Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.207 views

Meluruskan Kembali Arah Perjuangan Kartini

Oleh: Ririn Umi Hanif
 
Setiap tanggal 21 april, bangsa Indonesia memperingati hari kartini. Kartini dianggap sebagai tokoh utama yang menggagas persamaan hak bagi kaum wanita. Kepopuleran Kartini tidak terlepas dari buku yang memuat surat-surat Kartini kepada sahabat-sahabat Eropanya, Door Duisternis tot Licht, yang oleh Armijn Pane diterjemahkan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.
 
Buku ini dianggap sebagai ide yang layak menempatkan Kartini sebagai orang yang sangat berpikiran maju pada zamannya. Kata mereka, saat itu, tidak ada wanita yang berpikiran sekritis dan semaju Kartini.
 
Kalau kita cermati isi surat - surat kartini, kita akan mendapati bahwa surat itu hanyalah ungkapan kegelisahan Kartini. Karena saat itu Kartini melihat, banyak wanita pribumi yang tidak bisa mengenyam pendidikan. Namun, belumlah Kartini sempat berbuat sesuatu sebagai manifestasi kegelisahannya, Kartini harus kembali menghadap sang pencipta. Lalu, darimana kita tahu bahwa Kartini pejuang emansipasi?
 
Kalau benar Kartini menginginkan persamaan hak antara kaum laki-laki dan wanita, sejauh apakah persamaan itu? Pertanyaan-pertanyaan ini tidak bisa kita dapatkan dalam surat -surat Kartini. Sehingga kita bisa memahami, ide emansipasi wanita tanpa batas yang saat ini dijajakan kepada kita, adalah tafsir tokoh - tokoh gender yang berusaha menyamakan pemikiran Kartini dengan pemikiran mereka..
 
Lepas dari benar salahnya tafsir penggagas gender akan ide Kartini, sebenarnya menjadikan Kartini tokoh utama pergerakan wanita di Indonesia juga perlu dikaji ulang. Selain Karena perjuangan Kartini masih sebatas wacana, masih ada tokoh wanita yang sebenarnya berpikiran dan berkiprah lebih dibandingkan Kartini. Sebut saja Rohana Kudus (1884-1972). Selain mendirikan Sekolah Kerajinan Amai Setia (1911) dan Rohana School (1916), Rohana Kudus bahkan menjadi jurnalis sejak di Koto Gadang sampai saat ia mengungsi ke Medan. Ia tercatat sebagai jurnalis wanita pertama di negeri ini. Sehingga Rohana menyebarkan idenya secara langsung melalui koran-koran yang ia terbitkan sendiri sejak dari Sunting Melayu (Koto Gadang, 1912), Wanita Bergerak (Padang), Radio (padang), hingga Cahaya Sumatera (Medan).
 
Meskipun aktif berkiprah di tengah masyarakat, Rohana Kudus juga memiliki visi keislaman yang tegas. "Perputaran zaman tidak akan pernah membuat wanita menyamai laki-laki. Wanita tetaplah wanita dengan segala kemampuan dan kewajibannya. Yang harus berubah adalah wanita harus mendapat pendidikan dan perlakukan yang lebih baik. Wanita harus sehat jasmani dan rohani, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, taat beribadah yang kesemuanya hanya akan terpenuhi dengan mempunyai ilmu pengetahuan", begitu kata Rohana Kudus.
 
Dalam pandngan islam, kedudukan laki-laki dan wanita sama di mata syari'at. Yang membedakan hanyalah ketaqwaannya. Namun karena secara anatomi biologis mereka berbeda, ada hukum - hukum khusus bagi laki - laki dan ada hukum - hukum khusus bagi wanita. Semua itu ditujukan untuk saling melengkapi dan melestarikan jenis manusia. Dan jika kita mau bijak melihat, arah emansipasi yang sedang gencar dikampanyekan, tidak lebih dari upaya melibatkan kaum wanita di sektor ekonomi. Bahkan ada bau - bau eksploitasi. Dan atas nama kesejahteraan, emansipasi tanpa batas seakan menjadi sebuah keniscayaan.
 
Islam sebagai sebuah aturan yang sempurna, telah memiliki mekanisme penjaminan kesejahteraan. Semua itu tertuang dalam sistem politik ekonomi islam. Dalam politik ekonomi Islam, upaya meraih kesejahteraan bukan hanya dibebankan kepada individu dan keluarga,  melainkan juga menjadi tanggung jawab negara. 
 
Individu (suami/ayah) berkewajiban dalam mencukupi kebutuhan dirinya juga keluarganya. Dalam pandangan Islam,  yang pertama bertanggung jawab memenuhi nafkah keluarga adalah suami/ayah. Dengan begitu, para wanita akan memfokuskan perhatiannya pada peran strategisnya sebagai istri dan pencetak generasi berkualitas serta orang yang berperan dalam pencerdasan umat. 
 
Jika seseorang tidak memiliki suami/ayah atau ada suami tetapi mereka tergolong miskin,  sehingga tidak mampu menafkahi orang-orang yang berada dalam tanggung jawabnya, kewajiban penafkahan tersebut beralih kepada ahli warisnya. Jika tidak ada kerabat atau masyarakat muslim yang dapat menanggungnya,  maka nafkah seseorang, termasuk perempuan dan anak-anak, menjadi tanggungan Baitul Mal (negara). Dalam rangka negara dapat melaksanakan hal-hal yang diwajibkan oleh syariat, syara' telah memberikan kekuasaan kepada negara untuk memungut harta kekayaan tertentu sebagai pungutan tetap,  seperti jizyah dan kharaj dan harta zakat.
 
Demikianlah, kita perlu untuk meluruskan kembali arah perjuangan Kartini, dengan memberikan pemahaman yang benar akan hakekat emansipasi. Juga gambaran yang jelas akan solusi islam yang menghantarkan wanita pada kemuliaannya. Sejarah telah mencatat, islam telah berjaya lebih dari 13 abad. Maka bukanlah hal yang berlebihan kalau kita menginginkan untuk mengulang kembali kejayaan itu.
 
Segala macam perbedaan hendaknya kiya sikapi secara bijaksana, demi kesatuan umat dan kemuliaannya. Bukankah begitu juga sejarah telah mencatatnya? Sungguh kalimat "Laa illa ha illallah" telah menjadi pengikat kita. Mari kita junjung dan kibarkan panji Rasulullah saw, al-liwa dan ar-Raya, bendera bertuliskan ikatan aqidah pemersatu umat ini, dimanapun umat berada. Karena hakekat al liwa dan ar-raya adalah panji umat islam. Bukan panji kelompok tertentu apalagi bendera teroris. Wallahu a'lam bi ash showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X