Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.672 views

Peran Muslimah Membangun Generasi 10 Tahun Ke Depan dengan Program 3MSD

Oleh: Reni Marlina

Sebuah peradaban yang diharapkan oleh semua manusia adalah dapat memberikan kemaslahatan terhadap khalayak. Bukan hanya laki-laki yang berperan sebagai pemimpin. Namun, juga pergerakan Perempuan Muslimah yang sudah seharusnya dapat di apresiasi atas perjuangan-perjuangannya.

Berkaca pada sejarah, nama-nama besar seperti Khadijah binti Khuwailid ra, Siti Fathimah Az-Zahra ra, Asma binti Abu Bakar ra, Sumayyah ra, Ummu Habibah binti Abu Sufyan ra, dan lain sebagainya. Yang semenjak bersentuhan dengan Islam keseharian mereka hanya dipersembahkan demi kemulian Islam dalam segala aspek kehidupan. Karena tak dapat penulis pungkiri, bahwa sosok-sosok inilah yang dapat dijadikan contoh dalam hal pergerakan Muslimah dari zaman ke zaman.

Kilas balik, pada zaman jahiliyah saat dimana perempuan muslimah yang tak dihargai bahkan dilecehkan. Bahkan sampai saat ini pun, Kekerasan serta pelecehan dan diskriminasi terhadap kaum Muslimah juga masih terjadi, seperti terjadi di Palestina. Aksi kekerasan terjadi saat memperingati Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret, lebih dari 30 warga Palestina, sebagian besar perempuan, terluka saat tentara Israel membubarkan paksa aksi damai di pos pemeriksaan Qalandiya antara Al-Quds dan Ramallah.

Disaat banyaknya kasus-kasus yang menyimpang yang terjadi pada remaja saat ini. Mulai dari kekerasan, penyimpangan seksual, kecemburuan dan lain sebagainya. hal ini karena masih minimnya pendidikan Agama di masyarakat. khususnya peran orang tua atau perempuan yang lebih dekat dengan anak-anak nya. untuk membangun sebuah peradaban, peran muslimah disini sangat penting sebagai pondasi utama dalam pendidikan anak. Terutama dalam mempelajari Al-Qur’an.

“Syubbanul yaum rijaalul ghadi” (Pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan) begitulah ungkapan Arab yang menunjukan bahwa betapa pentingnya generasi dalam menyongsong peradaban dunia. Generasi muda adalah tumpuan harapan bangsa yang lebih baik. Al-Qur’an sebagai rujukan pertama ummat manusia mencoba menggambarkan bagaimana peran generasi tua khususnya seorang perempuan muslimah yang melahirkan generasi-generasi selanjutnya yang tangguh. Firman Allah SWT dalam QS Lukman-13 : “Dan ingatlah ketika luqman berkata kepada puteranya di waktu ia member pelajaran kepadanya. Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah merupakan kedzaliman yang besar.”

Pada ayat diatas ditunjukan bahwa nilai paling fundamental yang harus ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya (generasi muda) adalah tauhid atau aqidah, dimana anak harus dibimbing untuk mengenal Tuhannya agar ia tidak bertuhan pada tuhan-tuhan semu yang menyesatkan.

Langkah utama seorang muslimah dalam membangun generasi muda yang Qur’ani, yang mencintai Al-qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan salah satu pintu urusan dunia. Yang memberikan gambaran tentang generasi muda yang akan datang. Namun dengan berbagai faktor dan kendala. Kadang generasi muda saat ini sudah tergerus dengan teknologi yang sangat canggih. Banyak generasi muda yang menghabiskan waktunya dengan bermain-main HP atau Gadgetnya. Disini, penulis sebagai perempuan muslimah memberikan solusi dalam mengamalkan dan kecintaan Generasi Muda terhadap Al-Qur’an.

Dalam QS Faathir: 29-30 “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mengerjakan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah SWT menyempurnakan kepada mereka pahala dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguh Allah maha pengampun dan mensyukuri.

Dari Firman diatas, bermaksud seorang hamba Allah SWT yang mempelajari dan membaca Al-Qur’an secara diam-diam dan terang-terangan akan mendapatkan anugerah dari Allah SWT berupa surga. Disini bagi generasi muda muslim yang senantiasa mempelajari, membaca, serta mengamalkannya akan memberikan kekuatan spiritual bagi diri seorang muslim. Generasi muda yang mempelajari Al-Qur’an memiliki karakter keperibadian yang cenderung baik, sehingga membuat pribadi para pemuda menjadi pribadi yang menawan, religius, serta memiliki kecerdasan didalam bertingkah layaknya pemuda beriman.

