonesia.

Anak-anak  muda Muslimah yang sekarang mulai  nyaman  dengan model jibab panjang. Tidak lagi mereka mersa canggung,  dan malu. Mereka nampak terus berubah, ketika mereka memilih menggunakan jilbab. Bukan hanya sekadar menutup auratnya (rambutnya), namun melangkah lebih jauh, menggunakan jilbab yang panjang sehingga menutupi bentuk tubuhnya. 

Sekalipun, munculnya jilbab panjang 'syar'i' itu telah menimbulkan berbagai pertanyaan, dan bahkan  dilaporkan mulai muncul tahun lalu di tengah merebaknya jilbab ketat yang sempat menimbulkan kontroversi. Tapi, sekarang kalangan muda   Muslimah, sudah menjadi terbiasa dan bahkan menyukai model jilbab panjang yang menutupi seluruh tubuhnya.

Di awal Ramadan tahun ini, trend kehadiran jilbab panjang atau kerudung syariah itu terlihat begitu mencolok di sentra penjualan busana muslim terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebagian pemilik toko busana muslimah di pusat grosir itu seperti berlomba memajang contoh jilbab syar'i di sudut yang strategis, dengan harapan memancing calon pembeli untuk datang.

null
Model jilbab syar'i diyakini mulai muncul tahun lalu dan berkembang pesat saat memasuki Ramadhan tahun ini.

Banyak  toko busana Muslimah yang menjual jilbab panjang, dan bahkan di komplek perumahan elite  pun, sekearang menjual jilba panjagn. Namun, menurut pemilik toko Alfajari milik pria bernama Ifrel yang terletak di bagian dua lantai dua Blok B. Trend baju atau jilbab syar'i, menurutnya, muncul sejak setahun silam.

"Jilbab syar'i ini bentuknya lebih panjang, bajunya lebih dalam, jadi dapat menutupi pantat," ungkap Ifrel saat saya tanya alasan kemunculan istilah jilbab syar'i yang harus menutupi aurat.

Ketika saya jamah, jenis kain untuk bahan jilbab itu terasa halus dan dingin. "Kainnya kebanyakan dipakai (jenis) yersi dan haikon, karena lebih adem."

Biasanya jilbab ini kemudian dipadu baju lengan panjang hingga mata kaki atau biasa disebut baju syar'i itu, sejatinya hanya menghidupkan lagi 'model lama'

Jika diperhatikan, penutup kepala model ini terlihat sederhana, tidak berlapis-lapis -mirip dengan ajakan dari kalangan pemuka Islam yang meyakini bahwa setiap perempuan dewasa wajib mengenakan penutup kepala yang simple, cantik tapi tetap syar'i.

Apabila dirunut, awal mula kemunculan istilah jilbab model ini hampir berbarengan ketika ada trend jilbab ketat yang sempat menjadi polemik pada tahun lalu.

null
Kemunculan trend baru jilbab syar'i tidak terlepas dari himbauan para ulama Islam yang meminta model jilbab tidak "menjauhi" apa yang disebut Hukum Islam.

Di sinilah, muncul dukungan kepada model jilbab yang dianggap sesuai aturan hukum Islam, disusul kampanye besar-besaran di media sosial dengan menampilkan seorang artis terkenal yang mengenakan jilbab seperti yang diharapkan.

"Model jilbab syar'i itu sebetulnya sama. Diputar ulang. Kayak (jilbab) syar'i itu kan mirip model zaman dulu," kata pria pengelola sebuah toko busana Muslim di Blok B Tanah Abang, yang tidak mau disebut namanya.

"Sebelum Islam ada di sinilah (di Indonesia)," katanya setengah menganalisa tentang model jilbab Syar'i tersebut, merujuk wilayah di Timur Tengah, tempat kelahiran ajaran Islam.

Tapi, seperti hanya Ifrel, toko tempat bekerja pria itu juga menjajakan jilbab atau baju syar'i. "Toko kota juga ngikutin trend tahun 2015, contohnya baju syar'i..."

'Trend  jilbab  syar'i.

Walaupun modelnya dianggap ketinggalan zaman, tetapi karena kehadiran baju syar'i itu kini menjadi trend, membuat pengusaha baju muslim harus pandai-pandai membaca "situasi".

Pengusaha seperti Ifrel, atau pria yang tidak mau disebutkan namanya itu, yang sudah malang-melintang di belantara busana muslim di Pasar Tanah Abang, menyadari betul fenomena seperti itu.

