Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.249 views

Tips Agar Ibu Mudah Mengajak Si Kecil Berpuasa

Oleh: Yuria Pratiwhi Cleopatra

Alhamdulillah, Ramadhan sudah mencapai separuh. Sungguh menyenangkan melewati hari demi hari di bulan suci penuh barakah ini. Bulan saat aura kesholehan sungguh terasa. Bulan saat Indonesia terasa begitu religius.

Tapi bagi ibu-ibu dengan buah hati yang baru belajar shaum, bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh tantangan. Masak subuh-subuh, lalu membangunkan dan menemani anak-anak makan sahur menjadi rutinitas baru yang tak terjadi di luar Ramadhan. Belum lagi mendengar rengekan anak yang lapar dan haus, juga meredam aneka keinginan yang terasa semakin tak terbendung. Lengkap sudah melatih kesabaran dan emosi di bulan suci.

Banyak ibu yang berusaha merasa gembira di bulan Ramadhan, padahal sejatinya ada rasa sedih karena tidak bisa segembira zaman lajang dalam menikmati Ramadhan. Bahkan ada ibu yang merasa 'kurang sholeh' karena merasa ribet dalam menjalani bulan Ramadhan.

Sebetulnya, ibu dengan beberapa anak sekalipun bisa menjalani Ramadhan dengan menyenangkan. Ada beberapa pengalaman yang membuat saya sangat enjoy menjalani Ramadhan beberapa tahun terakhir, terutama saat anak-anak masih SD.

1. Kapan anak-anak mulai diajak shaum?

Ibu-ibu tidak perlu 'menyuruh' anak kecil shaum kalau itu merepotkan. Mereka belum wajib melaksanakan shaum. Kewajiban shaum baru berlaku saat mereka berusia baligh.

Dalam Islam, tidak ada perintah mengajarkan shaum pada anak usia dini. Apalagi kalau mengajar mereka shaum malah membuat kita repot, dan ibadah kita tidak optimal.

Anak usia 3 tahun sudah bisa diberi pengertian tentang shaum, bahwa orang dewasa tidak makan dan minum sampai maghrib, dst. Jika mereka tertarik dan berpura-pura ikut shaum, ya biarkan saja.

Adakalanya anak-anak TK mulai diperkenalkan shaum di sekolahnya. Anak boleh saja sahur di jam sarapan, merasa shaum sampai zhuhur, dll. Mungkin ada anak lain yang sudah kuat shaum penuh dari subuh sampai maghrib. Tidak perlu diambil pusing..tidak perlu dibanding-bandingkan dengan anak kita. Toh mereka belum wajib.

2. Jika anak usia TK/ pra SD ternyata bersemangat dan sangat ingin ikut shaum, maka tugas kita adalah memberi support. Setiap malam kita tanya, apakah mereka mau dibangunkan untuk sahur? Apakah besok mau lanjut shaum? Sifatnya tawaran saja..tidak memaksa.

Suatu hari jam 5 sore Akhyar kecil (5 tahun) yang sedang shaum hari pertama tampak lesu. Saya bertanya " Kenapa? Lapar? " dia jawab : "iya.." Saya tanya lagi "Haus?" dia jawab sambil hampir menangis.."iya"

Saya tawarkan berbuka (iya sih sayang sudah jam 5..tapi daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya tidak apa berbuka..

Dia menolak dan mulai menangis. Dia ingin tetap shaum tapi sudah tidak kuat menahan panas.

Saya tawarkan dia mendinginkan badannya sambil main air. Dia terima..akhirnya dia berendam di dalam ember. Setelahnya saya tanya lagi apakah masih haus? Dia tersenyum dan bilang tidak. Alhamdulilah hari itu shaumnya tamat. Dan hari-hari selanjutnya jadi jauh lebih mudah.

Kalau anak memutuskan berbuka, maka kita berikan haknya. Kalau ingin melanjutkan shaum, kita bantu mereka. Jangan sampai anak sudah lemas, haus dan lapar malah dimarahi ibunya yang kesal.

3. Memberi reward bagi anak yang shaum. Apakah ini membuat anak tidak ikhlas? Mungkin anak memang belum paham tentang ikhlas. Yang kita latihkan adalah proses fisik shaumnya dulu. Insya Allah anak akan belajar ikhlas pada tahun-tahun berikutnya setelah secara fisik dia mampu shaum.

Pengalaman saya saat anak-anak kecil, saya beri mereka reward uang 2 ribu rupiah setiap hari shaum, yang bisa diambil saat lebaran.

Selama beberapa tahun saya menerapkannya sambil mengajari anak tentang makna shaum dan kesucian Ramadhan.

Saat anak cukup besar mereka juga mampu melakukan shaum tanpa diberi reward. Bahkan saya balik peraturannya : Kalau shaum karena Allah ga dapat uang. Kalau ga shaum boleh deh dapat uang. Dan mereka tetap memilih shaum smile emoticon

4. Bagaimanapun kebutuhan gizi dan kalori mereka tetap perlu dipenuhi selama shaum. Kita bisa bekerjasama dengan suami dalam hal ini. Karena Tentunya akan sangat menyakitkan jika anak harus makan segala makanan saat sahur, banyak minum, minum susu, makan buah, dll. Padahal lambung mereka kecil saja ukurannya.

Kita perlu membantu anak mengatur asupan makanannya agar nutrisi tetap terjaga.

- tidak perlu memasak tajil yang berlebihan. tidak ada aturannya dalam islam harus membuat tajil. Rasulullah mencontohkan tajil hanya dengan air dan kurma saja. Itu cukup. Untuk anak-anak, air dan buah manis sudah memadai.

- Setelah shalat maghrib bisa menyantap makanan 'antara' seperti sup, puding, susu, dll yang banyak mengandung air. Setelah Isya dan tarawih baru dilanjut makan berat.

- bila anak mengantuk setelah Isya, makan beratnya bisa dimajukan setelah maghrib.

- susu bisa diminum sebelum anak tidur.

- Setelah lewat tengah malam, sekitar jam 2 malam, sebelum memasak atau qiyamulail, saya biasa memberi susu pada anak-anak. Mereka bisa meminumnya di tempat tidur saja. Bahkan sering kali mereka minum sambil tidur..hehehe.

- Setengah jam sebelum imsak baru mereka dibangunkan untuk sahur.

5. Saat sahur, terutama di awal Ramadhan, buat suasana seseru mungkin. Kadang saya memasak mie instan 1 bungkus untuk dimakan berenam..sekedar untuk memberi rasa gembira saja. Biasanya setelah seminggu tubuh kita sudah menyesuaikan diri, sehingg tidak sulit lagi untuk bangun sahur.

6. Usahakan tidak memasak masakan yang sulit dan lama saat sahur. Bisa disiapkan masakan sejak malamnya, sehingga saat sahur tinggal mencampurkan saja di atas kompor. Bisa juga menyiapkan makanan berkuah saat malam hari, sehingga saat sahur tinggal memanaskan saja. Sekali-sekali delivery makanan kesukaan anak-anak untuk sahur juga seru.

7. Yang paling penting adalah menjaga agar ibu tetap tenang. Hadapi hari seperti hari biasa saja. Tidak perlu banyak kecemasan dan kekhawatiran. Tidak perlu mempersulit diri dengan berbagai aturan yang ketat dan ideal. Nikmati saja Ramadhan ini sebagai bulan refreshing. Perbanyak me time untuk beribadah dan bermesraan dengan sang Khaliq. Dan mohon padaNya agar senantiasa diberi kemudahan dan keberkahan.

Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X