Dengan adanya program 3MSD ini (Membaca, Menghapal dan Mengamalkannya Sejak Dini) merupakan program yang baik untuk di implementasikan oleh para muslimah di seluruh dunia. 3MSD ini merupakan solusi sejak dini memberikan kecintaan generasi muda terhadap Al-Qur’an.

  1. Membaca Sejak Dini (Program Membaca Al-Qur’an Sejak Dini)

Kadang di usia yang sudah remaja anak-anak sulit untuk diajarkan untuk mengaji atau membaca Al-Qur’an. karena masa remaja adalah masa dimana anak-anak generasi muda senang dengan bermain gadget dan lain sebagainya. Ini Karen faktor kurangnya bimbingan dari orang tua yang mengarahkan dan mengutamakan pendidikan sekolah. Mulailah orang tua memberikan pengajaran kepada generasi untuk membaca Al-Qur’an dengan berbagai targetan. One day one juz adalah salah satunya. Berikan pemahaman Al-Qur’an sejak dini pada anak. Bahkan sejak anak didalam kandungan.

Saat perempuan muslimah sedang mengandung biasakan untuk tilawah dan membaca Al-Qur’an untuk si buah hati nya. karena stimulus yang masuk ke janin akan baik untuk anak setelah lahir nanti. Adapun dalam membaca Al-Qur’an sejak dini bisa dengan program hotmul Qur’an. kita mentargetkan untuk membaca Al-Qur’an sejak dalam kandungan. Sehingga sudah dewasa nanti, anak sudah dibekali dengan bacaan-bacaan Al-Qur’an. setelah lahir nanti, bantu anak untuk sering mendengarkan lantunan-lantunan Murotal. Setelah anak sering mendengar lantunan ayat Al-Qur’an maka akan terbiasa untuk membacanya. Dalam memberikan program membaca Al-Qur’an ini biasakan bacakan kepada anak beserta terjemahannya. Program membaca sejak dini ini dapat di implementasikan sejak anak dalam kandungan sampai anak lahir dan sudah dapat berbicara. Semoga jika anak sudah dikenalkan untuk membaca Al-Quran sejak dini, untuk ke depannya para Muslimah tidak akan kelabakan dalam membimbing si buah hati nya sebagai generasi Qur’ani sepuluh tahun ke depan.

  1. Menghapal Sejak Dini (Menghapalkan Al-Qur’an Sejak Dini)

Setelah anak-anak dapat membaca, diusia satu tahun. Sampai dengan 4 tahun anak sudah dapat menghapalnya. Cerita sesuai pada gadis cilik hilya yang diusia masih kecil namun sudah dapat menghapal Al-Qur’an. bahkan diusianya yang baru 7 tahun, hilya Hafidzah Cilik Indonesia sudah khatam menghapalkan Al-Qur’an. Program 3MSD yang kedua ini adalah menghapal Al-Qur’an. keutamaan bagi seorang penghapal Al-Qur’an terutama pada generasi muda yaitu Akan menjadi penolong (Syafaat) bagi penghapalnya, para Ahli Qur’an adalah keluarga Allah di langit dan di bumi, menjadi salah satu mahkota untuk kedua orang tua di akhirat nanti, mendapat Ridho Allah dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan hadits “Penghapal Al-Quran akan datang pada hari kiamat dan Al-Qur’an berkata: Wahai tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Qur’an kembali meminta : Wahai Tuhanku, Ridhoilah dia, maka Allah Meridhoinya. Dan perintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga) dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan (HR. Tarmidzi)

Nah, sekarang bagaimana implementasi Program menghapal Al-Quran Sejak dini. Ajarkan anak membaca kemudian menghapalnya berikan motivasi dan semangat bagi orang penghapal Al-Quran. Para Muslimah dapat memberikan program menghapal talaqi kepada anak. Tidak usah panjang-panjang. Satu ayat sehari dengan bacaan yang benar sesuai tajwid. Terapkan pada anak untuk bangun pagi sebelum subuh. Agar terbiasa. Kemudian satu hal dalam program menghapal ini jangan sampai menghilangkan dunia bermain anak. Namun, buatlah program menghapal ini disukai dan dicintai. Memberikan reward pada anak dan motivasi keutamaan penghapal Al-Quran. Untuk memperkuat biasakan pula Murajaah hapalan (Mengulang hapalan yang sudah di setorkan).