Mereka meyakini trend seperti itu akan berlangsung setidaknya sampai menjelang akhir Ramadan nanti. Dan, mau-tidak-mau, mereka mesti "menghamba" padanya.

null
Pedagang busana muslim, Ifrel, dengan koleksi baju syar'i miliknya di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

"Orang tidak bisa membikin model baru. Saat-saat model baru ini 'kan di bulan Januari, Februari. Di situlah diciptakan model (baju) syar'i baru. Sekarang kita tinggal berpacu produksi," ungkap Ifrel.

"Sekarang kita tidak bisa memikirkan model baru, karena pasar sudah ramai. Paling kita sekarang lari di motif," tambah Ifrel yang mengaku omzetnya mencapai Rp1,5 miliar pada bulan lalu.

Idaman ibu-ibu majelis taklim.

Dan keuntungan yang masuk ke kantong Ifrel dan Atep setelah trend hijab syar'i ini merebak, jelas ikut terdongkrak.

Pertanyaannya kemudian, siapakah pangsa pasar terbesar dari kehadiran jilbab syar'i?

"Ibu-ibu pengajian," ungkap Ifrel, bersemangat. "Sekarang 'kan sedang ngetrendibu-ibu pengajian, kayak di televisi."

Apabila melihat modelnya dipadu dengan rok panjang sampai mata kaki, jilbab dan baju model ini memang lebih cocok untuk perempuan dewasa.

Dia membayangkan, konsumen pengguna jilbab dan baju ini adalah kelompok ibu-ibu yang memesan dalam jumlah banyak. "Saya mengejar seragam. Misalnya ada yang pesan 100 pasang, saya siap mengerjakan," ujarnya.

Pada bulan lalu, Ifrel sering mendapatkan pesanan dalam jumlah banyak --partai, begitu istilahnya. Kebanyakan mereka adalah warga luar Jawa asal Kalimantan, Sumatera atau Sulawesi. "Mereka menjual lagi di daerahnya," kata Ifrel.

Tapi, saat memasuki Ramadan, "agak berkurang, karena mereka kebanyakan warga Jakarta dan sekitarnya. Mereka beli eceren untuk lebaran. Tidak semua menjual jilbab syar'i.

Bagaimanapun, tidak semua konsumen tertarik dengan jilbab atau baju syari'. Alasannya bisa macam-macam, dan salah-satunya adalah kepraktisan --selain harga, tentu saja.

"Ya sih, sekarang sedang trend baju atau jilbab syar'i. Kita tahu itu. Cuma kalau disuruh memilih, saya suka yang langsung begini," kata seorang ibu setengah baya, seraya memegang jilbab yang menempel di kepalanya.

"Enak yang praktis," kata ibu di sebelahnya.

"Kalau yang syar'i nggak bisa memakainya..ha-ha-ha... "tambah ibu ketiga.

Ditanya apakah soal harga juga menjadi ukuran, mereka bertiga mengiyakan. "Iyalah..."

Di sebuah toko busana muslim, harga jilbab yang seperti dikenakan ibu-ibu ini hanya sekitar Rp10 ribu. Adanya trend Jilbab segi empat dan panjang semakin berkembang pesat. Umumnya anak-anak remaja suka yang model begitu, dengan motif yang banyak.

Di sudut lain Pasar Tanah Abang, saya bertemu dengan pemilik sejumlah tokoh busana muslim yang menawarkan model jilbab berbeda.

Mereka mengaku, sebagian konsumen masih menyukai model lama karena dianggap lebih simpel. "Kami banyak menjual jilbab dengan model rampel L," kata Ulfa, pegawai sebuah toko busana muslim berukuran kecil.

Pemilik tokoh Putra Sulung, yang tidak mau disebut namanya, sengaja menjual jilbab yang disebutnya digemari oleh anak muda.

"Trendnya itu Jilbab segi empat dan panjang. Umumnya anak-anak remaja suka yang model begitu, dengan motif yang banyak," kata ibu tersebut.

Seperti Ifrel atau Ulfa, kebanyakan pebisnis busana muslim di Pasar Tanah Abang sangat peduli akan motif, hiasan, serta warna, atau dengan kata lain kadar seni dari barang jualannya.

Walaupun ada tuntutan agar modelnya tidak "menjauhi" syari'ah, para pengusaha ini sangat menyadari kehadiran seni dalam busana yang mereka tawarkan kepada pembeli. 

Betapapun,  geliat Islam terus berkembang di Indonesia, dan itu direpresantikan dalam bentuk model jilbab yang panjang, sebagai bentuk jilbab yang lebih syar'i. Sehingga, jilbab yang mereka kenakan itu,  benar-benar mempunyai nilai positif dalam kehidupan mereka. (dinda/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X