  1. Mengamalkan Sejak Dini (Mengamalkan Isi Al-Qur’an Sejak Dini)

Pada program 3MSD yang terkahir ini adalah Mengamalkan Al-Quran Sejak Dini. Dimana program ini, akan membentuk karakter generasi muda dalam menyongsong sebuah peradaban. Itulah pentingnya memberikan bacaan dan hapalan beserta terjemahannya. Namun, buatlah cerita dari salah satu quran surat tersebut. Misalnya pada QS Lukman. Terdapat ayat yang menganjurkan berbuat baik pada orang tua. Sambil anak membaca dan menghapal beri tahu juga bahwa salah satu membantu orang tua adalah perbuatan yang baik dan disukai oleh Allah. Program ini jika di implementasikan sejak dini, maka akan membentuk generasi rabbani pada anak. Sehingga setelah 10 tahun ke depan anak-anak sudah paham bahwa mengamalkan Al-Quran satu ayat saja Allah lipat gandakan pahala.

Dengan demikian, penulis menyimpulkan dalam menyongsong kehidupan 10 tahun ke depan dengan memberikan pemahaman Agama kepada generasi muda. Salah satunya menjadikannya sebagai generasi Qur’ani. Peranan Muslimah dalam Program 3MSD ini sangatlah fundamental, karena sosok perempuan yang senantiasa selalu ada berada di dekat anak. Sudah saat nya memberikan pemahaman Al-Quran sejak dini. Ditambah pergaulan bebas saat ini dan kecanggihan teknologi yang mulai menggerus anak muda kedalam dunia luar. Semoga dengan anak diberikan program 3MSD pada Al-Qur’an sejak dini dapat menjadi generasi Qurani yang dapat merancang sebuah Peradaban dunia. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Apresiasi Kerja TNI-Polri, Fadli: Kian Jelas Kelompok Teroris dengan Semangat Separatis

Senin, 20 Nov 2017 11:27

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Reuni Akbar 212 Diharap Menangkan Kekuasaan Umat

Senin, 20 Nov 2017 10:58

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Doa Paul Pogba untuk 'Budak' Afrika di Libya; Semoga Allah di Sisimu dan Kekejaman Ini Berakhir

Senin, 20 Nov 2017 10:06

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Pejuang Islamic State Tewaskan Seorang Komandan Senior IRGC di Al-Bukamal Suriah

Senin, 20 Nov 2017 08:15

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

'The Untouchable Papah', Korupsi dan Solusi Islam Mengatasinya

Ahad, 19 Nov 2017 22:30

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

300 Istri Pejuang Islamic State (IS) Menolak Pergi dari Al-Bukamal, Siap Lawan Pasukan Assad

Ahad, 19 Nov 2017 18:28

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Mesir Buka Penyebrangan Rafah Gaza Selama 3 Hari

Sabtu, 18 Nov 2017 23:05

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Laporan: Pejabat Saudi Akan Bebaskan Para Tahanan Terkenal Jika Serahkan 70 Persen Kekayaan

Sabtu, 18 Nov 2017 22:00

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Baghdad Klaim Kehadiran IS Telah Berakhir di Irak

Sabtu, 18 Nov 2017 21:22

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

Sabtu, 18 Nov 2017 16:39

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Al-Azhar dan Darul Iftaah Batasi Ulama yang Bisa Berfatwa di Televisi

Sabtu, 18 Nov 2017 16:28

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Kanada Desak Myanmar Laksanakan Resolusi PBB untuk Rakhine

Sabtu, 18 Nov 2017 16:25

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

(Video) Jawaban Dubes Saudi Terkait Fatwa Mufti Saudi Hamas Teroris

Sabtu, 18 Nov 2017 16:12

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:42

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Perjuangan Mahasiswa Tidak Akan Pernah Mati

Sabtu, 18 Nov 2017 10:41

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Apa Hubungannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Meikarta?

Sabtu, 18 Nov 2017 10:11

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Menyoal Penyederhanaan Listrik

Sabtu, 18 Nov 2017 09:33

Keadilan yang Hilang

Keadilan yang Hilang

Sabtu, 18 Nov 2017 08:14

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Gejala Adanya Motif Lain dari Infrastruktur, Politisi: Saya Tak Curiga Nasionalismenya Jokowi, tapi

Sabtu, 18 Nov 2017 08:11

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Jum'at, 17 Nov 2017 22:13


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X